Test Ride All New Honda CB150R Streetfire, So Fun – So Good !

 

New Honda CB150R Facelift

 

Secara Fisik dan Tampilan, All New Honda CB150R Facelift terbukti satu tingkat diatas versi lawas, Meskipun sedikit keluar dari Aura Honda yang sesungguhnya. So, dalam kasus tampilan, terbukti Newer is So Damn Better ! Bahkan desainnya mampu diadu dengan sosok New Vixion Advance yang sudah lama berjuluk Motor Keren nan Hemat. Mungkin hanya owner CB150R lawas yang mengatakan desainnya masih bagusan versi terdahulu, setidaknya untuk menghibur diri. Ya, Akui saja… Selera sih…

Dan sesuai janji di Artikel Sebelumnya, Kali ini EA’s Blog bakal memberikan pandangan & kesan setelah sukses menggeber sosok Naked-Bike terbaru pabrikan sayap mengepak, All New Honda CB150R Streetfire… Apakah sektor ini juga terbukti lebih Baik dibanding pendahulunya, meski secara spek lebih inferior ? Mana lebih baik antara CB Facelift & Sang Kompetitor sejatinya ? Yuk, Langsung aja kita bahas bareng-bareng…. Cekidots !

 

 

Ergonomi All New CB150R Streetfire

 

 

New Honda CB150R Facelift

 

Duduk di jok nya membuat saya sadar kalau motor ini adalah “Facelift” dalam artian yang sesungguhnya. Jok nya jauh lebih empuk & manusiawi, dengan lekukan yang cukup nyeleneh (kecil di depan, lebar di bagian boncenger)… Namun, Lekukan di bagian jok rider & tangki tersebut, membuat kaki pengendara jadi lebih leluasa menjepit kedua sisinya, serta sedikit membantu untuk rider yang tinggi badannya di bawah 170cm. Sektor Ergonomi Untuk saya yang bertinggi badan 175 cm + Bobot 85 Kg, Kaki menapak sempurna serta duduk diatasnya menjadi terasa sangat mudah. Semudah menghabiskan seporsi tenderloin steak yang yummii abis…

Saat kedua tangan memegang setang, Yang ada di fikiran saya “Loh, Koq rasanya gini ya ?“… Ya, setelah puas Riding bareng New Sonic 150R, lalu langsung berpindah ke New CB150R Facelift itu rasanya aneh banget, sumfeh ! Posisi riding sonic yang sporty adalah biang keroknya. Jadi saat berpindah ke Sport yang jelas lebih mengutamakan kenyamanan, beda jauh dah rasanya ! Beruntung, Saya bisa langsung segera dapat feelnya… Riding positionnya terasa lebih rileks (bukan lebih nyaman) dibanding old CB150R, mungkin karena posisi setangnya yang kali ini lebih tinggi.

 

Posisi panel speedometernya juga ngepas, meskipun ukurannya mungil… Saat riding di sore atau malam hari, Mungkin kita akan terhibur dengan model speedometer full-digital nya yang mewah & futuristik (dan bisa sekalian buat show off juga tuh di lampu merah, xixixi). Tapi saat riding diterpa terik matahari, Saya rasa bakal sebaliknya…. Terlebih area takometer nya yang cukup mini.

 

 

 

All New Honda CB150R : Lebih Mendetail !

 

 

New Honda CB150R Facelift

 

Putar kunci kontak ke posisi ON, sambil menekan tombol stater, Saya langsung disambut suara knalpot yang cukup merdu ala New CB150R Facelift. Kalau dibandingkan dengan versi lawas, Versi terbaru ini lebih senyap & smooth – ketimbang old CB yang terdengar cukup garing… Dan nggak cuma knalpotnya, Mesin New CB150R Facelift ini juga terasa lebih senyap & halus ketimbang Old CB150R…

Vibrasi & gerungan mesinnya juga terasa lebih halus dibanding New Sonic 150R yang terasa di RPM 6000-7000, sampai akhirnya mesin menggerung hebat di kitiran 10.000 RPM (Kalau saya pikir-pikir lagi, Sepertinya “limit” di New Sonic yang sudah saya bahas di Artikel silam itu semakin terbukti kebenarannya deh)… Jauh lebih menggerung dibanding CBR150R K45 di angka RPM yang sama.

 

Suspensi : Bagian ini terasa “Allright“, Ngepas, Sistematis, dan Terstruktur… Haiyaahh ! Performa nya ngepas banget buat penggunaan sehari-hari, nggak terlalu keras dan juga nggak terlalu empuk. Bantingannya saat diajak cornering di sekitar jalur TMII juga anteb dan mantap. Saya jadi serasa Riding CBR150R Lokal K45, tapi dalam feeling ergonomi yang berbeda. Jempol buat Honda #eh AHM…

Rem : Performanya juga bisa diandalkan, Meskipun jelas nggak se istimewa rem MotoGP… Kaliper 2 Pots yang disandangnya kali ini benar-benar nggak memalukan. Joss ! Bingung mau nulis apalagi, Bagian yang dibahas di poin ini hampir semua nya terasa bagus.

 

 

New CB150R Facelift : Performance Test

 

 

 

New Honda CB150R Facelift 21

 

Nah, Giliran bagian yang paling ditunggu-tunggu oleh Brosist sekalian nih… Seperti biasa, Saya mau tekankan disini, Test Performa yang saya lakukan sesuai dengan apa yang Bro & Sist butuhkan untuk kebutuhan sehari-hari… Kalau mencari topspeed sampai berapa ratus km/h, atau cornering sampai 60 derajat lebih, silahkan mampir ke blog lain saja karena ngak bakal ditemui disini. Deal ??

Masuk ke gigi 1 dan lepas kopling, hentakan torsinya juga sudah kerasa Bro-sist ! Colek gas sitik, Jos ! Ban depan langsung serasa ogah berteman dengan aspal. Nggak pake lebay ini mah, ciyuss… Hentakan torsinya terbilang liar untuk motor 150cc 4-Tak dengan bobot 136 Kg, meskipun jelas nggak seliar Ninja 2-Tak. Coba buka gas lebih dalam, Langsung over rev sampai ngeberebet. Fyuhh… Saya langsung lupa kalau motor ini bukan K45 ataupun CBR CBU yang asik diajak mengerung di High-RPM. . .

 

 

New Honda CB150R Facelift

 

Hentakan tenaga dari gear-per-gear New CB150R Streetfire Facelift terasa solid dan mantap ! Coba kejar-kejaran dengan Old CB150R yang dibawa pemimpin grup pun terasa sangat pede. Bahkan dengan mudah overtake, meskipun posisi saya datang dari belakang. Saat coba adu akselerasi dengan Sonic 150 pun, CB Facelift masih mampu melayani dengan mudah… Meskipun kita ketahui bersama perbandingan bobot keduanya bak bumi-langit. Power to Weight Ratio yang berantakan akibat berat badan saya yang makin nggak karuan (jangan salahkan motornya, salahkan ridernya yang makin gendut, wkwkwk) pun tertutup dengan sempurna. Good Job AHM !!

Sayang, Entah karena saya yang terlalu antusias betot gaspoll, atau memang karakternya bukan sesuai dengan keinginan saya… Nggak terhitung berapa kali saya over rev bawa CB150R Facelift ini. Ya, sampai ngebrebet. Jika Brosist “Purist” seperti saya, Mungkin bakal ngerasain hal yang sama, Percaya deh ! Ibarat lagi enak-enak memandangi Aura Kasih, tiba-tiba istri atau pacar datang, Bubar deh… Subjektif sih, Tapi itu yang saya rasakan.

Top Speednya gimana Kang ? Karena waktu pengetesan CB sudah terlampau sore, dan jalanan makin padat, Seingat saya cuma berhasil sentuh 100 km/h saja tuh Brosist… Maaf ya kalau nggak sesuai dengan keinginan.

 

 

Bagaimana Performanya kalau dibanding dengan versi lawasnya Kang Eno ?? Jika dibanding versi Old (dalam kondisi standar), New CB150R jelas satu tingkat memberikan pengalaman berkendara yang lebih mantap. Performanya terasa superior untuk basic mesin yang disandangnya, Undersquare alias Overstroke… Bukan mesin Oversquare (Overbore) layaknya Old CB yang karakternya justru dibuat nyeleneh, dengan alasan mengejar akselerasi – yang akhirnya faktor “fun to ride” nya berakhir nyeleneh pula. Kalau dibanding New Vixion Advance ? Saya cuma pernah lihat dan colek NVA langsung, Belum ada yang mau meminjamkan untuk digeber gaspoll… Kalau dibanding New Vixion Lightning, Saya jelas lebih prefer CBR150R K45 #eh.

 

Untuk karakteristik handling & kestabilan, Motor ini jelas Honda banget. Nurut diajak selap-selip, Pokoknya khas naked honda banget deh… Untuk pemula yang baru coba motor batangan, Saya sarankan hati-hati saat mencoba geber langsung dari gear 1… Hentakannya liar, meski tak seliar Ninja 2-Tak pastinya… wkwkwkwk 😀

 

 

 

Dan akhirnya selesai sudah ! Itulah kesan, pandangan, review, dan apalah namanya itu tentang New CB150R facelift… Secara desain, Naked Bike 150cc terbaru Honda ini memang menawarkan value yang jauh lebih hebat ketimbang pendahulunya. Kaki-kaki gambot yang (sayangnya) nggak Plug n Play dengan versi lawas, Sentuhan desain anyar yang tegas dan tajam, plus fitur-fitur terbaru yang ditawarkan, membuat sosoknya semakin layak beli dan memanaskan persaingan di kelas Naked Bike 150cc. . . Begitupun secara performa, Karakter mesinnya terasa “ngepas” dan menawarkan faktor “fun-to-ride” yang lebih dibanding pendahulunya tersebut, bahkan jika dibanding dengan Kompetitornya sekalipun.

Secara keseluruhan, All New CB150R hadir lebih “Advanced” ketimbang pendahulunya… Jika dibandingkan dengan kompetitor, Naked Bike terbaru ini memang sedikit lebih “Wah” berkat fitur terbaru yang disandangnya, Namun menjadi tidak terlalu istimewa mengingat harganya yang lebih dari 25 Juta (Gile lu Ndro !). Kehebohan saat bocorannya membanjiri dunia maya memang mengundang perhatian. Tapi, heboh sebagai sosok yang jauh lebih fantastis dibanding versi lawasnya. Bukan jauh lebih fantastis dibanding kompetitornya…

 

 

Note :

 

Unit Test : All New CB150R Streetfire – Macho Black

BBM : ??

Oli : ??

Rider : Kang Eno (enoanderson)

Tinggi Badan : 175 cm

Berat : 80 Kg

Riding Gear : Pinjeman AHM (#Sambil nangis di pojokan nggak dikasih gratis)

 

 

Baca Juga yang Lainnya yaa Bro & Sist. . .

 

 

New Honda Sonic 150R Test

Test Ride New Honda Sonic 150R, Fun-Tas-Tic Bike !

 

CBR150R Korban CB150R Facelift

Bagaimana Nasib New CBR150R (K45), Pasca Hadirnya CB150R Facelift ?

 

New Honda Sonic 150R

Apa Aja Sih Kelebihan & Kekurangan Fisik New Honda Sonic 150R ?

 

CB150R Facelift & SOnic 150

Kita Memasuki Era “Overstroke”, Honda CB150R Facelift & Sonic 150R

 

Iklan Honda Jadul

Ini Dia Trik Honda Menguasai Amerika, Eropa & Dunia !

 

Jupiter MX Velg Jari-jari 3

Duel Kelas Bebek Super, Racun “Mematikan” Untuk Anak Muda ?

 

Yamaha DT-1

Teknologi Masa Kini, Teknologi Masa Gitu ?

 

38 comments

Tinggalkan Balasan