Sang Legenda Pensiun, Kawasaki Ninja 150 2-Tak Stop Produksi

 

Ninja 150 2-Tak Discontinue

 

Dalam kurun waktu 1 dekade terakhir, Mungkin tak ada yang mampu menyaingi kedigdayaan Kawasaki Ninja 150 2-Tak – Series (SS, R, RR) dalam hal price-to-performance… Memang ada sih, beberapa Motor legend lain semisal NSR150, RG150, ataupun TZM150, Tapi semua yang EA’s Blog sebutkan tadi sudah lebih dulu pensiun. . . Ya : Stop Produksi atau bahasa kerennya, Discontinue !

Sayangnya, berita yang menyedihkan justru hadir baru-baru ini, Sang Legenda 2-Tak Modern yang sudah lama malang melintang memperjuangkan para “speedfreakers” melawan ganasnya serbuan motor 4-tak terbaru, Terpaksa kini harus mengikuti jejak seniornya tersebut, seperti yang pernah EA’s Blog beritakan sebelumnya di : Kawasaki Masih “Berat Hati” Stop Produksi Ninja 2-Tak ! . . . Sebuah kabar yang menyedihkan bagi para Pecinta kecepatan sejati, Ninja 150 2-Tak akhirnya terpaksa Discontinue. . .

 

Ninja 2-Tak, The Legend !

 

 

Ninja RR

 

EA’s Blog sudah rada bosan menjelaskannya, dan mungkin Brosist sekalian juga sudah rada bosan membacanya… Tapi mau dikata apa lagi, Nama “Ninja” adalah sebuah fenomena tersendiri di Industri Roda 2 Indonesia. . . Meskipun harus bersaing dengan sederetan nama motor lain yang kuantitas penjualannya bisa 5 – 10 kali lipat dibanding produk andalan Geng-Ijo ini… Tapi nama yang dikenal sebagai motor Keren, Kencang, dan Seolah mampu menaikkan level “Pride” bagi pemiliknya,  Adalah Ninja !

 

Ninja 2-Tak di mata EA’s Blog  juga merupakan salah satu Inovasi Inspiratif dari Kawasaki, Model ini tak hanya mengukir kesuksesan tinggi bagi Kawasaki dengan angka penjualannya yang mantap… Tapi juga mampu membuat Pabrikan berjuluk geng-ijo ini nampak paling “prestige” atau paling “berkelas” dibanding Kwartet Produsen Motor Jepang lainnya. . .

 

 

Apa yang Spesial dari Ninja 2-Tak ?

 

 

Kelebihan Ninja 2-Tak

 

Terus, Apaan sih yang membuat Kawasaki Ninja 150 2-Tak – Series ini begitu fenomenal Kang Eno ? Sebenarnya, Jawaban komplitnya sudah saya tulis komplit di Artikel Alasan Memilih Kawasaki Ninja 150 2-Tak ! Tapi biar afdol, Yuk kita recap. . .

Jawaban pertama, Pasti seperti yang sudah sedikit saya singgung diatas… Yup, Lantaran Ninja 150 2-Tak punya nilai Price-to-Performance yang paling tinggi di kelasnya. . . Dalam kondisi sama-sama standar, Performa Ninja 150 2-Tak memang jauhhhhh diatas motor 150cc 4-Tak lain… Bahkan masih bisa 11-12 lawan motor 250cc 4-Tak dalam kondisi sama-sama standar. . . Jujur, Setelah saya terbiasa bawa motor 150cc 4-Tak (CB150R, CBR150R CBU, CBR150 K45, Old Vixion & NVL), Sekalinya dikasih geber gaspol Ninja 2-Tak sampai Redline Gear 6 mentok itu rasanya super-duper exciting Bro ! Cobain deh…..

 

Ninja SS Red

 

Disamping Price-to-Performance, Saya juga menemukan poin keunggulan lainnya dari Sang Ninja 2-Tak yang mungkin banyak diantara kita yang nggak “ngeh”… Pertama, adalah Kualitas ! Coba bandingkan cat yang ada di sekujur tubuh Sang Ninja (cat body, frame, kaki-kaki, dll) lalu bandingkan dengan yang ada di motor 150cc lain ? Jawabannya, Menurut saya masih lebih bagus Ninja. . .

Kedua, Coba bandingkan finishing chrome yang ada di motor-motor 150cc yang ada sekarang (Atau kalo perlu ikutin sekalian yang katanya super-value dan mau dilaunch tuh #nunjuk CB150R Facelift)… Mana yang lebih banyak ? Jawabannya, Sudah Pasti Ninja 2-Tak ! Siapa yang paling sedikit, Tebak-tebakan yuk Brosist, Menurut saya Jawabannya CB150R Facelift (sambil nengok setang nya yang hitam-legam). . . Mau saya lanjut ngomongin soal Quality ? Udah jangan ah, Nanti empunya motor terbaru pada ngomelin saya di kolom komentar… wwkwkwk 😀

 

Ninja RR SE 30 Years

 

Lanjut, Ninja 2-Tak juga punya Harga Jual yang Stabil, Bahkan cenderung tinggi, Apalagi di daerah-daerah pinggiran seperti tempat saya ini. . . Dari berbagai survey & analisa yang bisa EA’s Blog kumpulkan dari FJB, SosMed, Situs Jual-Beli Online, Maupun sharing yang diberikan Rekan Blogger Lain, selama hampir  1 semester kebelakang, Harga Ninja 150 2-Tak relatif sangat stabil loh Brosist ! Entah apa yang bakal terjadi setelah kabar Ninja 2-Tak Discontinue ini… Apakah bakal menurun harga pasarannya. Atau malah seperti yang ditakutkan, Harganya melambung tinggi layaknya kasus “Sang Raja” alias RX-King. . .

Dan yang tak kalah penting, lantaran masih mengusung mesin 2-Tak yang sudah terbukti bandel dan minim perawatan… Maka Ninja 150 – Series juga punya biaya perawatan & biaya upgrade (baca : oprek) yang relatif lebih terjangkau, dibanding motor 4-Tak modern lain – dengan unsur elektronikanya yang serba klik-klik-klik, tapi bikin dompet tercekik. . . Dan untuk keunggulan lainnya menurut sudut pandang Brosist sekalian, Mangga atuh Kang – Neng, Mas, Bro, Sist, Gan, Om & Tante… dishare di kolom komentar. . .

 

 

 

Well. . . That’s It ! Setelah hampir 2 dekade mengalami masa pasang-surut ditengah pasar Roda 2 indonesia (Karena dulu pernah santer kabar Ninja atau motor 2-Tak lainnya nggak boleh masuk Ibukota DKI Jakarta), Akhirnya sang legend Kawasaki Ninja 150 2-Tak pun harus pensiun lantaran gagal lolos emisi EURO 3 yang ditetapkan pemerintah. . . Sebagai Gantinya, Kawasaki sudah menyiapkan duet Ninja RR Mono – Z250SL yang tak kalah mumpuni dalam urusan performa. . .

Tapi dalam fakta aslinya, Kawasaki Ninja 150 2-Tak jelas tak akan tergantikan dengan 2 Produk anyar tersebut… Sama seperti motor 150 2-Tak legendaris lainnya yang juga tak mampu diganti dengan produk-produk terbaru yang kini bersaing ketat di Pasaran. . . Kenapa ? Karena (lagi) kita kehilangan Motor yang mampu Memacu Adrenalin, Membangkitkan Excitement, dan Memuaskan Hasrat Speedfreakers dalam arti yang sesungguhnya, Ninja 150 2-Tak…….

 

 

Kawasaki Ninja 150 2-Tak Discontinue

 Many of us grew up riding these fast, lightweight, cheap machines, and our memories of them are probably clouded by all the fun we had on them (and perhaps all that exhaust smoke has damaged our 4-stroke excitement). – enoanderson (Kang Eno) –

 

 

 

Baca Juga yang lainnya ya Brosist. . .

 

 

Eno With Ninja 150SS 2

Ini Alasan Memboyong Edisi Terakhir Kawasaki Ninja 150 2-Tak !

 

Eno With Ninja 150SS Main

Ini Alasan Untuk Memilih Edisi Terakhir Kawasaki Ninja 150 2-Tak ! #2

 

Ninja RR SE

The Story of Legendary Ninja 150 !

 

Ninja R-SS & Z250SL 2

Layakkah Kawasaki Z250SL Menggantikan Ninja 150 R/SS ?

 

Ninja RR & Ninja RR Mono 3

Kawasaki Ninja 150RR Segera Discontinue, Sudah Layakkah Penggantinya ?

 

Ninja 150 4-Tak Merah

Kawasaki Main di Kelas 150cc 4-Tak, Why Not ?

 

Japanese 2-Strokers

The Story of Japanese 2 Strokers !

 

Inovasi Inspiratif Kawasaki 2

Ini Dia Berbagai Inspirasi Inovatif dari Kawasaki !

27 comments

Tinggalkan Balasan