Tom Ogle, Vapor Carburetor dan Konspirasi Dunia Otomotif…

 

Tom Ogle - Ogle Carburetor - Vapor Carburetor

 

Masih ingat kisah Ricky Elson bersama mobil listriknya yang nggak lolos uji emisi di Indonesia ? 2 Jempol dari saya untuk beliau. Dan 2 Jari tengah untuk yang mengabaikan karyanya… Nah, Berbicara tentang inovasi yang seakan “diabaikan”, EA’s Blog jadi teringat kisah Tom Ogle. Seorang mekanik plus Ilmuwan yang berhasil membuat sebuah mobil yang super-duper irit dengan konsumsi BBM hingga 200 miles / 2 gallons, alias lebih dari 43 Km per 1 Liter BBM, Tanpa mengorbankan speed atau kecepatan loh Brosist !! Edyaaaaaaaann….

Dan jangan tercengang sampai disitu, sebelum Brosist mengetahui fakta bahwa pencapaian ini dilakukan tahun 1970-an… Alias 4 Dekade Silam !! Ebuset, Terus kenapa sekarang Konsumsi BBM Mobil (bahkan Motor sekalipun) pada jauh lebih boros ya ?? Nah, Itu yang bakal kita bahas di kesempatan kali ini Brosist. Sebuah mahakarya Tom Ogle yang penuh kisah Konspirasi Bisnis, Vapor Carburettor !

 

Tom Ogle

 

 

Tom Ogle - Ogle Carburetor - Vapor Carburetor

 

Tom Ogle (Thomas Venor Wolfgang Peter Dinglestaedt Ogle) adalah seorang Mekanik, Ilmuwan, dan Penemu di bidang otomotif yang lahir di Pirmasens, Jerman. Ayahnya adalah seorang ilmuwan bidang elektronika yang menyebut dirinya sendiri sebagai ” Pria Jenius dan Penemu Brilian“… Sayangnya, Tom ditinggal ayahnya saat masih kecil, karena kedua orang tuanya tersebut berpisah. Ibunya kemudian menikah lagi dengan seorang Letnan Tentara asal Amerika, Clarence Ogle, yang kemudian ikut mengawali kehidupan Tom di Negeri Paman Sam & Asal-usul nama “Ogle” yang dimilikinya.

Mewarisi “kejeniusan” ayahnya, Tom Ogle menjelma jadi seorang anak berbakat di bidang Otomotif… Itu terbukti, Sejak usia 10 tahun, Ia sudah mampu memperbaiki truk dan menguasai ilmu permesinan. Mimpi besarnya ketika masih berusia remaja, adalah untuk menjadi penemu bidang otomotif yang berguna bagi umat manusia suatu hari nanti.

 

 

Karburator Uap (Ogle Carburetor) !

 

 

Tom Ogle - Ogle Carburetor - Vapor Carburetor Patent

 

Pada tahun 1971, Tom Ogle mulai tertarik dengan pengembangan mesin 4-Tak yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Namun, Percobaan pertamanya justru diawali dengan ketidak sengajaan lho Brosist… Saat sedang menjalankan mesin potong rumput yang bermesin 4-Tak, Tom tanpa sengaja melubangi salah satu bagian tangkinya yang terbuat dari plastik. Nah, Dari sanalah awal mula namanya terkenal dan legendaris hingga saat ini…

Saat itu, Tom Ogle bukan memperbaiki tangki mesin potong rumput nya – Tapi malah melepas karburator, dan menempatkan selang di lubang tersebut yang kemudian dihubungkan dengan Port Intake Karburator… Uap bensin yang mengalir lewat selang ke Intake Jet, kemudian dihisap (vakum kan) oleh mesin yang membuat teknik penguapan ini ternyata sukses ! Lucunya (atau brilian nya), Percobaan secara tidak sengaja tersebut justru membuat mesin pemotong rumputnya bisa nyala selama 96 Jam Non-Stop, alias 4 kali lipat lebih efisien dibanding metode konvensional !! Saking panasnya mesin yang ditest non-stop, Tom sampai-sampai menambahkan fan external ke mesin potong rumput tersebut.

 

Baca Kelanjutannya >> Penemuan Fantastis, Mobil V8 7.000 cc Konsumsi BBM 43,7 Km/L

 

37 comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.