Advertisements

Ini Dia Kode Penamaan Motor BMW Motorrad !

 

Kode Penamaan Motor BMW

...

 

Kenal nama motor tapi nggak paham kode (arti) namanya itu ibarat ahli fisika, Tapi sama sekali buta soal matematika… Ya jadinya : “Jaka Sembung Naik Motor, Kagak Nyambung Borr !“, hahahahaa… Oke, Kalau sebelumnya kita sudah kupas tuntas soal Kode Penamaan Motor Kawasaki & Honda (Awalan “C”), Kali ini kita bakal lanjutkan bahas tentang pabrikan dari Negeri Bavaria, BMW Motorrad.

Nggak jauh beda dari Kawasaki & Honda, BMW Motorrad juga menggunakan kode penamaan yang berdasarkan Tipe Mesin, Kubikasi, Tipe Motor, serta Kode Tambahan untuk Varian tertentu… Jadi, Bakal kita bahas huruf demi huruf – satu persatu, supaya lebih gampang dimengerti. Got It !? So, Let’s Cekidots !

 

Kode Awalan

 

 

Kode Penamaan Motor BMW

 

Ini adalah huruf pertama di Penamaan Motor BMW Motorrad, Yang mendeskripsikan Tipe Mesin Motor tersebut. Selalu diawali dengan 1 huruf saja, Dengan pengecualian di motor konsep, atau Prototipe.

 

 

C = CVT / Automatic Transmission

Atau sebut aja motor matik lah biar gampang… Mulai dari skutik mungil, Sampai skutik gambot yang bener-bener guambot pun ada.

 

F = Inline-Twin

Line up Middleweight bermesin Inline-Twin (2 Silinder Sejajar) dengan kapasitas mesin antara 650 – 800 cc dari BMW Motorrad. Untuk pengecualian, Sebelum tahun 2006, Ada juga produk BMW F-Series yang menggunakan mesin Silinder Tunggal.

 

G = Single-Cylinder

Silinder Tunggal, alias Silinder Jomblo, Sekaligus line-up entry dari Raksasa Otomotif asal Jerman tersebut. Nggak perlu dijelaskan lebih jauh lah ya…

 

K = Inline 3,4 & 6 Cylinder Engine

Seri K BMW ini diisi oleh produk yang berkapasitas mesin besar, Antara 1100 – 1600 cc. Diisi oleh line-up Produk bermesin Inline-Triple, Inline Four, bahkan Inline-Six juga ada tuh ! Penempatan mesinnya ada yang Tipe Inline-Transverse (Sejajar Menyamping / Konvensional) sampai yang Horizontal (Sejajar Kebelakang).

 

R = Flat-Twin / Boxer Engine

Ikon khas BMW Motorrad Banget nih, Yakni produk yang dibekali mesin Flat-Twin atau yang juga sering disebut “Boxer”. Tapi ada pengecualian juga ya… Yaitu untuk produk R-Series super jadul mereka, yang masih bermesin Silinder tunggal.

 

S = High-Performance Engine

Salah satu entry produk baru dari BMW Motorrad yang mengutamakan konsep High-Performance Engine. Sejauh ini sih baru ada Inline-Four, Seperti yang digunakan di Superbike mereka, S1000RR !

 

 

 

Kode Angka

 

 

BMW K1200R Asymmetric Headlight

 

Ah, Yang ini sepertinya nggak perlu dibahas panjang lebar deh… Pasalnya, Kode angka di motor BMW Motorrad itu melambangkan kapasitas mesin (cc) nya. 1200 berarti 1200cc, 1400 = 1400cc, dan lain sebagainya. Meskipun nggak selalu ngepas 1200 = 1200 juga sih, Tapi setidaknya bisa dijadikan patokan kubikasi mesinnya. Dimulai dari 125, hingga 1600 cc.

 

 

Kode Akhiran

 

 

Kode Penamaan Motor BMW

 

Ketiga, merupakan kode huruf terakhir dari penamaan Huruf BMW Motorrad, yang mendeskripsikan Tipe / Genre Motor tersebut… Diisi dengan 1 atau 2 huruf sesuai dengan tipenya. Yang ini sedikit membingungkan sih, Makanya yuk kita simak aja langsung deskripsi ala EA’s Blog nya… Oiya, Untuk tipe motor tertentu yang memang sudah dibahas sebelumnya di Rubrik Genre Sepeda Motor, Nggak akan dibahas disini ya. Gantinya, Silahkan klik link untuk baca penjelasan detail tentang genre tersebut… Yuk, Cekidots !

 

 

C = Cruiser

Silahkan Brosist baca lebih lanjut tentang Penjelasan Motor Cruiser.

 

CL = Luxury Cruiser (Tourer-Cruiser)

Cruiser yang sudah dilengkapi dengan Box, Side Box, Windshield, serta perlengkapan Touring lainnya. Disebut juga Luxury Cruiser karena memang CL ini ibarat “versi mewah” nya seri C dari BMW Motorrad.

 

CS = Classic Sport

Tipe Motor Classic Sportbike dengan fairing yang jadul, serta Lampu Bulet yang khas ala “Tempoe Doeloe”… Produk terakhir yang menggunakan seri ini adalah R100CS, Lansiran 1984 silam…

 

G/S = Gelande/Strasse (Adventure)

GS = Adventure Bike

Keduanya sama-sama Motor Adventure yang jadi ikon BMW sejak dulu hingga saat ini. Bedanya G/S merupakan versi lawas dari Seri GS yang lebih modern… FYI : GS-Series adalah pionir genre Adventure di dunia, Sekaligus sebagai motor tersukses BMW Motorrad sepanjang masa. Silahkan Brosist baca lebih lanjut tentang Penjelasan Motor Adventure.

 

GT = Gran Turismo (Grand Touring)

Salah satu genre motor yang unik dan paling eksklusif dari BMW Motorrad, Yang menggabungkan ability Sport-Tourer & Touring Bike. Secara umum punya kesamaan visual antara seri “RT”, Bedanya Seri GT didesain lebih ekslusif.

 

LS = Luxury Sport

Versi mewah dari Seri “S” keluaran tempoe doeloe yang merupakan motor sport tulen dari BMW Motorrad… Disebut mewah karena sudah mengusung Kelir warna limited, Velg Cast Wheel, serta Part Eksotik yang tak ditemui di varian Sport biasa.

 

LT = Luxury Tourer

Udah mah Tourer, Luxury pula ! Yup, Sama seperti LS, Varian ini juga merupakan ‘versi mewah” dari versi Tourer Standar.

 

R = Roadster / Streetfighter / Naked-Bike

Nah, Yang ini nggak perlu dijelasin lagi nih kayaknya. Tinggal meluncur baca penjelasan komplitnya di artikel Penjelasan Naked Bike ala EA’s Blog aja ya…

 

RR = Racing

Jenis Motor Racing Tulen yang khusus didevelop BMW Motorrad untuk para pecinta kecepatan, serta untuk mengikuti ajang Balap Dunia, Seperti World Superbike (WSBK), hingga Paris-Dakar Rally… Dibanding jenis motor lain, Seri RR adalah salah satu yang paling sedikit jumlah tipenya. Contohnya seperti : BMW S1000RR Superbike & BMW R900RR Dakar.

 

RS = Road Sport

Sportbike BMW Motorrad yang lebih ditujukan untuk penggunaan jalan raya, dan digunakan sehari-hari. Perbedaannya dengan seri “S”, adalah Sportbike ini punya ergonomi serta kenyamanan yang jauh lebih bersahabat bagi usernya.

 

RT = Travel Tourer

Tipe Sport Tourer yang ditambah berbagai aksesoris ekstra, demi kenyamanan layaknya Touring Bike.

 

S = Sport

Sportbike tulen dari BMW Motorrad. Perbedaannya dengan seri “RS”, Versi ini lebih sporty dan mengusung ergonomi racy ala Sportbike yang sesungguhnya.

 

ST = Sport-Tourer

Penjelasan lebih detailnya, Bisa Brosist baca di artikel Sport Tourer, Perpaduan 2 Genre Motor Legendaris !

 

T = Tourer

Tipe Motor BMW Motorrad yang ditujukan bagi konsumen yang hobi Touring Jarak Jauh… Penjelasan detailnya bisa Brosist simak di artikel : Touring Bike, Saat Jarak tak Lagi Berarti !

 

X = Dual-Sport

Tipe motor BMW Motorrad yang ditujukan untuk penggunaan “Dua Alam“, Yakni di jalanan Non-Aspal, serta di Jalan Raya sekaligus… Perbedaannya dengan Tipe “GS”, Seri ini biasanya dibekali kubikasi & dimensi yang jauh lebih kecil. Penjelasannya bisa Brosist baca lebih lanjut di Artikel Dual-Sport.

 

X Moto = Supermoto

Dibekali dengan Mesin & Bodywork yang tak jauh berbeda dengan versi “X”… Tapi punya diameter lingkar roda + Tipe ban ala Motor Jalanan biasa. Sering disebut juga dengan nama BMW Supermoto.

 

XR = Adventure Sport

Motor Multipurpose dari BMW Motorrad, yang merupakan gabungan dari Streetfighter, Adventure, Sportbike, dan Dual-Sport sekaligus… Karakteristiknya persis layaknya Ducati Multistrada, Motor keluaran Italia yang merupakan salah satu pionir di kelas ini.

 

 

Kode Tambahan

 

 

Kode Penamaan Motor BMW

BMW R1200RT-P, Motor Khusus Polisi Euy !

 

 

Ini merupakan kode tambahan yang biasanya cuma ada di Motor BMW Motorrad tipe tertentu saja.

 

A = Anti-Lock Brake System (ABS)

Hingga tahun 2006, Kode ini digunakan sebagai penanda hadirnya ABS di tipe motor tertentu.

 

A = Adventure

Akhir-akhir ini, Kode tambahan “A” dihidupkan kembali sebagai pembeda antara tipe Standar & Adventure.

 

L = Luxury

Seperti namanya, Kode tambahan ini digunakan sebagai penanda Tipe termewah dari Motor BMW Motorrad, yang biasanya dijejali aksesoris ekstra. Hanya digunakan untuk tipe motor yang Kode Akhirannya tak memiliki seri “L”.

 

LC = Cast Wheel

Kode tambahan ini hanya digunakan bila motor yang dijual memiliki 2 tipe Velg, Yakni Spoke Wheel (Jari-Jari) & Cast Wheel (Racing). Nah, Kode LC menandakan bahwa motor tersebut dibekali velg racing alias Cast Wheel.

 

P = Police

Nggak usah dijelaskan lagi lah ya, Ini sih motor yang dibuat spesial untuk keperluan anggota Polisi.

 

C = Custom Bike

Hanya digunakan untuk Motor Modifikasi, ataupun Konsep Modifikasi dari produk BMW Motorrad yang sudah ada.

 

PD / Dakar = Paris-Dakar

Motor yang Spesial Didevelop untuk keperluan Balap Paris-Dakar, Serta untuk Homologation Bike nya, alias Replika motor balap rally ekstrim tersebut.

 

 

Membaca Kode Nama Motor BMW

 

 

BMW G 310 R

 

Nah, Sekarang yuk coba kita berikan contoh, dan baca arti produk BMW Motorrad sesuai dengan penjelasan EA’s Blog diatas :

 

Contoh : BMW R1200GS LC

R = Menggunakan mesin Flat-Twin / Boxer

1200 = Berkapasitas 1.200 cc

GS = Tipenya adalah Adventure Bike

LC = Menggunakan Velg Cast-Wheel

 

Contoh : BMW G 310 R

G = Menggunakan mesin Silinder Tunggal

310 = Berkapasitas 310 cc

R = Tipenya adalah Streetfighter / Naked-Bike Tulen

 

Contoh : BMW K1600GT/L

K = Menggunakan mesin Inline-Six

1600 = Berkapasitas 1.600 cc

GT = Tipenya adalah Grand-Tourer

L = Versi Luxury yang menggunakan Aksesoris Ekstra

 

 

Well… Itu tadi Kode Penamaan Motor BMW Motorrad ala EA’s Blog… Semoga nantinya Brosist nggak rancu lagi ya, Kalau ingin membahas soal seluk-beluk motor BMW. Kalau ada yang menanyakan Apa sih artinya huruf K, F, RR, ST, CL, atau yang lainnya di Motor keluaran Jerman tersebut… Lantangkan suaramu untuk menjawab Bro-Sist !

 

 

Baca Juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Honda CBR 750RR Fireblade Prototype

Ini Dia Kode Penamaan Motor Honda (Kode Awalan C). . . !

 

Ninja 30 Years ZX-10R

Ini Dia Kode Penamaan Motor Kawasaki. . . . !

 

BMW S1000RR Asymmetric Headlight

Fakta Unik Headlamp Asymmetric ala BMW !

 

Livery 60th Anniversary Yamaha

Fakta Dibalik Livery 60th Anniversary Yamaha !

 

ZX14 SE 2

Fakta Dibalik Livery Spesial 30th Anniversary Ninja-Series !!

 

BMW

Beberapa Fakta Sejarah Unik, Tentang Pabrikan Roda 2 !

Advertisements

Tinggalkan Balasan