Spesial : Ini Dia Mitos & Anggapan Unik Seputar Roda 2 Kiriman Pembaca !

 

Mitos Unik

 

Di artikel Mitos & Anggapan Unik Dunia Roda 2 Silam… EA’s Blog sudah membahas tentang beberapa hal unik yang kadang sudah mendarah daging di konsumen tanah air. . . Nah, Tanpa diduga… Ternyata banyak pembaca & komentator Blog sederhana ini yang turut memberikan kontribusi loh Brosist. . . Mereka menyampaikan Mitos & Anggapan Unik yang beberapa diantaranya terlewat oleh EA’s Blog. . .

Penasaran apa sajakah Mitos seputar Roda 2 kiriman para pengunjung setia EA’s Blog tersebut ?? Yuk, Langsung aja kita cek Brosist…. Cekdisot !!

 

 

Makin Panas, Mesin Honda Justru Makin Bertenaga ??

 

 

Mesin CBR

 

Mitos ini masih sering EA’s Blog dengar dari beberapa kalangan Bikers tanah air. . . Yakni, Benarkah saat mesin motor Honda panas, Performanya bakal naik pesat ketimbang saat mesin adem ayem ?? Loh, Koq bisa gitu ya ?

 

Jawaban :

 

Ini adalah sebuah mitos yang bisa EA’s Blog bilang gokil banget ! Faktanya, Semakin panas mesinnya… Semakin overheat pula motor tersebut. . . Yang berarti performa bakal menurun, Oli berkurang, Konsumsi BBM meningkat, bahkan bisa berakibat mogok !!

 

Selidik punya selidik, Ternyata ini adalah Mitos Jadul yang terbawa-bawa sampai sekarang nih Brosist. . . Dahulu kala, Honda yang terkenal akan motor 4-Tak nya, memang terkenal Superior diantara kwartet Jepang lainnya yang rata-rata masih berbekal mesin 2-Tak. . .

 

Mesin New Honda Beat eSP 2016 2

 

Dan saat kwartet pabrikan jepang tersebut serentak beralih ke mesin 4-Tak (Sebelum ada teknologi pelapisan dinding silinder, seperti Diasil, Spiny Sleeve, dll)… Honda dinilai tetap yang paling efisien dalam pembuangan panas mesin. . .

Hal ini dikarenakan pada Produk Honda biasanya dilengkapi tebal blok silinder yang lebih tipis, serta liner silinder lebih dekat ke baut tusuk sate, dibanding Brand Motor lainnya (Contoh, Supra 100 vs Jupiter vs Shogun… Bahkan hingga ke generasi Mio Lawas vs Beat Karburator). . . Ini tentu punya plus minus tersendiri, Karena bagi para pakar Oprekers atau penggila Bore Up, Mesin Honda ini sulit untuk bisa dibore up ekstrim… Kecuali dengan metode headswap atau membuat blok silinder baru. . .

 

Kalau sekarang sih kenyataan nya, Apabila mesin motor melebihi suhu optimum yang dibutuhkan untuk Kinerja Mesin…. Pasti bakal mengalami gejala overheat, mesin tak bertenaga, bahkan bisa sampai mogok !

 

Baca Mitos Unik Selanjutnya >>Β Ban Tubeless Lebih Baik dibanding Ban Biasa ?

Β 

56 comments

Tinggalkan Balasan