Advertisements

Ini Dia Trik Upgrade Performa Motor Gratis !

 

Carbon Fiber

 

Salah satu pertanyaan yang banyak dan sering (sampai bosan malahan) ditanyakan ke EA’s Blog, kira-kira bunyinya seperti ini : “Gimana sih biar motor saya tambah kenceng Kang ?“. Mau saya jawab detail dan rinci, pasti nambah banyak pertanyaannya… Tapi kalau saya jawab “tempelin ke pesawat“, takut nantinya malah sakit hati. Serba salah… Yah, Kira-kira begitulah rasanya kalau jadi Blogger otomotif.

Oke, Salah satu teknik (basic) dalam upgrade performa sepeda motor adalah pengurangan bobot / berat kendaraan, atau yang tenar juga disebut “Weight Reduction“… Tujuannya ? Supaya mendapatkan rasio Power to Weight yang bertambah besar… Makin ringan bobotnya, Maka semakin berkuranglah beban yang harus “didorong” oleh mesin motor kita… Simple kan ?

Nah, Dalam artikel kali ini kita bakal membahas secara signifikan soal “Weight Reduction“, serta yang lebih mantap lagi Metodenya secara Gratis ! Siapa sih yang matanya nggak ijo kalo denger kata gratis ?? Hahaaa… Let’s Cekidots !

 

Sekilas tentang Weight Reduction

 

 

Cafe Racer

 

Nggak lengkap rasanya kalau EA’s Blog nggak bahas soal sejarahnya terlebih dahulu… And the good news is, you’re all at the right place ! Weight Reduction atau Pengurangan bobot dalam dunia Roda 2 memang sedang beken-bekennya di era modern ini. Terutama, Sejak digunakan nya material pengganti besi, baja dan material konvensional lain, dengan bobot yang jauh lebih ringan… Beberapa diantaranya bisa Brosist simak di Artikel Metalurgi ala EA’s Blog. Tapi, Eits! Ternyata metode ini sudah dikenal sejak awal perkembangan sepeda motor berpuluh-puluh tahun silam lho ! Nggak percaya ?

Pernah baca seputar Genre Motor Cafe Racer kan ?? Atau genre Custom-Classic lain yang berasal dari dunia balap jadul ?? Kalau belum, Wah nyesel berarti nggak ikutin artikel “nggak laku” dari EA’s Blog… Hahaaa… Nah, Metode yang digunakan para “bikers jadul” tersebut juga merupakan Weight Reduction lho…! Lihat aja, Mereka rata-rata mempreteli bagian sepeda motor (terutama yang berat) hingga seminimal mungkin, sehingga motornya bisa berlari lebih cepat dibanding kondisi standar !

 

Weight Reduction

 

Kalau di era sekarang, Sudah banyak metode yang lebih advanced soal Weight Reduction ! Jadi beda berpuluh-puluh tahun juga ada hasilnya tuh… Mungkin ada Brosist disini yang pernah baca seputar Velg ForgedMagnesium dari Marchesini ?? Knalpot Titanium ?? Atau mungkin Custom Body Carbon Fiber ?? Atau malah ada yang sudah mengaplikasikan nya ke motor kesayangan ?? Kalau demikian, Saya berhak ngiri ya, wkwkwk…

Semua metode diatas mampu meminimalisir risiko Weight Reduction yang dialami para bikers jadul jaman dulu… Tapi sayangnya masih tetap punya kekurangan yang telak (bahasa EA’s Blognya sih #Jlebb) banget deh. Yaitu MAHAL !! Rasanya nggak usah saya jelaskan panjang lebar soal yang satu ini, Silahkan cek harga saja via Mbah Google.

 

Weight Reduction

 

Tapi masih ada juga yang menggunakan metode jadul tentang Weight Reduction, dan lucunya (atau sedihnya) user sepeda motor di Indonesia adalah yang terdepan soal ini… Bahkan lebih edan lagi lho ! Mulai dari Lepas Spion, Lepas Body, Lepas Filter Udara, Pakai ban berukuran mungil, Sampai Lepas Rem pun ada… Apa nggak bikin geleng-geleng kepala tuh ??

Iya sih, Metodenya murah. Pakai banget malah… Tapi hello ! Sudah pada paham risiko nya kan ? Kecelakaan – Masuk rumah sakit – dll. Iya kalau nggak nyusahin orang lain, Kalau iya ?? Ya salah sendiri, Trik tahun 1950-an ditiru sih !

 

 

Metode Weight Reduction Gratis

 

 

Weight Reduction

 

Yang ini nggak bohong, Atau jika harus sedikit keluar biaya pun nantinya bakal bermanfaat buat Brosist sekalian. Sumfeh, Saya jujur ! Hahahaa… Yang pertama harus dilakukan adalah segera cek berat badan ! Kemudian tentukan kondisi Brosist sekalian, apakah terlalu gemuk atau ideal lewat rumus menghitung berat badan ideal yang tersedia di Mbah Gugel ataupun lewat Aplikasi Smartphone.

Kalau kelebihan berat badan, perbanyaklah olahraga, minum air putih, kurangi minum minuman ringan, atau diet juga bisa (Maaf cuma itu yang saya tahu dan jalani, karena bukan ahlinya euy). Atau kalo mau yang lebih simple, Jadilah anak kost yang jauh dari orang tua, jarang pulang, dan kerja sebagai kuli di pabrik, Dijamin cepet… Habis tuh badan, Dari 75 sampai 58 Kg saja #pengalaman, wkwkwk…

Lumayan kan kalau bisa kurangin berat badan sampai 10 Kg misalnya… Atau seperti saya yang niat mengurangi 15 Kg #Curhat. Kalau dihitung-hitung, Lebih mujarab dari Velg Magnesium Marchesini Ninja 250 yang hanya mengurangi beberapa Kg, plus harganya lebih dari 20 Juta ! Atau pasang Body Carbon Fiber yang biayanya berjuta-juta… #Ngekk

 

 

 

So, Daripada pusing-pusing mikirin soal apa dulu bagian yang mau di-upgrade supaya motor bisa tambah ngacir… Kenapa nggak berkaca, dan benahi diri kita sendiri dulu ? Ingat kata pepatah, Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat ! Kalau sehat pun bawa motornya enak, Nggak cepet ngeluh capek lah, lemas lah, ini lah, itulah…

Kalau ternyata berat saya sudah tergolong kurus gimana tuh Kang Eno ?? Ya bersyukur, dan Tetap Olahraga… Itu berarti, Anda lebih beruntung dari sekitar 26% Rakyat Indonesia yang mengalami obesitas (data : tempo.co), dan Motor anda (dalam kondisi sama) bisa berlari jauh lebih cepat dari user roda 2 tambun di luar sana…

 

*Note : Tulisan ini didekasikan untuk Saya sendiri, dan Pejantan Tambun di luar sana…

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Vins Powerlight

Vins Powerlight, Strokers 100cc V-Twin !

 

Guy Coulon 300cc 6 Silinder

The Super Screamer Bike, 300cc Inline-Six Karya Guy Coulon !

 

Stan Stephen Yamaha 1200cc V6

Mesin V6 1200cc 2-Tak ala Stan Stephen !

 

Yamaha V8 Engine with Polestar - Volvo 3

Mesin V8 ala Yamaha – Volvo – Polestar, Tembus 650 HP !

 

Gasoline Direct Injection Motorcycle

Gasoline Direct Injection (GDI), Metode Meningkatkan Power & Efisiensi !

 

5 Valve Genesis

Yamaha Genesis, Teknologi 5 Valve per Silinder ….

 

EXUP 2

Teknologi Yamaha EXUP System, Saat Powervalve Bukan Hanya Milik 2-Tak…

 

Mesin 2-Tak Honda Main

Mesin 2-Tak Ramah Lingkungan ala Honda, Mungkin Nggak Sih ?

 

Formula 1 V12

Alasan Saya Tidak Suka F1 Musim Ini…

 

Honda CBX125F RFVC 3

Honda Radial Four Valve Chamber (RFVC), Dulu Disayang Sekarang Dibuang…

 

Mesin 2

Wow, Ternyata Seperti ini Keadaan Jeroan Mesin Motor Saat Bekerja !

Advertisements

29 comments

Tinggalkan Balasan