Advertisements

Apa Aja Sih Kelebihan & Kekurangan Fisik All New Honda CB150R Facelift ?

 

New Honda CB150R Facelift

 

Kehadiran All New Honda CB150R Streetfire Facelift ke pasaran, mengundang ekspresi beragam dari para pecinta otomotif di Indonesia. Ada yang senang, takut, ngiler, kesal, siap bobol tabungan, siap merayu istri, pacar, selingkuhan #eh, dan lain sebagainya… Kehadirannya juga mampu membuat ketar-ketir plus panas dingin dua kubu sekaligus, yakni kubu Yamaha dengan New Vixion – Series nya… serta pihak yang notabene sesama Honda sendiri, yakni pemilik Old CB150R Streetfire (parah banget ya, baru 2 tahun sudah dibilang “Old” product).

Tapi yang jadi pertanyaan terbesarnya, Benarkah All New Honda CB150R Facelift sebagus itu ? Apakah kata-kata mutiara yang berbunyi “Newer = Better” itu benar adanya ? Nah, untuk membuktikannya, EA’s Blog bakal berikan review keseluruhan tentang Sport 150cc terbaru dari AHM tersebut. Kali ini, Kita akan mulai dari review Kelebihan & Kekurangan Fisik New CB150R Facelift… Cekdiswanaut !!

 

 

New Honda CB150R Facelift : Overall Desain

 

 

New Honda CB150R Facelift

 

Saat pertama kali foto full New Honda CB150R Facelift bocor ke ranah media (seperti yang bisa dilihat di gambar diatas), Saat itu EA’s Blog berfikir “Wah, Desainnya koq begini ya ?”… Ada bagian yang terlihat “maksa”, serta ada beberapa bagian yang nggak banget. Khususnya bagian depan yang terlihat over jangkung, dan tutup body samping (entah apa itu nama kerennya) yang masih mirip Old CB150Rtoo bad ! Entah itu hanya pandangan saya saja atau memang banyak yang berfikir demikian.

Tapi saat bertemu aslinya di pelataran parkiran area TMII…. Waooww, Ternyata… Sama aja tuh…! Hanya ada beberapa bagian yang memang lebih bagus dilihat secara langsung, ketimbang pelototin fotonya depan layar Handphone / PC. Contohnya Headlamp yang memang futuristik, Area tangki-shroud-mesin yang kekar & bagus kalau dilihat langsung meskipun kehilangan aura gambot khas overbore, Serta bagian buritan-stoplamp (yang katanya fendernya bisa dilepas itu, bukan ngajarin alay loh ya) ternyata cukup seksi juga. Nggak seseksi Aura Kasih sih pastinya… Tapi tetap, Area body samping penghubung antara tangki-buritan itu nggak enak banget dilihat, Sumfeh.

Untuk mengambil angle foto terbaik dari All New CB150R, Jelas butuh usaha lebih… Karena nggak semua bagian motornya masuk kategori fotogenic.

 

New Honda CB150R Facelift

 

Overall desainnya Tajam nan agresif, keluar jauh dari ciri khas Sport Honda seperti biasanya… Kalau saja tidak ada keterangan brand & produknya, Mungkin Brosist bakal terkecoh saat membandingkan Ninja 150-Naked dengan New CB150R Facelift (Ninja disangka Honda, CB150 Facelift disangka Kawak). Satu lagi, Entah desainer CB150R Facelift – Sonic 150 itu-itu juga, atau entah desainer keduanya pada janjian… Tapi kalau dibandingkan dengan kompetitor terdekat (NVL-Satria), filosofi desain CB – Sonic itu sama persis. Tajam !

 

Perbandingan desainnya dengan New Vixion Advance gimana Kang Eno ? Gampang ! Kalau suka desain Naked-Bike agresif, futuristik, nan tajam bak motor Kawasaki #eh, New CB150R Facelift lebih oke… Tapi kalau suka desain sporty, ganteng, nan mengalir, New Vixion adalah trendsetter desain yang brilian ! Mirip Pulsar 200NS nggak Kang Eno ? Mirip, Tapi cuma yang warna kuning versi modifikasinya aja… Versi standar kalau lihat langsung beda euy, jauh lebih tajem si CB.

Nah, Gimana kalau dibanding  CB150R Lawas Kang Eno ? Ya, “pajauh-pajauh” alias Jauh kemana-mana kang, Beda 2 tahun tapi desainnya ibarat beda 1 dekade… Masing-masing selera loh ya. Jangan komplain ke saya yang nulis demikian, Saya sih cuma nulis apa-adanya, Komplain ke yang bikin aja langsung…

 

 

Detail New Honda CB150R Facelift

 

 

 

New Honda CB150R Facelift

 

Di sisi detail, Ubahan dari versi lawas ke New CB150R Facelift itu buaannyaak banget… Saking banyaknya, sampai-sampai New CB Facelift itu ibarat cuma “nebeng nama” versi lawasnya saja. Secara rangka/frame beda (meskipun kelihatan sama), body beda, mesin beda, kaki-kaki beda, desain beda, harga juga ikutan beda (baca : makin mahal).

Detail New CB150R Facelift gimana ?? Ada yang bagus, ada yang standar-standar aja, dan ada juga yang kurang koq Bro-Sist… Yuk, Kita list satu persatu :

 

– Kaki-Kaki : Velg nya Mantap !! Model 5 Palang Y-Spoke tapak lebar itu bikin greget, Apalagi kalau nantinya di cat ulang pakai warna glossy yang terang, Wuih, Bikin ngiler euy… Karet bundarnya menggunakan IRC Road Looser #eh Winner ukuran 100/80-17 Depan & 130/70-17 di Belakang, yang pastinya kudu diganti kalau mau diajak rebah-rebah… Tapi untuk penggunaan standar seperti test EA’s Blog kemarin sih so fine-fine aja. Lagipula saya kurang suka rebah-rebah… Motor pinjeman soalnya.

 

– Plastik & Cat Body : Keseluruhan Oke ! Cat glossy nya sekarang makin banyak. Kualitasnya standar ala AHM… Meskipun demikian, Ada juga sisi minusnya, Terutama di plastik yang di finish kulit jeruk dekat sambungan tangki-setang… Persis dengan Sonic 150, Sepertinya para ownernya kudu melapisi bagian ini dengan cutting sticker, atau yang demikian deh supaya nggak cepat pudar…

 

New Honda CB150R Facelift

 

– Frame : Facelift ternyata bukan cuma namanya aja. Model, plus Kualitas las-lasannya pun ikut difacelift ! Menurut AHM saat sesi tanya jawab sih, Framenya terdapat banyak ubahan jika dibanding versi terdahulu, untuk menyesuaikan dengan mounting mesin baru. Yang paling jelas beda perbedaannya, Tuh sekarang udah ada sub-frame depan yang berbahan alumunium, menggantikan pipa besi di versi sebelumnya. Las-lasanya juga sekarang sudah sedikit lebih rapi (ingat, cuma sedikit), Tapi masih jauh banget kalau dibandingkan dengan CBR-CBU. Di CB150R Facelift sudah nggak ditemui lagi adanya titik-titik las yang mengganggu pemandangan… Menurut salah satu penuturan orang AHM (sebut saja bunga bangke), Saat ini pengerjaan las nya di pabrik sudah dibantu oleh robot… Entah robot gundam, power rangers, atau apalah itu.

 

– Suspensi : Suspensi depan dibekali Garpu Teleskopik dengan sentuhan cat hitam doff, Sementara dibelakang kita bisa melihat monoshock berwarna merah yang dipadu dengan unit Pro-Link khas Honda sejak jaman dulu kala… Bantingan suspensinya terasa ngepas. Nggak soft, nggak stiff juga… Kalau pernah membawa CBR150R Lokal (K45), Nah rasanya mirip banget ! Cuma ergonomi nya saja yang membedakan feeling-nya, yang besok bakal kita kupas lebih dalam.

 

– Jok : Bye-bye Old CB150R…. Kali ini Jok CB150R Facelift lebih empuk signifikan kalau dibandingkan dengan versi lawasnya. Bagian jok untuk riders juga disesuaikan, menyempit di bagian yang menghadap tangki. Secara visual sih memang rada gimanaaaa gitu, Tapi waktu naik diatasnya, baru kerasa deh nyaman (pake) banget, dan membantu buat yang berpostur kurang dari 170cm, serta pastinya nggak bikin (maaf) bokong-selangkangan cepet cape.

 

– Bagasi : Ada space sedikit di bagian belakang dibawah tempat duduk boncenger, entah muat atau nggak tuh buat simpan jas hujan… Sebenarnya ada space juga sih dibawah jok riders, tapi sekali lagi ada bacaan begini nih Brosist “Dilarang menaruh barang yang bisa menutupi saluran udara”… Naahh loh, bingung deh saya mau jawab apa… wkwkwkwk 😀

 

New Honda CB150R Facelift

 

– Tuas Gear & Footstep : Footstep depannya asik, posisinya juga ngepas banget buat kenyamanan rider. Yang lebih yahud lagi, bisa dilipet plus ada karet yang empuk juga, Josss ! Sayang, tuas gearnya membuat AHM terkesan pelit – cuma dikasih besi tuas gear saja, padahal kompetitornya (NVA) sudah dibekali tuas gear yang lebih keren (ada pencungkilnya)… Footstep boncengernya persis dengan Sonic 150, hanya saja besi penopang nya dilas ke rangka – bukan menggunakan alumunium yang bisa dilepas layaknya CBR K45.

 

– Knalpot : Nah, Buat yang seneng gonta-ganti knalpot racing, New CB150R Facelift mendukung nih karena udah dibekali knalpot model slip-on… Meskipun demikian, Model knalpot standarnya juga keren pake banget koq ! Cuma minus finish chrome aja tuh. Tapi mengingat kompetitornya juga nggak difinish chrome, Jadi knalpot CB Facelift jelas lebih ganteng !

 

 

Fitur

 

 

New Honda CB150R Facelift 6

 

– Speedometer Full-Digital : Model Speedometernya keren abis ! Mungil nan Lancip. Sudah dibekali Takometer, Speedometer, Odometer, Trip A, B & Jam Digital… Minus Gear positioning saja, Layaknya yang ditemui di Sonic 150. Sayang, untuk siang hari saya mendapati area takometer RPM nya terlalu mungil sehingga sulit dilihat. Masa iya ridernya disuruh deketin mata terus ke speedo nya, Nabrak dong… heheee

 

– Lampu LED : Yang ini saya kehabisan kata-kata… Keren abis deh pokoknya ! Lampu depan tajam, bertingkat dengan cahaya putih yang memancar… Stoplamp juga sudah dibekali LED dengan model yang lumayan seksi kalau dilihat langsung. Untuk pancaran cahaya Lampu LED nya, Mohon maaf nih EA’s Blog nggak sempet ngetes euy. . .

 

– Secure key Shutter : Posisinya diubah, dari Setang ke tangki – dengan magnet yang menutup otomatis saat kunci ditarik. Udah deh nggak usah blablablabla, Model ini niru banget New Vixion. Sekali lagi, Jangan salahkan saya yang nulis demikian, Salahkan pabrikannya yang naruh kunci kotak disitu… Kan masih banyak tempat lain tuh, Di deket headlamp bisa, deket behel tanduk belakang bisa, atau deket shroud juga bisa – sekalian buat gantungan sayur waktu belanja… Asal jangan deket polsek saja.

 

 

 

Nah, Gimana ?? Sudah jelas banget kan segala kelebihan & kekurangan All New CB150R Facelift nya ? Kalau memang masih ada yang mau ditanyakan, Silahkan diutarakan di kolom komentar aja ya Bro & Sist… Nggak kerasa, ngetik + merangkai 1000++ karakter itu bikin mumet juga euy 🙁 , EA’s Blog angkat jempol deh buat para pujanggawan jomblo-ers yang doyan bikin kata-kata indah waktu pedekate-in cewek, wkwkwkwk. . . Oke, Berikutnya seperti biasa, kita akan bahas tentang Review Test Ride CB Facelift ini secara kumplit, plus perbandingannya dengan Old CB150R juga. . . So, Keep pantengin terus EA’s Blog yaa……

 

 

New Honda Sonic 150R Test

Test Ride New Honda Sonic 150R, Fun-Tas-Tic Bike !

 

New Honda Sonic 150R

Apa Aja Sih Kelebihan & Kekurangan Fisik New Honda Sonic 150R ?

 

CB150R Facelift & SOnic 150

Kita Memasuki Era “Overstroke”, Honda CB150R Facelift & Sonic 150R

 

Iklan Honda Jadul

Ini Dia Trik Honda Menguasai Amerika, Eropa & Dunia !

 

Jupiter MX Velg Jari-jari 3

Duel Kelas Bebek Super, Racun “Mematikan” Untuk Anak Muda ?

 

Yamaha DT-1

Teknologi Masa Kini, Teknologi Masa Gitu ?

 

CBR150R Korban CB150R Facelift

Bagaimana Nasib New CBR150R (K45), Pasca Hadirnya CB150R Facelift ?

Advertisements

130 comments

Tinggalkan Balasan