Advertisements

Jenis Sepeda Motor : Cruiser Bikes, Original Style ala Amerika !

 

Cruiser Main

...

 

This is American Style ! Itulah kata yang sekiranya tepat untuk menggambarkan jenis motor yang satu ini. . . Setelah kita kupas tuntas jenis sepeda motor mulai dari Naked-Bike / Streetfighter, Sport Bike, Dual-Sport, Tourer, Adventure Bike, hingga Sport Tourer… Kali ini mari kita lanjutkan pembahasan tentang jenis motor selanjutnya, Yakni Cruiser Bike. . .

Penasaran seperti apa Penjelasan, Aspek Historis & Segala Kelebihan Motor yang identik dengan Bikers berjiwa “hardcore” asal Amerika ini ?? Yuk, Kita Intip Brosist…. Cekdiswanaut !!

 

 

Harley Davidson Softail

 

Cruiser Bike, Chopper, atau American Cruiser, apapun sebutannya…. Adalah Motor bergaya retro ala Amerika yang dulu terkenal oleh Pabrikan Indian & Harley-Davidson. . . Cruiser Bike juga seringkali disebut sebagai motor yang mudah untuk dicintai, karena dengan menungganginya, dianggap lebih eyecathing di jalan, dan dianggap mampu menambah keren para usernya. . .

Cruiser bike punya styling yang sangat unik… sulit untuk menjelaskannya. . . Tapi kita bisa lihat ciri khas nya, dimana model tangkinya cukup unik,Β  Tinggi Jok berada cukup rendah, knalpot megaphone, dan biasanya dibekali dengan warna gelap, serta finishing chrome yang cukup banyak…

 

Ciri-ciri yang terdapat pada Cruiser Bike yang membedakannya dengan motor lainnya adalah :

 

– Cruiser Bike punya ergonomi unik… Dimana posisi stang cukup tinggi (biasanya berada hampir setara dengan dada rider), dan posisi kaki yang rileks ke depan. . .

– Cruiser Bike punya sudut kemiringan suspensi (Suspension Rake) yang lebih besar (baca : miring) dari motor biasa…

– Cruiser Bike identik dengan mesin V-Twin atau Mesin berkonfigurasi V-Engine lainnya… Meski di era modern ini hampir semua konfigurasi mesin bisa digunakan, termasuk inline, boxxer, atau silinder tunggal sekalipun. . .

– Cruiser Bike punya aspek performa yang sangat unik… Dimana motor ini biasanya dibekali kubikasi yang besar, namun tak punya Power Maksimum yang mumpuni… melainkan ditujukan hanya untuk torsi & low-end power. . .

 

Secara kategori, Cruiser dibagi menjadi beberapa model, tergantung dari spesifikasi dan ciri khas yang diusungnya….

 

Original Cruisers

Biasanya diisi oleh produk asal Amerika Serikat… Tempat dimana motor ini berasal, dan mendapat kepopularitasan yang tinggi. . . Biasanya diisi dengan Model yang “Itu-itu aja”. . .

 

Power Cruiser

Diisi oleh Jajaran Cruiser yang punya Power cukup besar (bahkan setara sport bike), dan mengusung styling yang lebih user-friendly, serta handling yang lebih baik ketimbang cruiser biasa. . .

 

Chopper / Custom Cruiser

Adalah Cruiser Bike hasil modifikasi. . . Dimana sesuai namanya “Chop” , berarti memangkas bobot cruiser secara signifikan, dengan mencopot / memotong bagian tertentu. . . Choppers juga identik dengan frame dan suspensi depan modifikasi, yang terkadang justru membuatnya lebih sulit dikendarai. . .

 

Tourer Cruiser

Sosok gabungan antara Cruiser Bike & Tourer Bike. . . Cruiser ini dilengkapi dengan peralatan Touring lengkap… Seperti Box tempat penyimpanan, Sistem Navigasi, serta piranti lain yang mendukung untuk perjalanan jarak jauh. . .

 

 

The Short Story of Cruiser-Bike !

 

 

Harley Davidson WL

 

Seperti yang sudah sedikit disinggung diatas… Cruiser Bike adalah motor asli Amerika yang sudah ada sejak tahun 1930 silam. . . Saat Harley-Davidson “menyerah” untuk membuat motor Naked & Sport bike yang mumpuni… Merekalah yang kemudian mengembangkan jenis motor unik ini, bersama Pabrikan lain seperti Indian, Henderson & Excelsior. . .

 

Awal mula kepopuleran Cruiser di Amerika… dimulai saat para militer yang telah selesai bertugas di Eropa & Asia dalam perang Dunia II, pulang ke negara asalnya. . . Banyak diantara mereka yang ingin menjelajah tanah kelahirannya (Amerika) dengan menggunakan motor… karena mobil saat itu jauh lebih mahal dan belum setenar sekarang. . .

Sayangnya, Saat itu Produk motor Sport yang tersedia tak mampu memuaskan para mantan pejuang Amerika tersebut. . . Akhirnya, Harley-Davidson “Garbage Wagon” alias Tourer Cruiser yang berbody besar dan memiliki ergonomi yang lebih nyaman lah yang mereka pilih… Karena saat itu desainnya yang paling cocok untuk Touring menjelajah Amerika, serta sudah dilengkapi kotak penyimpanan di belakang. . .

 

Chopper 1970

Chopper di Era 1970’an. . . Busyeddd, Gimana bawa motornya yaa ?? πŸ˜€

 

 

Cruiser menjadi lebih familiar di tahun 1970 silam. . . Saat para user Harley & Indian mulai memodifikasi motornya secara ekstrim… yang kini kita kenal dengan nama Chopper ! Kepopuleran chopper atau custom cruiser secara tak langsung mengangkat pamor Harley beserta pabrikan cruiser lainnya. . .

Terlebih, Saat itu juga banyak Film yang mengekspos Cruiser bike beserta dengan customnya, Chopper. . . Walhasil, Cruiser pun semakin dikenal luas oleh konsumen Amerika… hingga dikenal sebagai “simbol” dari motor Amerika. . .

 

 

Lanjutkan Membaca >> Era Perang Power Cruiser & Aspek Kelebihan Motor Cruiser !

Β 

Advertisements

Tinggalkan Balasan