Advertisements

Spesial : Apa Warna Favorit Untuk Tungganganmu ? Ini dia Penjelasannya !!

 

Main

 

Sepeda motor yang hadir ke pasar tanah air, biasanya dibekali dengan berbagai warna pilihan… Warna-warna tersebut, kemudian tinggal kita pilih sesuai dengan keinginan & selera kita. . . Terlepas dari itu semua, Ada beberapa pabrikan yang terkenal dengan warna “khas” yang seolah menjadi image produknya… Contohnya, Ducati dengan warna merah, Kawasaki dengan warna hijaunya yang legendaris, KTM dengan warna orange nya, serta BMW dengan warna putih yang sudah melekat dengan produknya….

Namun tahukah Brosist… Ternyata ada beberapa filosofi psikologis (begitu sebutan ilmiahnya) yang tersemat di setiap warna sepeda motor ?? Brosist penasaran ?? Langsung aja kita simak bareng-bareng yuk Brosist !! Cekidots….

 

 

Hitam (Black)

 

 

Yamaha YZF R3 6
Secara teknis, Hitam bukanlah warna utama… Namun merupakan gabungan dari seluruh warna, atau yang bahasa artistiknya disebut “absorption of color”. . . Akan tetapi tak dapat disangkal lagi, Hitam adalah warna terfavorit di sepeda motor sepanjang sejarah, khususnya untuk jenis motor cruiser. . . Banyak pabrikan yang mencoba warna dominan lain untuk jenis cruiser ini, Namun hasilnya ?? Gatot alias gagal total….

 

Secara psikologis (dalam konteks kendaraan), Hitam berarti kecanggihan, ketangguhan, dan kemewahan… Dan dalam dunia sepeda motor, Hitam dinilai sebagai warna yang paling seksi, untuk menggambarkan kecanggihan & keistimewaan motor tersebut. . . Warna hitam juga menjadi warna dominan yang dipilih oleh Bikers berusia 18-25 tahun, yang sedang berusaha mencari jati diri… Sayangnya, menurut studi di University of Kentucky mengenai kecelakaan yang menimpa sepeda motor vs mobil di Amerika, 36% diakibatkan karena pengendara mobil tak dapat melihat sepeda motor yang dibalut dengan warna hitam. . .

 

 

Putih (White)

 

 

BMW F800GT
Secara artistik, Putih diartikan sebagai refleksi dari seluruh cahaya, yang berarti refleksi dari seluruh warna yang ada… Namun di sisi lainnya, Putih juga diartikan sebagai minusnya warna ( kanvas berwarna putih sebelum dilukis dengan warna kan ? ), Nah atas dasar inilah Putih dinilai sebagai warna yang suci, atau sebuah awal baru untuk memulai sesuatu. . .

 

Namun, jika dinilai secara psikologis (dalam sisi kendaraan)… Putih selain memiliki makna kesucian, juga memiliki makna kesederhanaan, ketertarikan, juga fashion atau gaya, karena mudah di mix n’ match dengan warna lainnya. . . Warna putih bersih dinilai sebagai pendongkrak kesan cool (keren) sebuah motor di jalanan. . . Sayangnya di Indonesia, Pilihan warna putih (dalam suatu produk) justru sering diidentikkan dengan Indent yang Lama… Alias peminatnya tak sebanding dengan kapasitas produksinya. . . 😛

 

Merah (Red)

 

 

Panigale

 

Secara Artistik, Merah berarti Emosi yang kuat ! Merah juga sering dikaitkan dengan warna darah, yang berarti berani. . . Di dunia sepeda motor sendiri, Pabrikan Italia (Khususnya Ducati), Terkenal dengan produk sepeda motor berwarna merahnya yang legendaris !!

Secara psikologis (dalam dunia kendaraan), Merah berarti aksi yang berani, gairah tinggi, kekuatan & kecepatan… Ini juga masuk akal, mengingat Ducati memang dikenal sebagai pencipta motor dengan speed mantap. . . Selain itu menurut FOX News, Warna merah juga dikaitkan dengan sisi maskulinitas tinggi, yang identik dengan bikers laki-laki. . . Sementara, warna merah dengan intensitas lebih muda (merah muda/pink) dikaitkan dengan sisi feminine, atau identik dengan bikers wanita. . .

 

 

Lanjutkan Membaca >> Arti Warna Hijau, Biru, Kuning & Oranye di Sepeda Motor !

 

Advertisements

52 comments

Tinggalkan Balasan