Jenis Sepeda Motor : Skuter & Skutik, Sang Fenomena yang Tak Terbendung !

 

Scooter Main

 

Skuter adalah Fenomena !! Kalimat yang cocok untuk menggambarkan kondisi Skuter di Indonesia. . . Ya gimana nggak, Lahwong dari hampir 8 juta unit motor yang terjual 2014 kemarin, Skutik adalah yang paling berkuasa koq Brosist ! Naked-Bike lewaaat, Sport bike juga jauh banget… Apalagi jenis motor yang cukup jarang di Indonesia, seperti Tourer Bike, Adventure Bike, Dual-Sport, Sport Tourer, ataupun Cruiser Bike. . .

Nah, ngomongin soal Skuter… Sebenarnya Apa sih penjelasan & kelebihan jenis motor yang satu ini sehingga bisa begitu diterima di Indonesia ?? Bagaimana aspek historis nya ?? Nah, langsung aja kita bahas yuk Brosist… Cekidots !

 

 

Apaan sih Skuter ?

 

 

Skuter 1

 

Secara klasifikasinya… Skuter atau yang sering disebut Skutik untuk transmisi otomatis, adalah jenis sepeda motor yang nemiliki frame depan rendah (underbone), serta dilengkapi area pijakan kaki rider yang luas dan berbentuk bidang datar. . . Skuter dan Motor bebek (Underbone), kadang disebut sebagai sosok yang sama, karena memiliki banyak persamaan… Padahal aslinya nggak demikian tuh Brosist !!

Baik Skuter ataupun Underbone/Bebek memang sama-sama punya rangka Step-Through alias Underbone, Dibekali tangki di bawah jok, dan Sama-sama dijejali mesin berkubikasi kecil. . . Namun keduanya punya perbedaan yang kontras di area pijakan kaki (skuter lebih lapang), dek penyimpanan barang di bawah dashboard depan & posisi mesin keduanya (skutik dibelakang tulang frame underbone/dibawah posisi Jok, sementara bebek di tengah-tengah frame underbone). . .

 

 

J300 6

 

Big Scooter / Maxy Scooter adalah sebutan untuk Skutik dengan ukuran gambot dan mesin yang juga berukuran lebih besar ketimbang skutik biasa, yakni 250cc ke atas… Jadi kubikasi (cc) dibawah 250cc, masih masuk kategori Scooter biasa yaa Brosist, hanya desainnya saja yang mengacu kesana. . .

Big Scooter sejauh ini lebih ditujukan untuk pasar Eropa & Amerika… Sementara Skuter biasa di develop dan dikembangkan untuk pasar Asia. . . Adakah hubungannya dengan ukuran fisik ? Entahlah…. Tapi sepertinya sih ada benarnya. . .

 

 

Scooter, The History !

 

 

Era Awal – Perang Dunia !

 

 

Scooter Gens

 

Konsep pertama skutik, Sudah ada sejak awal tahun 1900-an silam, Tepatnya tahun 1902, saat Auto-Fauteuil asal Prancis membuat sepeda motor yang dibekali Frame underbone, Pijakan kaki luas & posisi duduk yang nyaman. . . Trend pun berubah, Seiring dengan diluncurkannya ”Motoped” & “Autoped” di tahun 1915 silam. . . Kedua motor yang justru lebih mirip skuter teletubbies ini, dipercaya sebagai awal mula ketenaran Skuter di dunia. . .

 

Di masa Perang Dunia I, Permintaan skuter semakin tinggi. . . Walhasil, Perkembangan skuter pun terasa cukup cepat dan signifikan (bisa diamati pada gambar diatas). . . Banyak pemain baru yang menawarkan produknya, seperti Skootamota, Unibus, Reynold, dll… yang lebih fungsional, modern, dan menggambarkan skutik masa kini. . .

 

Β Salzbury Motor Glide

Salsbury Motor Glide…

 

 

Perkembangan skuter kembali mengalami kemajuan saat memasuki era Perang Dunia II. . . Di era tersebut, yang paling terkenal adalah Salsbury Motor Glide… Tak hanya sebagai skuter pertama yang mengaplikasikan CVT (Continuously Variable Transmission) tahun 1938 silam… Tapi juga sebagai Trendsetter desain skuter hingga beberapa dekade ke depan. . .

 

 

 

Era Setelah Perang Dunia II

 

 

Vespa

 

Era setelah Perang Dunia II adalah momen dimana skuter mulai mendunia dan diidolakan oleh hampir semua bikers seluruh penjuru dunia. . . Pemain utama dalam pasar skuter di era ini adalah Piaggio Vespa… dengan jajaran Produknya yang fenomenal, sukses besar-besaran, dan seakan-akan menjadi “standar” tersendiri di kancah skuter dunia. . .

 

 

Vespa 98

 

Vespa begitu diterima karena desain nya yang elegan dan everlasting, alias tak tertelan jaman… serta berbagai keunggulan nya di masa silam. . . Beberapa diantaranya adalah material yang langsung didevelop dari divisi penerbangan, ability handling mantap, ergonomi bersahabat sekalipun bagi bikers berpostur pendek, mesin bandel, konsumsi bbm hemat, posisi mesin langsung berada di roda belakang sehingga minim perawatan Belt-Drive, Tuas pemindah persneling yang berpindah di handle kiri, dan seabrek keunggulan lain di masanya. . .

Kombinasi apik antara Otomotif, Dunia Penerbangan, dan Development desain yang luar biasa, menjadikan Vespa sebagai “Ikon” yang nyaris tak tergantikan di dunia skuter Internasional, bahkan hingga saat ini. . .

 

Yamaha SC-1 2

Yamaha SC-1

 

 

Kesuksesan Vespa bersama “konsep” yang diusungnya, kemudian menginspirasi Pabrikan dari belahan dunia lainnya, untuk membuat sosok skuter yang sangat friendly dan modern. . . Sebut saja rekan senegaranya, Italia, yakni Lambretta yang kemudian menjadi pesaing Vespa… Β Amerika dengan Harley-Davidson TopperJepang dengan Fuji Rabbit, Honda Juno, Mitsubishi Silver Pigeon, dan Yamaha SC-1Jerman dengan Heinkel-Scooter… Inggris dengan BSA Dandy & Triumph Tina… hingga India dengan kolaborasi ala India-Italia dalam Bajaj Chetak & LML Stella. . .

 

Lanjutkan Membaca >> Sejarah Era Baru & Kelebihan Skuter !

Β 

Tinggalkan Balasan