Advertisements

8 Motor Terbaik Bermesin V8 : An Impossible Story !

 

Motor Bermesin V8 8 Silinder

...

 

Saat berbicara tentang mesin V8 (8 Silinder), yang pertama kali terbayang di otak para pecinta otomotif tentu adalah supercar, atau mobil eksotis lain yang bikin ngiler… Ferrari 458 Italia ? McLaren MP4-12C ? atau mungkin Gelontoran Mobil American Muscle ala Dominic Toretto ?? Ya, Semuanya ada dan nyata. Tapi, Kalau berbicara soal sepeda motor bermesin V8 ? Well, Lebih mirip seperti mimpi sih, hehehee… Dimensi yang begitu mungil, Menjadikan sepeda motor tentunya sulit dikembangkan menggunakan mesin eksotis tersebut.

Tapi dalam sejarah, Banyak produsen atau tokoh kenamaan yang tak kenal kata “impossible” tersebut untuk mendevelop motor bermesin V8 ! Dan itu bakal jadi pembahasan kita dalam artikel Historical Bike kali ini… Tentang Motor yang Melampaui Kodrat – The Hyper-Exotic – Mission Impossible, 8 Motor terbaik bermesin V8 (8 Silinder)… Cekidots !

 

 

Glenn Curtiss – Curtiss V8

 

 

Glenn Curtiss

 

Glenn Hammond Curtiss atau yang akrab disapa Glenn Curtiss, adalah seorang pionir dunia penerbangan Amerika Serikat, sekaligus pendiri Industri Penerbangan Amerika hingga besar seperti sekarang ini. “Aeroplane Maniac” adalah julukan EA’s Blog akan sosoknya yang begitu inovatif & inspiratif ! Lantaran ia mampu menciptakan karya-karya yang sudah diakui dunia, Meskipun dengan segala keterbatasan teknologi saat itu.

Tapi, Selain sebagai pionir divisi pesawat terbang Amerika, Glenn Curtiss juga menyukai dunia Roda 2… Terutama sepeda bermotor (Ingat, bukan sepeda motor lho ya… Tapi sepeda + motor penggerak), Yang saat itu sedang booming-booming nya di Negeri Paman Sam. Berbagai inovasi pun dilakukan Pria yang juga diketahui bersahabat dengan Alexander Graham Bell ini – Seperti Curtiss Single Cylinder (1902), dan “The Record Breaking” Curtiss V-Twin 1000 cc (1903).

 

Motor Bermesin V8 8 Silinder

 

Namun kedua penemuan itu belumlah mengantarkan nama Glenn Curtiss menjadi salah satu orang berpengaruh di dunia roda 2… Setidaknya hingga tahun 1907, Atau hanya 4 tahun dari motor ciptaan sebelumnya, Dimana Ia memperkenalkan mahakarya super-brillian bernama Curtiss V8, Ya benar, Bermesin 8 Silinder berkonfigurasi V-Engine !! Dimana mesinnya diambil dari pesawat ciptaannya sendiri, AEA Red Wing & AEA White Wing – Alias mesin pesawat yang ditempelkan ke sepeda, Can you imagine that ????

Gilanya, Motor bermesin V-8 yang memuntahkan power maksimum 40 HP @ 1.800 RPM ini… Mampu menggapai top speed maksimum 136,36 Mph (219 Km/h) pada tahun 1907, atau tepat 109 tahun silam ! Mengalahkan rekor Mobil Tercepat di Dunia : 127 Mph (205 Km/h), Kereta Tercepat di Dunia : 131 Mph (211 Km/h), serta Pesawat Tercepat di Dunia : 37,85 Mph (60,9 Km/h). So, Itu cukup membuktikan di tahun 1907, Curtiss V8 adalah Kendaraan Tercepat di Dunia ! Butuh sekitar 27 tahun untuk mengalahkan rekor speed yang ditorehkan Glenn Curtiss bersama Curtiss V8… Amazing !!

 

 

Baca Selanjutnya >> Tauno Nurmi – Premier V8 350

Β 

Advertisements
Loading...

Tinggalkan Balasan