Yamaha Perkenalkan XSR700, Kenapa Nggak Bikin XSR250 Juga Ya ?

 

Yamaha-XSR-700-XSR-250

 

Di Negeri Elizabeth sana, Media sedang ramai-ramainya membahas Yamaha XSR700… Loh, Apa itu XSR700 Kang Eno ? Ya, Motor ini adalah hasil inovasi terbaru Pabrikan garputala yang memanfaatkan part milik MT-07, Lalu abrakadabra – disulap dengan style modern-klasik menjadi kuda besi yang mirip Ducati Scrambler (dalam versi yang lebih gambot). Pertama kali lihat di foto, Ekspresi saya langsung WOW ! Ternyata Yamaha (Jepang) berani juga euy bikin motor kayak gini… Asli, Keren !!

Namun muncul pertanyaan selanjutnya di pikiran EA’s Blog… Kalau MT-07 bisa dibuat jadi XSR700, Kenapa MT-25 (atau MT-03 di luar negeri) nggak dibuat versi Retro-Modern jadi Yamaha XSR250 ya ???

 

Oke, Sebelum kita bahas lebih lanjut, EA’s Blog bakal berikan sedikit info tambahan tentang Yamaha XSR700… Motor ini tercipta berkat duet-maut antara Yamaha Motor Co. bersama dengan seorang modifikator ternama asal Jepang, Shinya Kimura. Filosofinya sendiri, dikembangkan dari motor custom yang diciptakan sebelumnya Yamaha MT-07 “Faster Son” – yang kemudian coba diwujudkan menjadi motor produksi massal. Dan voilaaa ! Jadilah Yamaha XSR700 !

Secara basic, Yamaha XSR700 adalah MT-07 yang diubah beberapa bagiannya, Bukan full total motor baru yang didevelop dari nol. Tuh, Coba lihat aja bagian Mesin, Kaki-kaki, Suspensi, Swingarm, dll, semuanya merupakan milik MT-07… Perbedaan utamanya terletak pada styling retro-modern (Headlamp, Speedometer, Body), plus Frame yang dibuat one-piece unit – bukan bertipe sub-frame terpisah layaknya yang ditemukan di sosok aslinya. Hasilnya, Kereenn abiss !!

 

Yamaha-XSR700-2

 

Nah balik lagi ke pembahasan utama… Meski sesungguhnya MT-25 mencomot basic milik YZF R25, Tapi secara karakter, Yamaha MT-07 dibuat sama persis dengan MT-25. Saya memang belum cobain langsung MT-07, Tapi dari beberapa review yang saya baca, Jagoan Yamaha di kelas middleweight tersebut ternyata asik buat digeber juga, Persis yang EA’s Blog rasakan saat menggeber Yamaha MT-25… Bahkan sampai saya tulis Goyang Dua-Lima, Hahahaaa.

Oleh karena itu, Sepertinya nggak ada alasan kalau Yamaha Indonesia coba mengembangkan model yang satu ini… Selain punya styling yang cocok buat Bikers yang senang tampil beda (atau sebut saja untuk kalangan Hipsters), Model yang beraroma retro-classic juga sedang booming loh di Indonesia ! Nggak cuma di Tanah Air yang sedang kecanduan modifikasi model klasik… Sampai ke luar negeri pun, Ducati Scrambler (yang punya model serupa dengan XSR700, atau mungkin XSR250 nantinya) mencatatkan penjualan yang fenomenal ! Bahkan kini menjadi Best-Selling Ducati, plus mengangkat pamor Pabrikan Italia ini di Beberapa Negara Eropa (UK, Jerman, Italia & Spanyol) seperti dilansir asphaltandrubber

 

Baca Juga : Daftar Motor Gede Seharga Lebih Dari 1 Miliar !!

 

 

Yamaha MT-25

 

Yang jadi pertimbangan selanjutnya, Basic Yamaha MT-25 memang sudah terbukti mantap ! Saya sudah buktikan sendiri deh… Tinggal copot beberapa part-nya, kemudian dijejali part beraroma retro-modern yang mirip XSR700, Jadilah XSR250 !! Dan karena banyak menggunakan part MT-25, Otomatis cost produksi nya bisa ditekan sebanyak mungkin… Tetap terjangkau, Tetap enak dibawa, Tetap “retroisme”, dan pastinya Makin Keren !!

Selanjutnya tinggal bagaimana Yamaha Indonesia mempertimbangkan peluang ini… Toh, Kalau mereka ingin menancapkan taringnya lebih dalam di kelas Sport, Jalan yang kreatif juga harus dilakukan dong ? Daripada cuma copy-paste strategi & produk kompetitor semata, Kayak yang dilakukan pabrikan sebelah… Iya nggak ? Dan melihat jejak rekam Yamaha yang kini semakin “berani” menggelontorkan produk, Yamaha XSR250 adalah sesuatu yang saya tunggu kehadirannya… Bagaimana menurutmu Brosist ??

 

Baca Juga yang Lainnya yaa Brosist…

 

 

Yamaha-XJ650-Seca-Turbo

Yamaha XJ650 Seca Turbo, Old School Power Booster !

 

Yamaha NMax

Now Playing : Yamaha Ft. Geisha – Selalu Salah

 

Yamaha Grand Filano 125 6

Yamaha Rilis Grand Filano di PRJ 2015, Loh Tumben ?

 

Yamaha ZR120 3

Yamaha ZR120, Bebek Deltabox Beraroma Super Sports !!

 

Yamaha FZ400R Rongsokan 8

Disini Disayang Disana Dibuang, Yamaha FZ400R Inline-Four !!

 

Yamaha YZF R1 1998 3

Ini Dia 5 Generasi Yamaha YZF R1, Berikut Para Desainernya !!

Tinggalkan Balasan