Advertisements

Ini Dia 5 Alasan TIDAK Memilih New Honda Sonic 150R !

 

New Honda Sonic 150R 7

 

So, Semua tentang kelebihan bebek ayago AHM yang jadi buah bibir seantero dunia cabe-cabean ABG ini sudah tuntas kita bahas di artikel “5 Alasan Anda Memilih New Honda Sonic 150R“… Tapi, Jelas bukan EA’s Blog kalau hanya membahas soal kelebihannya saja. Yup, sekarang mari kita bahas semua tentang kelemahan & kekurangan yang pastinya bakal membuat bulu kuduk para Fansboy nya berdiri, dalam artikel Ini Dia 5 Alasan Anda Tidak Memilih New Honda Sonic 150R… Cekidots !

 

Mahal !!

 

 

Nah, Ini dia faktor yang paling saya tidak sukai dari New Honda Sonic 150R, yakni harganya yang terlampau tinggi untuk ukuran motor bebek, Meskipun AHM menyebutnya sebagai Motor Sport… Kalau di artikel sebelumnya saya sempat menulis tentang “Performa Sport, Harga Bebek“, Tapi faktanya Ayago ini adalah yang paling mahal di kelasnya (Baca : Bebek Termahal). Saat artikel ini ditulis, Banderol Sonic 150 tembus Rp. 20,9 Jutaan – Harga yang sebenarnya sudah masuk ke kelas Sport, Bukan bebek ! (Mungkin ini alasannya AHM memasukkan Sonic ke kategori “Light Sport”, Bukan bebek… Entah saya yang memang bodoh menganggapnya bebek, atau justru sedang dibodoh-bodohi. Tapi apapun itu, Motor ini tetap bergenre bebek, Titik).

Kalau dibandingkan dengan pesaing terdekatnya, Harga New Honda Sonic 150R lebih mahal 1 jutaan ketimbang Suzuki Satria F150 R, serta lebih mahal hampir 2 jutaan ketimbang Yamaha Jupiter MX King… So, Masih ada yang menganggapnya murah ??

 

 

Detail & Ukuran

 

 

New Honda Sonic 150R

 

Sebelumnya saya sempat menyebutkan beberapa detail New Honda Sonic 150R yang mantap nan eyecatching. Nah, Kali ini mari kita sebutkan bagian minusnya… Pertama, jelas Stoplamp yang modelnya memang nggak banget serta seperti ada gap antara body buritan dan mika lampunya. Kedua, Ban standarnya yang mungil banget deh Brosist, harus naik 1-2 step supaya terlihat kekar. Ketiga dan sekaligus yang paling merugikan, Nggak ada bagasinya tuh… Jadi jangan harap bisa simpen jas hujan dengan mudah di Sonic 150 ya… Heheheee.

 

Disamping itu, Banyak pula bikers yang bertanya pada EA’s Blog tentang ukuran asli New Sonic 150R… Ya, Karena ukurannya yang tergolong super-slim (bahkan feelnya lebih slim lho dibanding epyu), Otomatis membuat calon konsumen yang berbadan tambun pun berfikir 2 kali saat hendak memboyongnya. Kalau saya sih biasanya suruh lihat sendiri foto saya saat naik Sonic 150, kemudian silahkan nilai sendiri… Kan nggak lucu tuh kalo nantinya bawa motor tongkrongan keren tapi visualnya kayak “Masha & The Bear” lagi naik sepeda mungilnya… Iya nggak ?

 

 

Batch 2 & Problem Khas

 

 

Mesin New Honda Sonic 150R

 

Saya pernah membaca kicauan seorang teman sebelum New Sonic 150R rilis ke pasaran, yang berbunyi “Sebagus apapun motor yang dirilis Honda nantinya, Harap bersabar nunggu batch 2“… Terdengar sepele sih, tapi sebenarnya #JLEB. Ya, Karena perasaan tersebut sangat membekas di hati konsumen dalam kasus Old CB150R & Vario terdahulu… Mulai dari mesin klotok-klotok lah, Mika lampu meleleh lah, Swingarm ambrol lah, Ngorok lah, ini lah, itu lah, dan yang lain sebagainya. Hingga kasus tersebut segera diperbaiki dan muncullah istilah “Batch 2“. Apalagi, Sonic 150 ini merupakan produk yang benar-benar baru, Alias belum ada versi sebelumnya…

 

Loh, Kan nggak semuanya Kang Eno… Lagi belajar jadi FBY baru ya ? Udah, Nggak usah kebanyakan mikir, Saya juga pernah tulis soal beginian di Artikel Yamaha & Kawasaki koq ! Tujuannya supaya pabrikan mikir, dan kedepannya nggak ada lagi kasus serupa, Seperti di New Honda Sonic 150R ini… Karena memang begitu kan yang seharusnya ? Konsumen – Blogger memberi pengaruh besar terhadap kualitas produk, Bukannya malah kuantitas penjualan produk… Ya, Kecuali anda seorang Sales atau Fansboy Garis Keras…

 

 

Parents Killer

 

 

Sudah tahu kan pangsa pasar dari New Honda Sonic 150R ? Yap benar sekali, Anak muda & ABG ! Berapa usianya ? 15 – 25 tahun. Lantas, Apakah anak muda umur 15-18 tahun sudah punya kemampuan sendiri untuk beli motor ? Jika iya sih alhamdulillah, Tapi kalau nggak (Bahkan sepertinya SIM aja pastinya pada belum punya tuh) ? Nah, nantinya bakal minta kemana hayooo ?? Sepengalaman saya bekerja saat lulus SMA silam, Umur saya kala itu 18 tahun, langsung nguli pontang-panting cari uang, dan baru setahun kemudian bisa punya motor sendiri, Itupun hasilnya cuma Spacy BOB… #Sedih #Curhat

 

Nah, Itulah yang menjadi kekurangan New Honda Sonic 150R selanjutnya, Yakni Parents Killer… Bukan “Killer” dalam arti yang sesungguhnya loh ya, tapi lebih ke bagaimana para orang tua bakal tambah dipusingkan dengan kehadiran Ayago satu ini. Bagaimana kalau anak muda tersebut merengek minta dibelikan Sonic 150 ? Iya kalau orang tuanya mampu, Kalau nggak ? Saya pernah menulis soal hal ini di artikel Bebek Super Effect, dan Semoga hal buruk yang saya pikirkan nggak kejadian deh, Amin… Dan spesial untuk para ABG yang baca artikel ini, Semoga kalian bisa mengerti keadaan ya…

 

 

Kelebihan adalah Kekurangan…

 

 

New Honda Sonic 150R Test

 

Terkadang sisi kelebihan suatu produk justru menjadi bumerangnya tersendiri, Layaknya 2 mata koin yang tak bisa terpisahkan… Dan hal tersebut juga saya temukan di New Honda Sonic 150R. Apa kelebihan utama bebek ayago ini ?? Yup, seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya, Motor ini punya kelebihan begitu Lincah, Ringan, dan punya Performa mantap, So Damn Fun-Tas-Tic untuk dikendarai.

 

Tapi dibalik itu semua, New Honda Sonic 150R justru punya sisi lain, Terutama jika kita tarik hubungan dengan poin ke 4 diatas… Karena ayago ini bakal menarik hati para anak muda galauers doyan cabe-cabean, Maka resikonya jadi tambah kompleks. Faktor emosi & ego darah muda yang meluap-luap dan sulit terkontrol, membuat kelebihan tersebut bakal berbalik menjadi kekurangan yang mendasar… Membahayakan ! Dan uniknya, Ini juga alasan Honda dulunya enggan merilis model Ayago, dan malah coba bereksperimen dengan Honda CS1… Sampai akhirnya, Tahu sendiri lah bagaimana endingnya.

 

 

 

Dan itu dia semuanya ! EA’s Blog sudah memberikan pengamatan pribadi soal segala kelebihan & kekurangan New Honda Sonic 150R. Mulai dari sisi visual, feel, serta yang bersifat logis. Sisanya silahkan Brosist yang menentukan sendiri, Apakah Sonic 150 terbaru ini layak beli atau tidak… Yang jelas apapun produknya, Sudah pasti punya kelebihan & kekurangannya tersendiri, Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan, serta keinginan kita. Up next, Kita akan membedah tentang segala kelebihan & kekurangan All New CB150R Streetfire yang tentunya bakal nggak kalah panas ! So, Stay tuned terus bareng EA’s Blog yaa…

 

 

Baca Juga yang Lainnya yaa Brosist…

 

 

New Honda Sonic 150R

Ini Dia 5 Alasan Memilih New Honda Sonic 150R !

 

New Honda Sonic 150R Test

Test Ride New Honda Sonic 150R, Fun-Tas-Tic Bike !

 

New Honda Sonic 150R

Apa Aja Sih Kelebihan & Kekurangan Fisik New Honda Sonic 150R ?

 

CB150R Facelift & SOnic 150

Kita Memasuki Era “Overstroke”, Honda CB150R Facelift & Sonic 150R

 

CBR250R Ross White 2

Ini Dia Alasan Mengapa Anda TIDAK Memilih New Honda CBR250R !

Advertisements

147 comments

  • oges

    Cuman 4 kang enno, satunya lagi kurang duit… heheheheee

  • namaku hilang

    so-nice

  • ademadan

    yg terakhir seperti yg ane tulis di keunggulan kemaren, “it’s a Honda, not Kawasaki” 😀

  • fandi

    Untung anak saya perempuan. Tapi malah ibunya yang minta dibelikan. Terutama Sonic 150 R yang warna magenta. Padahal bapaknya mau beli CB 150 R yang baru. Nasib buruk kaum laki-laki. Mana tahan beli dua motor sekaligus. Memang iklan Honda agak rame sekarang. Masak perempuan jadi tertarik ama Ayago? Harusnya motor perempuan kan motor skutik aja.

    • wkwkwkwk, lha koq bisa malah demen sonic ??

      • fandi

        karena ada warna magenta dan joknya rendah bro buat cewek. Kalo soal kopling biasanya kan bisa belajar. Tapi napaknya kaki dengan antep, bisa membuat konsumen perempuan tertarik pada sonic. itu pikiran ane. Tapi blog sudah mengupas plus dan minus. Inilah fungsi blogger, menjelaskan produk dari sudut kepentingan konsumen. nuhun bro.

    • dedy

      bener bgt gan masak cew2 pd demen sonic harusnya matic

  • Goreng hahahahhaa
    N MAX Ditest Jalanan? N Max 125 Kah? – http://wp.me/p2XD22-2DR

  • Rick

    Ditunggu artikel serupa buat NCBSF kang!
    Agak sangsi sama masalah batch produksi. Knapa perusahaan sekaliber AHM bisa bobrok di QC ? Masa kalah sama YIMM yang udah jadi basis produksi Yamaha buat asia sih. Pfft 🙁

  • yoga

    Terima Kasih atas “racunnya” kang, berkat artikel ini, batal sudah rencana saya mau ambil sonic. Cz badan ane segede gaban & Duit 21 jt rugi kalau buat beli bebek mending tambahin duit dikit udah dapet kebo fi yang gambot bener. Lagian ane nggak demen ngebut kenceng2an.

  • Hyu

    Objektif & realistis,,,, mantap kang postingan y,,,,

  • Hyu

    Faktor emosi & ego darah muda yang meluap-luap dan sulit terkontrol, membuat kelebihan tersebut bakal berbalik menjadi kekurangan yang mendasar… Membahayakan ! Dan uniknya, Ini juga alasan Honda dulunya enggan merilis model Ayago, dan malah coba bereksperimen dengan Honda CS1… Sampai akhirnya, Tahu sendiri lah bagaimana endingnya.

  • king_julien

    Apalagi di kampung,slama ini banyak kasus anak abg mpe ngancem bunuh diri biar di beliin epyu,ngacak2 isi rumah biar dibeliin apyu,ada jg yg orang tuanya di bunuh(bener2 parent killer),Dan ada yg sampe gangguam jiwa gara2 g d beliin epyu.gimana kalo sonik uda beredar?..

  • Awaludin

    hahaahhaaa…Sales Suzuki ni..
    alasannya gak Begitu masuk akal.
    nyatanya….mesin Klotok2 dan Mika Meleleh tetap jadi Primadona Indonesia..
    Suzuki..????
    maklum,.,,barangnya gk begitu laku.
    jadi bikin Artikel, yang mengklaim minusnya Sonic yang tidak begitu penting.
    padahal jika Alasan tsb di letakkan di Satria FU.
    maka akan bertambah Lagi MINUSnya.
    jadi 10 bahkan 100 alasan
    LOL

  • Csre

    Kalo menurut om eno sonic ato fu?

  • budbud

    velg depan 1,85″ ban 70/90 (idealnya 80/80)
    atau dikasih 90/80 masih bisa

    velg belakang 2,15″ ban 80/90 (idealnya 90/80)
    atau dikasih 100/80 masih bisa

    coba body gedean lagi,….hufft
    gak jadi naksir

  • budbud

    yang ncbsf nya buruan kang eno….hehehehe

  • satriabergetar

    Bebek tapi sport ?
    Atau
    Bebek tapi ayam jago ?

    Entahlah 😀

  • balado125

    Saya pikir tadi lagi baca blog nya laskar suzuki,tau nya bukan.

  • balado125

    Bukannya mesin ini udah generasi kedua dohc produsi lokal?? Alias sudah penyempurnaan dari generasi awal??

  • Dumbledore

    Masuk akal yang alasan batch 2 kang.

    Hehe mau beli honda “baru” mah wait see dlu, ngeri pengalaman sebelumnya, malah jd kelinci percobaan. Atau endingnya bernasib buruk kyk CS1

  • Ini dia yang say tunggu” 🙂

    ouhhh men !!! you have a passion not amplop”an :’)

  • RF

    Banyak juga kelemahanya.
    Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor manual di Google play Gan
    https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.application.servismotorkopling

  • ubay

    Walaupun hasilnya spacy bob tapi itu hasil keringet dan ada rasa kebanggaan sendiri kang

  • bdt

    batch lebih buruk, itu mah dah wajar, biasa itu mah,

    karena bukan robot yg ngerjain, walu dah trial

    dan batch 1 biasanya mayoritas yg pake juga karyawan ahm,

    setiap produk baru keluar, karyawan dulu yg dapet,

    spt saya bilang dulu, bahwa las-lasan old cb jelek karena dikerjaken manusia,

    yg new cb dah bagus karan ada bantuan robot,

    kalu las-lasan bagus hasil kerja manusia, yach jatuhnya harganya mahal,

    wong gajinya per cm panjang dikali Rp XXX, itung aja sendiri,

    jadi ngak mungkin[pake tukang las yg dah ahli buat ngelas rangka si cb

    gaji tukang las profesional mah lebih gede dari manager

  • zzz

    salah 1 minus dibandingkan kompetitor cover body banyak yg doff shg mudah baret

  • tapi lumayanlah min hehehehe

  • setya

    ya pasti ada kekurangan , tapi menurut ane sih keren kok bang… terutama stoplampnya menurut ane diliat2 bagus juga kok( liat asli loh bukan di foto, klo difoto ya emg jujur aneh) tapi kalo dibandingin headlampnya garang ane suka..
    ya setidaknya menurt ane apapun kekurangan sonic ini , sudah bisa jadi saingan satria fu , setidaknya untuk menggaet pembeli satria untuk pindah pilih honda dengan kelebihannya,,terutama motor irit + kencang

    (untuk user yg lain juga …… liat sonic secara langsung dulu , jgn langsung pd bilang komentar jelek, klo foto ,sesuai yang foto aja, klo gbsa ambil foto obyek jd jelek)

    tiap opini pasti beda2, yang hbs beli satria , otomatis banggain motornya begitupun , yang punya mxking , hahaha

  • falken

    Lahh, klo sy mlah ortu yang nawarin mas, masa nolak,,,, hehehe

  • toejah

    Kang Eno, artikel ini memberikan pemahaman yang cukup bagi saya mengenai Sonic 150R. Pembahasannya cukup logis dan tampak objektif dari sudut pandang tertentu. Namun, menurut saya kang Eno kehilangan fokus dalam membahas kelebihan dan kekurangan Sonic 150R. Mohon perkenan menyampaikan argumen yang menegaskan kritikan saya. Pertama, ketika bicara kelebihan kang Eno hanya membahas teknis dan spesifikasi motor. Tapi ketika bicara ttg kekurangan, faktor psikologis dan sosiologis yang dikemukakan dan tidak byk membahas soal teknis dan spesifikasi motor ( menurut saya ini tidak apple to apple). Kedua, bicara soal kekurangan, misal Mahal, harga merupakan sesuatu yang relatif. Mahalnya suatu barang, tidak selalu menjadi kekurangan bagi produk itu sendiri, karena harus ada pembanding yang sama (dalam fitur, spesifikasi, teknologi, dan kekinian) dengan produk lain. Soal penilaian harga, menurut saya sgt subjektif bagi masing2 orang. Ketiga, soal ukuran. Ini kembali pada masing2 orang. Yang kecil mungkin lebih dibutuhkan bagi remaja, yang besar mungkin bagi dewasa. Namun, mengingat market motor ini adalah remaja, maka ukuran kecil tidak bisa dikatakan sebagai kekurangan. Jadi ukuran kecil tidak relevan untuk dijadikan kekurangan motor ini. Keempat, mengenai Bacth dan problem khas, jelas ini adalah asumsi dan pre judice (tidak valid untuk menjadi kekurangan karena belum terjadi/hanya kemungkinan). Kelima, parents killer, jelas tidak terkait dengan kelemahan produk, tp lebih kepada kondisi sosiologis calon pembeli. Keenam, kelebihan adalah kekurangan, mengenai membahayakan di jalan, kendaraan apapun akan membahayakan di jalan, tergantung orang yang membawanya. Belum ada penelitian yang menggambarkan remaja lebih membahayakan daripada pengendara pada rentang usia yang lain. Saya malah lbh takut sama ibu2 ke pasar dan anak2 Vespa gembel.

    • mohon maaf nih kang, maaf banget… coba baca lagi & pahami deh…. Soalnya saya rasa akang nggak paham maksud sebenarnya artikel ini 🙂

      • toejah

        Kang Eno tidak perlu minta maaf, saya cuma diskusi kok. Saya tidak memaksakan pemikiran saya, begitu pula artikel kang Eno tidak ada keharusan untuk diikuti kan? Senang bisa diskusi kang.

    • Komentar

      nahh ini nih
      tp IMHO loh,artikel Kang Eno emg bs kurang tepat ,bs jg bener

      kurang tepat krn nggak epel to epel,kelebihannya banyak bahas soal teknis tp nonteknisnya dikit…nah giliran bahas kekurangan yg nonteknisnya banyak,jd kesannya maksain ngungkap kekurangan sonic sampai sisi nonteknis pun dicantumin
      tp
      ada benernya jg,klau disimak dari sudut pandang sesuai judul ya bener
      semua poin kelebihan & kekurangan sonic versi Kang Eno oke oke aja sih,coba cermati lagi judulnya,pokoke baca artikelnya sesuai judul loh ya,dipahami dulu judulnya

      • ikutan diskusi ah, menurut ane yang udah liat langsung dengan barang nya, ane setuju 100% dengan akang eno dari kelebihan dan kekurangan nya,
        untuk masalah teknis, non teknis memang bisa dibilang tidak aple to aple, tapi untuk kekurangan nya menurut ane sebagai konsumen ini lah titik yang harus diberikan ke konsumen awam seperti ane,
        karena:
        1. jika membahas tentang mesin aka teknis, gak semua orang paham mesin aka pake doang
        2. yang namanya kekurangan biasanya dipakai bahasa kritik sebagai masukan agar tidak terjadi kekurangan yang sama dikemudian hari, nah poin ini juga bisa digunakan juga sebagai sudut pandang yang tidak aple to aple karena toh ini motor baru, blom ada yang klaim kerusakan jadi kemungkinan belum bisa diberikan kekurangan dalam bentuk teknis (menurut ane)

        salam 1 aspal & peace

  • aldos

    Kalo soal bodywork gimana kang pas test ride ngecek gak? :p
    Btw blognya kang eno ciamik pisan nih SEO nya.. Hampir tiap pencarian keyword umum terutama nama motor nongol blog kang eno di pejwan 😀

    • Bodywork yang gimana maksudnya kang ?? Bisa lebih spesifik biar saya jawab…

      Alhamdulillah kang, Bonus itu mah setelah ngetik artikel panjang lebar 😀

      • aldos

        Maksudnya kualitas plastik nya kayak gmn kang.. Kalo kualitas cat body kan keliatannya kalo udh pemakaian lama.. Soalnya kualitas body produksi AHM agak kurang meyakinkan kang hehe

        • bukannya sudah dibahas sebelumnya ya kang ? Di artikel kekurangan fisik New Sonic 150R…

          Tapi oke deh, Kalo menurut saya plastiknya masih mirip motor bebek & matik Honda kayak biasanya kang… Finishingnya juga sama, Nggak bagus banget kayak CBR150R CBU misalnya

  • beneth

    Bagus Sonic lama apa baru?

  • oggicandra

    ah saya terima kekuranganya… saya apa adanya orangnya kang wkwkwk

  • itu spionnya memang berbatang pendek atau dudukannya yang dalem yaa bang? kalo bener batangnya pendek bisa buat susisusi eh subtitusi montor honda lainnya nih

    https://daivangelion.wordpress.com/2015/08/27/share-pengalaman-21-tips-saat-touring-berjamaah/

  • abdie

    paling juga sonic niru model satria..
    dan saya yakin kalo sonix paling produk gagal lgi..
    krna apa???kurang cocok bagi orang tua apa lgi anak muda….soal nya pakek injecsion….kalo satria kn pakek karburator

    • niru model satria ?
      liat dulu , yang pake model ayago siapa?
      liat kebelakang tahun 2000an (monggo search digoogle dulu sebelum komentar -_- )
      sonic sudah ayago , satria masih 2 tak(bentuk bebek) , hahaha
      satria lah yang yg menjiplak sonic
      sonic mati suri karna harga terlalu mahal , yg diambil dari thailand

      sekarang muncul kembali sonic150r pgm fi
      mau kalah dengan kakaknya allnewcb150r pun gamasalh , yang penting ada saingannya si SATRIA , kalo vs satria , org sekarang lebih cerdas , dengan teknologi modern kenapa lebih milih yang lama 😀
      so.. setidaknya bisa mematikan satria , keungulan jelas jauh lebih irit dll (monggo diliat speknya sendiri) , kencang ? semua motor yg di produksi di indonesia dikelas yang sama memiliki topspeed yang sama (standard) karna sudah ada batas kecepatan yang diatur oleh pemerintah

      mau keluar satria fi pun , juga mengkhawatirkan , karna pembeli pun akan kembali bingung , servis resmi suzuki sudah jarang sekali ditemukan , terutama di kota saya SEMARANG contohnya (udah banyak bgt yg tutup).. sekarang tinggal dealernya aja , bengkelnya kebanyakan udah mati semua (tidak berfungsi lagi), didealer suzuki pun , juga menawarkan motor bekas pabrikan honda dan yamaha (katanya dealer suzuki :p)

      TETAP PILIHAN HONDA ATAU YAMAHA (DIHATI MASYARAKAT),

      so kalo beli motor pasti banyak pertimbangan.. gag cuma yg ngakunya kencang aja … servis centernya pun harus mudah ditemui? sperpart pun juga….

      beda jauh dengan DEALER mobilnya suzuki laris manis , apalagi ERTIGA , uhhhh bbm nya iritnya banget banget 😀

    • pangeran hitam

      apa buktinya honda sonic niru suki satria ???

      honda pilihanku, honda sonic motorku.

  • aan

    Usia saya 30an, saya seorang pegawai, badan saya tambun, saya sdh beli sonic, walaupun satria Belum saya jual sampai sekarang. Memang Target utk abg tapi para orang tua jga terarik dg hebatnya motor ini. So jgn ragu kalau anda suka

  • Nagato

    Ada yg aneh dengan foto kedua
    Foto mesin yg udah dibedah
    Ni motor overbore kan bro?
    Kok blok sehernya panjang bener ya.

  • Haidir Ilmi

    Walaupun motor ayam jago AHM ini Funtastic, tapi sayang harga nya kemahalan di bandingkan competitor nya.

    Mungkin karena fitur fully digital speed/tachometer nya.

    Plus motor ini akselerasinya terlalu liar. Honda Sonic 150R akan jadi motor berbahaya kalo yang pake nih motor gak punya skill.

    Sebenarnya saya suka sama nih motor. Cuman agak terlalu liar. Jangan beli nih motor kalo gak punya skill (akselerasi untuk seukuran ayam jago nya sangat liar) banyak anak2 SMA maupun Mahasiswa seperti saya mati sia2 karena gak mampu mengendali nya.

    • Mohamad rizqi

      Akselerasi terlalu liar?
      Tinggal ganti gearset yg sesuai. Rubah rasio nya. Bisa dengan ganti ukuran gearset depan(yg kecil) dengan ukuran yg sedikit lebih besar or ganti yg belakang dengan ukurang yg lebih kecil. Akselerasi jadi sedikit makin jinak, speed di rpm menengah – atas juga naik.

  • hamon

    Kang eno,poin batch 2 itu maksudnya apa ye? Gagal paham hehe

  • kang mending pilih mana satria fu150 ato sonic kang eno ?

  • marabunta

    klo gw so pazti pilih mxking harga pas dkantong sm2 150cc tampak samping keren tampak blakang kece apalagi tmpt plat nmr dcopot nungging abiz+ban blakang macho bro body kenceng g oblak yg pnting posisi tgn pas g pegel

  • Walaupun mahal tapi bensin lebih irit di bannding fu ..kalo masalah badan besar kaya masha bear ya mikir aja kali jngn mau beli…haha derita itu

  • kucing_jalanan

    mending naik tiger aja,lebih safety…..gak kenceng2 amat gak bikin pegel juga…
    walau dibilang motor bapak2,,
    pake yg anak muda kencang power full,,nyungsep mati….mending jadi bapak2 dari pada jadi vangke……

  • tiger emang jago gan q biar pun cewek suka bingit pakek tiger.
    kang smua barang tuh pasti ada kelebihan & kekurangan jd ya wajar lah namanya buatan manusia yg buatan Tuhan ja manusianya nih juga ada kelebihan & kekuranganya
    yg kebanyakan komen tentang kekurangan sonic itu bukan krn mereka gk suka tp krna gk kuat beli & mau kredit gk kuat ngangsur gitu ja kok repot.
    inilo q juga beli sonic klo dipakai ngaciiirrr geberrr looop.
    yg nama nya dr produk Honda dari dulu ya number one tiada duanya
    lihat ja motor” tua yg dimodifikasi sperti cb. honda 70an itu smua juga dr merk honda apa ada motor” tua yg dr yamaha/susuki gk da kan
    ada lahi gan keunggulan honda setua apapun motor itu onderdil nya gampang dicari & mudah diakal/dimodifikasi
    ingat ya agan” smua didunia ini pasti ada kelebihan & kekuranganya termasuk kita yg ciptaan Tuhan.sorry gan klo comen nya kepanjangan habis q gemes baca comen yg bisanya cuma nulis artikel kelemahan ja.

  • Kalau dibandingkan dengan Jupie MX King, lwbih worthed mana Kang?

  • atha

    saya kurang setuju nih dari beberapa poin.
    1. mahal? relatif
    2. desain? relatif. bagasi? bukannya fu juga nggak punya
    3. batch2? sebenernya itu hanya mitos, toh yg bunyi klotok klotok itu cuma setelan aja. bukan kerusakan komponen. kecuali produk lain yg rusak parah itu nggak jelas.
    4. parent killer? lha anak kecil dikasih motor aja udah salah, apalagi 150cc yang notabene bertenaga besar. tentunya ortu yang sayang anak malah nggak belikan tuh motor –”
    5. faktor cabe”an dan emosi? tentunya yang menyetujui alasan nomer 1 nggak mungkin beli kan, toh mereka juga sayang dengan motor mereka yang mahal.

  • Saya ttp pakai supra 125i 2007 masih mntp

  • ass kum.
    menurut saia motor t selera..walao mahal ttp aj di beli kan?tergantung isi dompet.
    klo ak udah pakek fu 3th lah,jd ckup tau Fu itu kayak gimana.. mnrt ak Fu jga bnyak kekurangan ya kog..trutama suara rante kamprat yg bikin pusing telinga..hehehe
    tp skarang udah tak jual..mau tak tukerin ama sonic .. .

  • jono

    Wkwk gada naksir naksirnya sm motor baru gue wkwk, tetep pencinta suara gear driven, motor era 80-90an jauh bikin cenat cenut entah artikelnya atopun ngeliat fisiknya langsung haha

  • edjoe

    Kalo dtrack dah ada ulasanya belum bro….lagi cari refrensi perbandingan untuk meminang…

  • haha

    ayago jangan diadu kalau di adu jenggernya merah

  • sebenarnya semua itu relatif dan kesenangan belaka. semua produk pasti ada plus minusnya

  • rinaldyrinaldy

    kalo udah selera emang susah..
    kalo gw lebih condong ke Fu..klo sonic (maaf) kayak kaku desainnya.
    tapi kan terserah sama yang mau beli.

  • Yang no.5 setuju saya dan skarang saya rasakan efeknya sakit bukan maen…karna ego sendiri

  • Chandra agung

    Agan bilang ga ada pendahulu.. Nah kalo nova sonic 125cc itu bukan pendahulunya..??? Bukannya epyu ngambil design nya nova sonic ya..

  • akhmadfirdaos

    Bagi aje sih mending beli nina 150 super kips

  • Kang, coba lampirin artikel tentang megapro, solnya saya udh ambil kriditan nih. Hehehe, salam dari karawang

  • Yanto

    Kualitas kabel kopling perlu di pertanyakan jg, dah ada kaskus kabel kopling putus, KM baru 2000an ( vario old karbu yg dulu ada kasus kabel gas macet, motor nyelonong sendiri untung ibu2nya cuma lecet2 aja ). Reservoir coolant jg konyol, warna item jd kalo mau cek level coolant harus buka tutup ( yg transparan aja jrg di cek konsumen sampe kekeringan ) apalagi yg item gini, mungkin di anggep kotak sabun aja. Dah itu dulu aja mas.

  • Mio Kawahara

    Kaga ada bagasinya lagi

  • Ilham

    Bang ada artikel tentang kelebihan dan kekurangan Supra X 125D gk? Terimakasih

  • kirman krw

    saya pengguna sonic 150r new… mantep juga tuh buat d jalanan…ceka ceka

  • ivanomez

    sssssssssssstttttttt….FU 150 FI….. came back……

  • black150rr

    Motor pigson aja sohc 5 speed 23 jutaan.mending sonic sohc 5 speed.harga no 2,yg penting suka.ninja rr aja walau mahal ada yg beli.selisih 1 juta sama fu masih milih sonic.watercooled.lampu led.disain lebih keren.speedo full digital.fu jg ada kekurangannya jok jelek bgt.rata2 yg punya fu jok ditipisin.kekurangan sonic cuma satu,stop lamp jelek kalau dilihat dari belakang.semoga ahm bisa merubahnya suatu saatnanti.

  • Anggra

    Saya beli new sonic 150.itu adalah kesalahan terbesar saya.
    1.diler yg blm mumpumi para mekaniknya.smpe saya komplain aj d tolak2in.ini herannya saya.bkin mtr tp kok ga bkin tenaga kerja yg handal.hahhh
    2.plat kopling bermasalah jd inget cb150.masak plat kopling skelas sonic new kok d pencet langsung melengkung.yakinnnn ini buatan jepang?jngn2 buatan Abal2.hahaha
    3.komplin ke cs service ke ahas smrang smuanya tanpa tanggepan.ini gilaaaa..
    4.setelah smuanya skrng saya mau mnta tolong brosist yg tau caranya masukin hal ginian ke media siapa ya.kasih tau dong caranya.udh bnr2 skit hati nih.
    Mksi

    • Yanto

      Jadi bermasalah di plat kopling mbah. Gak ditanggapi karena gak ada sparepart atau dicuekin gitu aja. Kalo gak ada sparepart kan bisa indent, tapi kalo dari statment mbah plat kopling di pencet pake tangan aja dah melengkung, berarti kualitas palat kopling itu jg patut dipertanyakan.

  • blank

    Kang eno,batch 2 mksdnya apa ya..
    Gagal paham nih.hehehe

  • Mantap min ulasannya, tapi ane pengen banget tuh motor walau pun mahal. Hiii Semoga ane bisa beli motor new sonic ya min. AMIN

  • Kalo menurut ane sih masih mndingan suzuki satria fu150 injeksi sekarang dari pd honda sonic.bntknya juga masih bagusan satria.Kalo sonic bntknya aneh menurut ane !

  • Kelebihan motor honda dibanding yg lain secara keseluruhan adalah mesin honda rata2 awet, jarang rewel (tak spt suzuki yg mesinnya rewel ,ini berdasar pengalaman sendiri dan bapak gue). dealer dan bebgkel honda menjamur (mungkin karena produk honda yg menguasai pasaran, bandingkan dengan Sizuka yg deler dan bengkelx banyak gulung tikar..), gampang nyari sparepart. Purna jual bagus.
    Itu kelebihn hinda secara umum menurut saya.

  • basuki

    sekarang satria fi powernya lebih membahayakan bos, kok ndak dibikin artikel? jgn njelekin honda mulu

  • M'BOY 87

    betul kang, mau pakai mesin diesel sekalipun klo wujudnya bebek kurang pede pas ngendarain di jalanan

  • Menurut gw masih wajar harganya , tp jujur gw msih 17 anak sma , tp gw malah gasuka model” motor kaya satria FU ato sonic 150 , gw lebih doyan model mx king 150 , vixion 2016 , cbr 150 streetfire . Since i only looks for an bike at rate 20jt idr .

  • abdul rahman

    Kang eno milih mana satria injek sama sonic?

  • Purbadi

    Aq 60 yo tapi punya sonic, masih darah muda!!! It’s power excellent boss, tanjakan Tangkuban Parahu bisa di gear 5….edan!!! tapi pada akselerasi rendah ngletrek…. torotok…trok… it’s disoppointed me much…
    Kubawa ke AHM, hasil cek up harus bongkar mesin…… tambah kecewa!!!!

  • Anugrah13

    setiap kendaraan punya kekurangn, sekarang tinggal dipikir ulang sama konsumen, berani gak ambil kekurangannya.

    contoh sederhana. sebelum hari raya saya beli 2 unit kendaraan, Nmax dan All New Cb150r.

    1.Kasus Nmax : baru menempuh 387KM terjadi masalah, keluar bunyi klotok-klotok pada bagian belakang jika lewat jalan bergelombang, awalnya saya kira box filter longgar, setelah di cek ternyata masalahnya ada pada bagian bearing roda belakang dang gearbox oblak, dengan berat hati terpaksa Nmax harus nginep di yamaha selama 1 minggu untuk nunggu sparepartnya datang.
    2. Kasus All New Cb150r : setelah service pertama di 998KM saya tes di rpm atas (9000-10.000) ternyata muncul gejala selip kopling pada saat lepas tuas kopling, bilang ke mekanik Ahass ada selip pada kopling, kebetulan mekaniknya temen, mau di bongkar tidak kata dia, saya bilang jangan dulu, nunggu yang Nmax kelar, repot kalau tidak ada motor.

    balik lagi ke masalah mahal atau tidak kendaraan, ini sih tergantung orang memandang, jika memang suka dan dirasa mampu untuk beli ya bisa dibilang murah.

    sekarang bandingkan PCX sama Nmax, dari segi harga memang PCX lebih mahal dari Nmax, apakah ini faktor yang membuat PCX kurang laku, menurut saya tidak, hanya 1 alasan saya tidak membeli PCX, saya kurang suka melihat sektor kaki-kaki PCX, ya mungkin banyak yang bilang tinggal ganti aja ukuran Velg ban dll.

    intinya : selama kendaraain itu disukai pasti akan di beli walaupun mahal.

  • sinta

    Bagusan vespa ane..gak ada yang nyusahin,..

  • Saya beli Sonic 150RS, tadinya buat anak tapi karena dia belum mahir make kopling akhirnya saya pakai.
    1. Sedari baru kopling terasa kurang enak, kadang terjadi miss gear [ tadinya saya pikir ini karena saya aja udah lama tidak make motor kopling jadi nggak terbiasa gitu] padahal dulu perasaan make motor kopeling atau tidak paling sebentar adaptasinya. Pas service pertama (1000 km) agak mendingan kopeling agak nyaman.
    2. Jok terasa keras, kalau kelamaan duduk terasa [maaf] bokong ini sakit [ mungkin ini kasuistis ya, mengingat usia saya juga termasuk ABG Tua :D]
    3. Dan Naaah ini dia yg terakhir : Sekitar minggu lalu kopeling terasa selip, padahal kilometer belum menyentuh 3000 km, saya coba ganti oli masih tetep nggak ngaruh, rencana mau ke AHAS tapi belum sempat, tapi sejujurnya kecewa juga nih motor belum 5000 km udah bermasalah, Jujur saya pasrah aja karena plat kopling termasuk part yang diluar garansi.
    4. Sekian reviewnya, bukan Hoax, motor saya Honda Sonic B 6370 WOD

  • Rainsz

    Kalau harga purna jual apakah merosot tajam mas?

  • 6 tahun melihara epyu, skrg nyoba melihara sonic.

  • Jang Anut

    Ah takut dicap cabe cabean.apalagi sekarang mulai berpetualangan terong terongan….

Tinggalkan Balasan