About these ads

Ducati Cruiser, Skutik Eksotis Ala Pabrikan Merah !

 

Ducati Cruiser Main

 

Menganggap isi Artikel ini adalah Ducati Diavel si Power Cruiser itu ? Oke, Lupakan dulu yaa Brosist… Karena kali ini yang akan kita bahas adalah Skutik koq ! Iya ciyuss skutik. . . Pabrikan Asal Italia, Ducati, terkenal dengan moge-moge eksotis dengan mesin L-Twin Desmodromic nya, seperti Ducati 916, Monster, Multistrada, hingga yang terbaru, Panigale-Series. . . Namun dibalik moge mahal tadi, Ternyata Pabrikan yang identik dengan warna merah terang tersebut juga pernah bikin skutik loh Brosist !! Yup, Namanya adalah Ducati Cruiser, yang sekaligus akan kita kupas tuntas di kesempatan kali ini. . . Cekidots !

 

Ducati Cruiser

Ducati Cruiser 4 Ducati Cruiser 5 Ducati Cruiser 7

 

Tak ingin kalah dengan pabrikan senegara nya seperti Lambretta & Vespa… Tahun 1950 silam, Ducati memutuskan untuk memasuki pasar skuter yang saat itu sedang berkembang pesat. . . Setelah melakukan riset & mengembangkan berbagai teknologi terbaru, Akhirnya lahirlah sosok Ducati Cruiser yang diperlihatkan pertama kali di Ajang Milan Show, Tahun 1952 silam. . .

Hadir di pasar skuter, Ducati saat itu mengklaim Cruiser punya segudang inovasi terbaru dibanding skuter Pabrikan tetangganya yang telah sukses dipasaran… Beberapa yang diekspos Ducati adalah Skuter Italia pertama yang menggunakan Mesin 4-Tak ramah lingkungan, Skuter Italia pertama yang menerapkan Transmisi Otomatis (Matic), serta pastinya Skuter pertama yang diproduksi Pabrikan asal kota Bologna ini. . .

 

Ducati Cruiser 3

 

Di sektor desain, Ducati sampai harus menggaet Ghia, Ahli desainer Mobil Mewah Roda 4 untuk development estetika Ducati Cruiser. . . Hasilnya ? Ciamik Brosist !! Skutik pertama Ducati ini tampil begitu menggoda dengan Tampilan stylish, mewah, elegan, plus warna yang cerah. . .

 

Ducati Cruiser 6

 

Sektor mesin, Giliran Giovanni Fiorio yang unjuk gigi… Berbekal mesin 4-Tak 175cc, 3-Speed Automatic, OHV, Ducati Cruiser mampu memuntahkan tenaga hingga 12 HP loh Brosist ! Apalagi, Skutik ini juga menawarkan sesuatu yang baru di kancah skutik italia, yakni Konsumsi BBM lebih irit, Emisi gas buang yang lebih bersahabat, Serta lebih mudah dipakai karena ber-transmisi otomatis. . .

Namun, Akibat regulasi pembatasan kecepatan skutik (speed limit) yang hanya 50 Mph (80 Km/h)… Akhirnya, tenaga skutik stylish ini dikurangi menjadi hanya sekitar 7,5 HP doang tuh Brosist. . .

 

Sebagai tambahan, Ini dia Spesifikasi Detail Ducati Cruiser, Alias skuter pertama dari Ducati… Cekdisot !

 

Manufaktur : Ducati Motor Holding S.p.A

Model : Cruiser 175

Tahun Pembuatan : 1952 – 1955

 

Engine : 4-Tak, Silinder Tunggal, OHV (Pushrod)

Bore x Stroke : 62 x 58 mm

Kapasitas Silinder : 175 cc

Sistem Penyuplai BBM : Karburator Dell’Orto MA18

Rasio Kompresi :  7,5 : 1

Transmisi : 3-Speed Automatic

Starter : Elektrik Starter

Max Power : 12 HP @ 5.600 RPM (7,5 HP Restricted)

 

Berat Kosong : 134 Kg

Ban Depan : 2.45 – 10 Inch Pirelli

Ban Belakang : 2.45 – 10 Inch Pirelli

 

 

 

Well. . . Sayang sungguh sayang, Meskipun mengusung berbagai Inovasi terbaru, Namun Ducati Cruiser justru gagal bersaing dengan Nama Besar Skuter macam Piaggio Vespa ataupun Lambretta. . . Teknologi mesin yang digunakan Ducati saat itu dinilai terlalu kompleks alias rumit… dan you know, Sedikit mendahului jamannya. . . Akibatnya, hanya sekitar 2.000 unit yang diproduksi… Dan kini menjadi salah satu rare item motorcycle dengan label Ducati ! Oleh karena itu, Rasanya tak berlebihan bila EA’s Blog memberikan Tagline :

 

” Ducati Cruiser, The Ill-Fated Exotic Scooter ! “

 

Ducati Cruiser 2

 

Baca Juga yaa Brosist. . .

 

 

916 2

Ducati 916, Motor Legendaris Karya Desainer Kelas Dunia !

 

Kawasaki EL250 Eliminator 250 11

Kawasaki Eliminator 250, Sosok Ninja 250 Dalam Bentuk Cruiser !!

 

Lamborghini Motorcycle

Lamborghini Pernah Membuat Sepeda Motor ?? What !!?

 

Harley Davidson Topper

Harley-Davidson Topper… Loh, Ini Beneran Harley ??

 

Honda Juno 8

Honda Juno, Skuter Pertama dari Pabrikan Sayap Mengepak !

 

Yamaha SC-1 2

Yamaha SC-1, Skuter Pertama dari Pabrikan Garputala !!

 

Vetter Mystery Ship 6

Vetter Mystery Ship, Si Langka yang Unik & Inspiratif !

About these ads

Tinggalkan Balasan