Advertisements

Spesial : Beberapa Fakta Sejarah Unik, Tentang Pabrikan Roda 2 !

 

Main Post

 

Sejarah dunia roda 2 beserta intriknya memang sangat menarik untuk dipelajari, atau setidaknya kita ketahui… Mulai awal berdirinya suatu pabrikan, jatuh bangunnya menghadapi era modernisasi, persaingan produk yang sensasional, hingga terciptanya sebuah mahakarya fenomenal, adalah beberapa kisah yang coba EA’s Blog ulik dalam rubrik Historical Bike. . .

Namun tahukah Brosist, Ternyata banyak sejarah unik yang terjadi di antara pabrikan roda 2 yang kini eksis ?? Penasaran untuk mengetahuinya ?? Yuk, Kita intip bareng-bareng aja Brosist…. Cekidots !!

 

Iklan Gila !

 

 

Brough Superior SS100

 

Pabrikan pertama yang mengiklankan produknya mampu menembus kecepatan 160 Km/h (100mph), Adalah Brough Superior lewat produknya SS100 tahun 1924 silam. . .

Kerennya, Setiap Brough Superior SS100 yang diproduksi harus lulus melewati tes jalanan hingga 160 Km/h… Dan motor 1000cc V-Twin tersebut, dites di jalanan umum loh Brosist. . . Lucunya, Jika tidak mampu mencapai 160 Km/h, Maka motor tersebut akan dikembalikan ke Pabrik untuk dirombak kembali. . .

 

 

Teknologi yang Hilang !

 

 

BMW

 

BMW adalah pabrikan pertama yang mengaplikasikan Suspensi Teleskopik Hidrolik di produknya, yakni BMW R12 lansiran tahun 1932.,, Bahkan BMW juga sampai mematenkan hasil karyanya tsersebut. . . Namun sayang, Jajaran motor BMW di era modern ini justru meninggalkan teknologi berharganya itu. . .

BMW juga mengklaim bahwa mereka telah menggunakan mesin berkonfigurasi Boxer (Flat Engine) di motor produksinya, sejak tahun 1923 silam. . . Namun, Mesin yang unik ini sempat distop produksinya tahun 1986… dan memutuskan untuk mengganti semua mesin produknya di masa depan dengan Mesin Inline-Triple & Inline-Four, yang mereka anggap jauh lebih canggih !! Lucunya, BMW justru gagal move on dan kembali ke mesin Boxer, yang bisa kita lihat pada jajaran produknya hingga saat ini. . .

 

 

Evolusi Pabrikan !

 

 

Ducati Radio

 

Percaya atau tidak, Banyak pabrikan roda 2 yang mengawali usahanya justru bukan dari dunia sepeda motor, atau sekalipun yang ada hubunganya dengan dunia roda 2 tersebut. . . Salah satu yang paling terkenal adalah pabrikan raksasa asal Italia, Ducati… Ducati justru mengawali usahanya di tahun 1935 silam, dengan menjual peralatan radio pemancar ! Namun siapa sangka, Kini mereka terkenal sebagai pabrikan roda 2 dengan mahakarya yang bernilai seni & eksotisme tinggi, plus desmodromic nya yang terkenal. . .

 

Beralih ke Negeri Sakura, Hal yang sama juga dialami oleh Suzuki & Yamaha… Seperti yang telah EA’s Blog bahas di Sejarah Pabrikan Suzuki, Mereka dulunya adalah produsen mesin tenun yang terkenal… Suzuki juga sempat beralih menjadi produsen persenjataan militer Jepang di era Perang Dunia II, yang membuat mereka sempat menjadi “buruan” pasukan Angkatan Udara Amerika Serikat. . .

Berbeda jauh dengan Suzuki, Yamaha justru memulai usahanya dari menjual alat-alat musik ! Saking merasuknya jiwa musik ke dalam pabrikan yang satu ini, Sampai-sampai logo pabrikan mereka pun adalah garputala… yang merupakan salah satu instrument alat musik ! Brosist Gak percaya ?? Coba Brosist lihat logo pabrikan Yamaha deh…. 😀

 

 

Inspirasi Bisa Darimana Saja !

 

 

??????

 

Nama Suzuki Hayabusa / GSX-R1300, Dipilih oleh Suzuki berdasarkan nama dari seekor hewan yakni Peregrine Falcon (Sejenis Elang), yang dalam bahasa jepangnya disebut Hayabusa. . . Pengambilan nama ini ditujukan untuk kecepatan Burung Peregrine Falcon yang mampu mencapai 320 Km/h saat memburu mangsanya… Persis seperti apa yang mampu dilakukan Suzuki Hayabusa. . .

Selain itu, Peregrine Falcon juga sosok yang ditakuti oleh Blackbird (Bahkan Peregrine Falcon juga memangsa Blackbird)… Lucunya, Ini juga menggambarkan kondisi real, Saat Blackbird (Honda CBR1100XX Super Blackbird) harus rela rekor motor produksi tercepat di dunia yang digenggamnya direbut oleh Hayabusa (Suzuki GSX-R1300 Hayabusa). . .

 

Bahkan ada juga yang beranggapan, Nama untuk Hyperbike Suzuki ini diambil dari pesawat Kamikaze (Bunuh Diri) Militer Jepang, yakni Nakajima Aircraft Ki-43 atau yang dikenal sebagai Hayabusa. . . Pesawat tersebut (saat itu) sukses meluluh lantakkan Pangkalan Pearl Harbour milik Amerika… Dimana nama pesawat perang Amerika yang dibuat setelah kejadian tersebut, dinamai Blackbird… Hummhh, Ada-ada saja yaa Brosist…

 

 

Copypaste !

 

 

Copypaste

 

Banyak Pabrikan roda 2 Jepang pada era Perang Dunia silam adalah sosok Copas (baca : penjiplak) yang ulung… Contohnya, Pabrikan Mizuho, Shin Meiwa, Katayama, Kitagawa, Showa, Mitsubishi, Rikuo, Daito Seiki, Iwata Industries, bahkan sekelas Yamaha juga. . . Meski kebanyakan dari mereka telah bangkrut, atau beralih produksi ke produk lainnya… Namun “trademark” Jepang dulunya adalah sosok penjiplak ulung dari sepeda motor Eropa & Amerika takkan pernah bisa dilupakan. . . Tak dapat disangkal, Hal ini lah yang membuat Industri Roda 2 di Negeri Sakura beserta Teknologinya berkembang pesat !

 

Ironisnya, Setengah abad kemudian… Industri Tiongkok justru melakukan hal yang sama, Dan sasaran utama jiplakannya adalah Jepang !! Yup, Seperti yang sudah EA’s Blog bahas di Artikel Sepeda Motor China, Mereka meng-copypaste dan mengembangkan seluruh aspek, mulai dari mesin, bodywork, frame, metalurgi, dll… Persis seperti apa yang dilakukan Jepang dahulu kala… Nah pertanyaannya, Mungkinkah Tiongkok juga akan menjadi sesukses kisah Pabrikan Jepang ??

 

 

 

Well. . . Sebenarnya masih banyak fakta & kisah unik dibalik sejarah dunia Roda 2 yang ingin EA’s Blog bahas… Sayang, Tangan EA’s Blog Cuma ada 2, dan jarinya Cuma ada 10 euy Brosist… wkwkwk…. Jadi keterbatasan mengharuskan kita berpisah sampai disini dulu yaa. . . Eits, Tapi tenang saja ! Fakta menarik lainnya akan kita bahas bersamaan dengan Artikel Historical Bike ala EA’s Blog yang on-air setiap hari rabu & sabtu. . . Jadi, tetep stay tuned terus bareng EA’s Blog terus yaa Brosist…

 

So, Fakta Unik seputar Sejarah Pabrikan Roda 2…

Do You Know It Bro & Sist ??

 

BMW Boxer Engine

 

Baca juga yaa Brosist….

 

MiniMoto Tak Hanya Sekedar Lucu, Tapi Juga Mendidik !!

Apa Warna Favorit Untuk Tungganganmu ? Ini dia Penjelasannya !!

Ini Dia Alasan Unik Mengapa Brosist Memilih Sepeda Motor !

Parade Motor 50 cc Yang Keren & Unik ala EA’s Blog !

Yuk Intip Barber Vintage Motorsports Museum, Koleksinya Ajib Brosist !!

Eropa VS Jepang !

Ini Dia Perbedaan MotoGP Jaman Dulu & Sekarang !

Ini Dia Evolusi Sport 250cc Yamaha, Dari Masa ke Masa !

Advertisements

Tinggalkan Balasan