Advertisements

Yamaha F1ZR, Bebek Tangguh nan Fenomenal Di Masanya !

 

Yamaha F1ZR Main

 

Setiap sepeda motor yang wara-wiri di Jalanan, pasti punya cerita tersendiri dimata pemiliknya… Mulai dari cerita suka, duka, tawa, tangis, semuanya kadang meninggalkan kenangan tersendiri di motor kesayangan. . . Oleh karena itu, Kali ini EA’s Blog akan membuka sebuah rubrik baru di Blog sederhana ini, yaitu My Historical Bike, Cerita tentang segala memori bersama motor kesayangan Brosist… yang tentu akan kita bahas bersama dengan seluk-beluk dan sejarah asli motor itu sendiri. . . Termasuk yang akan kita bahas di edisi perdana ini, Yakni sosok bebek “tulen” nan powerfull dari Pabrikan Garputala, Yamaha F1ZR. . .

Oke deh, Langsung aja kita bahas bareng-bareng Brosist, Story Yamaha F1ZR bersama dengan Kisah pemiliknya, Bro Sulistiyono atau yang dikenal sebagai Bro Bureng Retak di Facebook. . . Cekdisot !

 

Yamaha F1ZR 3

 

Yamaha F1ZR adalah Sosok Bebek andalan Yamaha yang pertama kali dilahirkan sejak tahun 1997, hingga masuk masa pensiun di tahun 2004-2005 atau sekitar 10 tahun silam. . . Motor yang bertampang sporty dan dibekali desain yang bersudut lancip ini, memang pernah menjadi idola di kancah sepeda motor nasional… Lantaran desainnya yang Sporty Abis & Performa yang mentereng, apalagi jika dibandingkan dengan motor bebek 110cc masa kini. . .

Itu juga yang mempengaruhi saya, yang memimpikan bisa memiliki motor bebek tulen ini sejak kecil. . . Sampai akhirnya mimpi itu jadi kenyataan di tahun 2003, ketika dibelikan Yamaha F1ZR oleh Orang tua tepat saat masih berada di kelas 3 SMP. . . Sastro, adalah panggilan ku pada sosok motor yang dulu pernah akrab disapa “Posh One” atau dibaca “Poswan” oleh para pecintanya. . .

 

 

Yamaha F1ZR Tangguh

 

Yamaha F1ZR alias Sastro milikku setia menemani hingga lulus SMK tahun 2006, atau tepat setahun setelah masa produksinya berakhir di Indonesia… Beberapa saat kemudian, Sastro kuajak merantau beratus-ratus kilometer ke Cikampek sampai akhir tahun 2008 silam. . . Setelah kembali ke kampung halaman, saya sempat dilanda kebingungan saat mencari pekerjaan… Hingga akhirnya bersama kakak, saya buka usaha kecil-kecilan membuat keripik tempe, makanan khas Ngawi. . .

Saat itu, Sastro alias Yamaha F1ZR ku adalah satu-satunya kendaraan operasional yg ada. . . Mulai dari beli bahan baku, sampai mendistribusikan keripik tempe hasil buatanku yang segitu buanyaknya, semuanya kujalani bersama Motor bermesin 110 cc berpower 10,7 PS ini. . . Alhamdullilah, usaha sedikit demi sedikit berkembang… Meski tak semulus yang dibayangkan, karena saya juga masih menanggung barang sisa yang cukup banyak. . . Tapi setelah berjalan 1,5 tahun menjalani usahaku dengan dibantu motor kesayangan, aku sudah bisa merasakan hasil jualan kripik tempe bareng si Sastro.

 

EA’s Blog Story !

Dengan penggantian Knalpot Racing plus Sedikit sentuhan Karburator, Karakter Power Yamaha F1ZR ini bisa langsung berubah loh Brosist ! Ini yang dulu dirasakan EA’s Blog, sewaktu menjajal kehandalan performanya saat masih duduk di bangku SMA silam. . .

 

 

Yamaha F1ZR Tangguh 2

 

Pada tahun 2010, aku sudah bisa memboyong 2 motor lainnya untuk menemani Yamaha F1ZR, yakni Yamaha Mio Sporty & Kawasaki Ninja 150 R… Tapi kehadiran Ninja tak berlangsung lama, karena 2 tahun kemudian Ninja terpaksa kujual lantaran jarang terpakai, dan sebagai biaya tambahan membeli motuba Daihatsu Esspas lansiran 1995 yang tak lain kubeli untuk mempermudah belanja bahan baku & mengantar keripik tempe buatanku. . .

Meski ada sosok motuba yang sukses kuboyong berkat ketangguhan Yamaha F1ZR mengawal usaha kecil-kecilan ku, Tapi sampai sekarang pun Sastro masih ku ajak jualan tempe, meski tak sesering dulu tentunya. . . Sekarang mungkin barulah kusadari, Mengapa dulu motor ini sangat tenar diajang balap “pasar senggol“… Karena memang sudah kubuktikan sendiri, betapa lincah, gesit, tangguh & bandelnya motor pabrikan garputala yang satu ini. . .

 

Yamaha F1ZR Tangguh 3

 

Sejak saat itu, Alhamdulillah ekonomi keluargaku semakin membaik… Itulah alasan kenapa Yamaha F1ZR menjadi motor kesayanganku, dan tak akan pernah tergantikan. . . Karena sudah sangat banyak kisah suka & duka yang telah dilalui bersamanya. . . Sampai-sampai, untuk biaya pernikahan hingga kelahiran puraku yang pertama, itu tak lain berkat jualan tempe bersama Sastro, Yamaha F1ZR andalan ku yang sangat tangguh dan tak kenal lelah menemaniku menuju hidup yang lebih baik seperti sekarang ini. . .

 

 

Nah, Sebagai tambahan bagi Brosist sekalian… Ini dia Spesifikasi Detail Yamaha F1ZR, Bebek tangguh dari Pabrikan Garputala. . . Cekdisot !

 

Manufaktur : Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI)

Model : F1ZR

Tahun Pembuatan : 1997 – 2004

 

Engine : 2-Tak, Air-Cooled YPCS, Silinder Tunggal

Bore x Stroke : 52 x 52 mm

Kapasitas Silinder : 110,4 cc

Sistem Penyuplai BBM : Karburator Mikuni VM20

Rasio Kompresi : 7,1 : 1

Transmisi : 4-Speed

Starter : Kick & Elektrik Starter

Max Power : 10, 54 HP @ 7.500 RPM

Max Torsi : 10, 7 N.m @ 6.500 RPM

 

Dimensi PxLxT : 1.870 x 670 x 1.040 mm

Jarak Sumbu Roda : 1.190 mm

Tinggi Jok : 750 mm

Jarak Terendah ke Tanah : 135 mm

Berat Kosong : 95 Kg

Kapasitas Tangki BBM : 4, 5 Liter

 

Frame : Tube-Underbone Frame

Suspensi Depan : Teleskopik Fork

Suspensi Belakang : Dual Shock Absorber

Rem Depan : Cakram Hidrolik, Kaliper 2 Piston

Rem Belakang : Drum Brake (Tromol)

Ban Depan : 2.50 – 17

Ban Belakang : 2.75 – 17

 

 

 

Well. . . Itulah Kisah yang telah di share oleh Bro Sulistiyono alias Nggace alias Bureng Retak via Facebook pribadi EA’s Blog. . . Jika melihat dari kisah diatas, EA’s Blog tak heran jika hingga saat ini Yamaha F1ZR tetap dianggap sebagai yang terbaik & tak tergantikan di mata pecintanya. . . Sosoknya yang Keren, Sporty, Everlasting, plus dipadu dengan Mesin Maknyus serta Tangguh… Membuatnya memang layak disebut salah satu yang terbaik di kancah bebek tulen Indonesia. . . Oleh karena itu, Rasanya tak berlebihan bila EA’s Blog memberikan Tagline :

 

” Yamaha F1ZR, Simply The Best “

 

Yamaha F1ZR 2

 

 

Oke, Sampai disini dulu kisah My Historical Perdana dari EA’s Blog… Bagi Brosist sekalian yang punya kisah tak kalah menarik bersama motor kesayangannya, Silahkan langsung aja ketik ceritanya saat waktu senggang, lalu kirimkan ke EA’s Blog via E-Mail, Facebook Pribadi (Ericko Anderson), atau bisa juga via Facebook Fanspage EA’s Blog. . . Semoga kisah Bro Bureng Retak bersama Yamaha F1ZR nya yang bernama Sastro ini bisa menjadi inspirasi bagi Brosist lainnya yaa… Kita bertemu lagi di lain kesempatan, See Yah !!

 

Yamaha F1ZR Tangguh 3

 

Yamaha F1ZR milik Bro Bureng Retak 2003-2015, Masih Mulus !! Special Thanks to you Bro, Inspiring Story ! Terima kasih juga dan sebuah kebanggaan bagi EA’s Blog pribadi, telah memberikan nama putranya dengan nama depan EA’s Blog, Ericko Sandy Sulistyo. . . 2 Thumbs Up for you Bro !!

 

 

Baca Juga yaa Brosist. . .

 

 

Tiara 6

Yamaha Tiara 120, Ayago Eksotis nan Legendaris dari Yamaha !

 

Touch4

Yamaha Touch 125, Slim, Ringan, Kencang !

 

TZM

Yamaha TZM 150, Perpaduan Eksotisme & Kebengisan

 

Yamaha SRV 250 Custom Yellow

Yamaha SRV250 Renaissa, 250cc V-Twin ala Cafe-Racer !!

 

YZF1000R Thunderace 5

Yamaha YZF1000R Thunderace, Eksotisme dari Negeri Sakura !

 

YZF750R Main

Yamaha YZF750R, YZF Series Pertama di Dunia !

 

 

SDR200 5

Yamaha SDR200, Saat Yamaha Menciptakan Monster !!!

 

FZR Main

Mesin V-Twin 150 cc Ini, Punya Yamaha Apa Yaaa ?

 

Yamaha SRX250 8

Yamaha SRX250, The Xtreme 250cc Single !!

 

Yamaha FZX250 Zeal 14

Ini Dia Evolusi Sport 250cc Yamaha, Dari Masa ke Masa !

 

FZR Frontside2

Yamaha FZR250R, 250cc Super Bengis Andalan Yamaha !

 

TZR

Yamaha TZR250SP, Eksotisme Tingkat Tinggi !

Advertisements

64 comments

Tinggalkan Balasan