Advertisements

Jenis Sepeda Motor : Skuter & Skutik, Sang Fenomena yang Tak Terbendung !

 

 

Era Baru 1980-an – Sekarang !

 

 

Honda CN250 Helix

...

Honda CN250 Helix !

 

 

Memasuki era 1980-an… Skuter kembali memasuki sebuah era baru, dimana kini tampilannya didesain lebih sporty, dan mesinnya mulai beralih dari 2-Tak ke 4-Tak yang lebih ramah lingkungan, dengan Transmisi Otomatis (Skutik) yang lebih ramah dan tak merepotkan. . .

Sebuah titik baru di Dunia Skuter dimulai kala Honda memperkenalkan Honda CN250 Helix yang merupakan Big-Scooter/Maxy Scooter/Tourer Scooter pertama di dunia. . . Mengusung mesin yang jauh lebih powerfull ketimbang skutik biasa, dan ergonomi yang sangat nyaman (selonjoran style) baik untuk sehari-hari ataupun jarak jauh… Honda CN250 menjadi sebuah Trademark baru bagi Skuter dengan ukuran gambot. . . Dan akhirnya Skutik Gambot pun terkenal dan justru sangat digemari di Pasar Eropa & Amerika dengan kesan Premium serta kemudahan dalam pengoperasiannya. . .

 

Scooter In Taiwan

Kondisi Skuter di Taiwan…… ckckck

 

 

Meskipun demikian, Skuter yang berpostur mungil tak pernah kehilangan penggemarnya… begitupun dengan Sang Vespa. . . Bahkan Skutik dengan postur mini tersebut semakin digemari, terlebih di Pasar Benua Asia dengan jumlah penduduk yang luar biasa banyaknya. . . Sebagai contoh, Taiwan yang berpenduduk 23 juta jiwa, tercatat ada 11 juta skuter yang resmi beredar disana… Wedyaaaann !! Itu berarti skuter sangat digemari, dan punya rasio 2 orang per 1 skuter !! Bahkan dijadikan transportasi andalan disana. . .

 

Bagaimana dengan Indonesia ?? Yaa nggak beda jauh koq Brosist… Dari hampir 8 juta motor yang terjual di 2014 kemarin… hampir sebagian besarnya adalah skuter/skutik ! So, sekarang percaya kan kalau skutik adalah sebuah Fenomena ?

 

 

Kelebihan Skuter !

 

 

Vario 150 Jawa Timur EA's Blog

 

 

Apa aja sih kelebihan Skuter, sehingga mampu diidolakan banyak kalangan & penjualannya Fantastis ?? Nah, Berikut adalah Kelebihan Skutik yang berhasil dianalisa oleh EA’s Blog. . . Cekidots !

 

 

Terjangkau !

 

 

Skutik

 

Tak ada yang mampu menyanggah yang satu ini. . . Skuter (Kecuali Big Scooter) adalah kendaraan mungil, ringan, yang relatif sangat terjangkau oleh Masyarakat, bahkan bagi kelas menengah-kebawah sekalipun…! Berbeda dengan Jenis motor lainnya yang dibanderol jauh lebih bikin pusing kepala, dan dompet pastinya. . . Selain harganya, Biaya perawatan skutik juga jauh lebih terjangkau bagi semua kalangan. . .

 

 

Efisien & Fungsional !

 

 

Oplos Pertamax & Premium

 

Faktor kedua mengapa skuter begitu diterima adalah karena Efisiensi BBM nya yang mumpuni. . . Skuter jaman sekarang tentu bukanlah skutik jadul yang masih bermesin 2-Tak, atau 4-Tak yang masih boros BBM seperti 10 tahun silam. . . Dengan berbagai teknologi yang sangat cepat berkembang (karena pasarnya juga sangat besar), Skuter kini menjelma menjadi sebuah kendaraan yang sangat ramah di kantong untuk urusan BBM. . .

Selain itu, Skuter juga dikenal dengan sisi fungsionalitas nya yang kental. . . Untuk dibawa mengisi kegiatan sehari-hari oke, selap-selip diantara kemacetan kota-kota besar oke, untuk dibawa saat berbelanja oke, untuk keperluan ringan di sekitaran tempat tinggal juga oke !

 

 

Praktis !

 

Vespa Ride

 

Nah, Ini dia yang menjadi keunggulan secara praktek antara Skuter dengan jenis motor lainnya. . . Skuter (dalam hal ini yang otomatis) adalah kendaraan yang paling ringkas, dan mudah dikendarai, sekalipun itu bagi para pemula… Kalau kata bahasa kasarnya sih, Tinggal isi bensin, Pencet starter, Gas, Rem, Gas, Rem, Nyampe deh tempat tujuan ! 

Sekalipun yang ber-transmisi manual, Pasti lebih mudah dibanding jenis motor lain, karena transmisinya berada di tuas handle kiri. . . So, Sudah sangat komplit kan untuk mengantarkan skuter sangat populer seperti sekarang ini ??

 

 

 

Well. . . Secara pandangan EA’s Blog sebagai pemerhati dunia Otomotif Roda 2, Sebenarnya pasar skuter layak berterima kasih kepada sosok Piaggio Vespa. . . Kenapa ? Karena secara tak langsung, Vespa lah yang memperkenalkan desain, prototype & konsep yang ada dalam diri skutik masa kini. . . Sosoknya yang Friendly, Easy-to-Use, Nyaman, Efisien, & Terjangkau, adalah yang membawa skuter bisa tenar seperti sekarang ini. . .

 

Nah, Semoga Artikel sederhana ini bisa menambah wawasan Brosist sekalian seputar serba-serbi skuter yaa… Karena EA’s Blog yakin banget, pasti ada salah satu pembaca artikel ini yang merupakan pengguna skuter/skutik. . . So, Jangan berkecil hati bila diledek skuter hanya sebatas motor wanita, atau sebagainya… Karena dibalik sosoknya yang simple dan ringkas, Terdapat sebuah Karakter dan konsep yang sangat kuat, dan menjadikannya Fenomena seperti yang sekarang terjadi di Indonesia tercinta ini. . .

 

So, Pengguna Skuter/Skutik… Angkat Komentarmu Brosist !!

 

 

Spacy with Eno Main

 

Baca Juga yaa Brosist. . .

 

 

Honda Juno 2

Honda Juno, Skuter Pertama dari Pabrikan Sayap Mengepak !

 

Yamaha SC-1 3

Yamaha SC-1, Skuter Pertama dari Pabrikan Garputala !!

 

Harley Davidson Topper 8

Harley-Davidson Topper… Loh, Ini Beneran Skutik Buatan Harley ???

 

wpid-honda-beat-fc50-cute.jpg

Ini Dia Sosok Honda Beat FC50, Sang Leluhur Honda Beat !!

 

Vario 150 Testride

Testride New Honda Vario 150, Skutik Tetaplah Skutik !

 

Dazz 12

Testride TVS Dazz, Skutik Mungil dengan Ability Mumpuni !!

 

Uji Suspensi Vario 150

Apa Aja Sih Kelebihan & Kekurangan Fisik New Honda Vario 150 ?

Advertisements

Tinggalkan Balasan