Advertisements

Apaan Sih : Tipe Motor Custom-Classic Part 1, Cafe Racer !

 

Ninja 250R cafe Racer

Kawasaki Ninja 250 pun disulap jadi Cafe Racer, Gokil !

 

Dunia modifikasi makin menggila akhir-akhir ini… Nggak cuma modal duit nya yang bikin geleng-geleng kepala, Tapi juga ide modifikasinya itu bener-bener kreatif banget ! Para modifikator & builder, kini sudah mengenal banyak aliran custom-classic, atau motor custom yang beraroma klasik… Beberapa diantaranya seperti Scrambler, Tracker, Bratstyle, Cafe-Racer, Jap Style, Rat Style, Bobber, bahkan sampai Chopper yang khas Amerika pun kini sudah lazim kita temui.

Tapi, Masih ada satu hal yang sering jadi pertanyaan pembaca setia EA’s Blog… Apa sih perbedaan genre motor Cafe Racer, Scrambler, Tracker, Bobber, Brat Style, dan yang lainnya Kang Eno ?? Nah, Brosist beruntung membaca artikel ini… Karena saat ini kita bakal bahas secara mendetail tentang genre motor yang sedang digandrungi para pecinta modifikasi tersebut, yang akan terbagi menjadi beberapa part/bagian. Yuk, Langsung aja kita mulai, Cekidots !

 

Cafe Racer

 

 

Tribsa Cafe Racer

 

Nuff Said, Sebelumnya EA’s Blog juga pernah menulis Sejarah dan asal-usul Cafe Racer… Jadi menulis artikel ini bak Deja-Vu euy bagi saya, wkwkwk… Tapi, Kalau sebelumnya kita bahas soal aspek historis. Nah, kali ini yuk lebih kita tekankan soal perbedaan fisik antara Cafe Racer dan genre custom-classic lainnya.

 

Cafe Racer merupakan genre Custom-Classic yang ikonik dari Negeri Ratu Elizabeth, Inggris… Seperti namanya “Racer”, Jenis motor ini identik dengan motor balap WorldGP (sekarang MotoGP) era 1950-1960’an silam. Genre ini jadi terkenal lantaran di era tersebut Inggris punya banyak banget nama pebalap Legendaris dan sukses di arena GrandPrix… Seperti Leslie Graham, Mike Hailwood, Jim Redman, Phil Read, Geoff Duke, hingga sekelas Barry Sheene ! Venue balap paling fenomenal di Dunia, Isle Of Man, yang masih satu wilayah dengan Britania Raya (Great Britain) juga turut memberikan andil besar terhadap populernya genre yang satu ini. Jika masih penasaran seputar Nilai Sejarah & Aspek Historis nya, Brosist sekalian bisa membacanya komplit di artikel : Cafe Racer, Motor Balap Negeri Ratu Elizabeth !

 

CR8

 

Oke, Setelah membahas sedikit seputar sejarah & chronicles nya, Mari kita lanjutkan ke detail yang membedakan Cafe Racer dengan genre Custom-Classic lain… Hal pertama yang membedakannya adalah Setang Clip-On yang sangat rendah plus model Tangki BBM yang memanjang, sehingga membuat ergonomi ridernya membungkuk, Bak pebalap yang sedang menunggang Race Bike ! Selanjutnya, Cafe Racer juga identik dengan Single-Seater, tanpa adanya jok untuk boncenger (ya iyalah, namanya juga “Racer” ! mana ada motor balap yang buat boncengan ?)… Nah, Nantinya jok boncenger tersebut digantikan oleh plastik/besi penutup single seater yang bentuknya membulat (lihat gambar diatas).

 

Triumph Thruxton, Half-Fairing Cafe Racer

Triumph Bonneville Thruxton R, Contoh Half-Fairing Cafe Racer

 

Genre Cafe-Racer sendiri nantinya dibagi menjadi 2 versi, yakni Fairing (Full / Half Fairing) & Standard (Naked-Classic)… Perbedaannya cuma ada di Fairingnya aja koq ! Untuk versi “Sport”, Fairing yang digunakan modelnya identik dengan Motor Balap tahun 60’an tuh Brosist, Yang membulat, retro-style, dan minim lekukan dinamis, berbanding terbalik dengan motor balap masa kini… Contoh model fairingnya, Bisa Brosist lihat di artikel Honda RC174 350cc 6-Silinder (Full-Fairing), atau Triumph Bonneville Thruxton R (Half-Fairing).

 

SYM SB300 CR

SYM SB300 Cafe-Racer, Contoh Produk Neo Cafe Racer

 

 

Dan kalau melihat dari periode perkembangannya, Nantinya genre ini juga terbagi menjadi 2, yakni :

 

Classic Cafe Racer : Menggunakan Motor & Part Klasik, Ergonomi Membungkuk, Minim part Road Legal, Khas ala Original Cafe-Racer,

Neo Cafe Racer : Menggunakan Motor & Part Modern, Ergonomi lebih bersahabat, Tangki lebih pendek, serta sudah dibekali Peralatan Road Legal komplit seperti Lampu, Spion, Sein, Speedometer, dll.

 

Triton Cafe Racers

Triton (Triumph-Norton), Contoh Classic Cafe Racer

 

 

Nah, Sebelum membahas genre berikutnya, Mari kita recap dulu apa saja bagian yang menjadikan Cafe Racer berbeda dengan genre lain :

 

– Asli dari Inggris, Meskipun selanjutnya banyak motor berlabel Non-Inggris yang ikut terinspirasi

– Setang Clip-On Rendah

– Tangki BBM Memanjang ala Motor Balap

– Single Seater

– Buritan Belakang Membulat bak Tawon

– Berdasarkan periode perkembangannya, Terbagi menjadi Classic & Neo Cafe Racer

 

 

Well… Itu tadi pembahasan komplit seputar Cafe-Racer ala EA’s Blog… Kita bertemu di genre Custom-Classic selanjutnya yaa Brosist, Tracker : Motor Balap Asli Amerika !

 

Honda CBX1000 Cafe Racer

Honda CBX1000 Cafe Racer, Holy Sh** !!!

 

 

Baca Juga Genre Motor yang lainnya yaa Brosist…

 

 

YZF R1 2015 Main

Jenis Sepeda Motor Sport Bike, Era Perang Teknologi !

 

CB650F

Jenis Sepeda Motor Naked-Bike & Streetfighter, Lahirnya Sepeda Motor Modern !

 

KTM 1290 Super Adventure 6

 Jenis Sepeda Motor Adventure Bike ?

 

FJR 1300

 Jenis Sepeda Motor Sport Tourer, Perpaduan 2 Jenis Motor Legendaris !

 

Goldwing 1800

Jenis Sepeda Motor Tourer Bike, Saat Jarak Tak Lagi Berarti !!

 

CRF

Jenis Sepeda Motor Dual Sport, Sang Pemilik Kepribadian Ganda !

 

Skuter 1

Jenis Sepeda Motor Skuter & Skutik, Sang Fenomena yang Tak Terbendung !

 

Cruiser Main

Jenis Sepeda Motor Cruiser Bikes, Original Style ala Amerika !

Advertisements