Advertisements

Britten V-1000, Sosok Superbike Terbaik yang Penuh Kisah Inspiratif !

 

Britten V-1000 Main

 

Saat sepeda motor bertema kencang selalu diidentikkan berasal dari Jepang, Amerika atau Eropa, Seorang Insinyur Otomotif asal Selandia Baru pun tak mau kalah ! Namanya adalah John Britten, Seorang yang memang tergila-gila dengan dunia balap. . . Saat itu dengan hanya bermodalkan toolkit seadanya, John berhasil menciptakan sebuah motor balap (ciptaannya sendiri) yang pernah dielu-elukan sebagai ‘The Most Advanced and Sophisticated bike” di eranya. . . Woww, Sebuah julukan yang tak main-main bukan ???

Brosist penasaran seperti apa Detail, Aspek Historis & Pencapaian Motor Legendaris ini ? Yuk langsung kita bedah aja brosist…. Cekdiswanaut !

 

 

Lahirnya Sang Jagoan yang Rendah Hati !

 

 

John Britten & Britten V-1000 2

 

John Britten berhasil menyelesaikan motor ciptaannya pada awal tahun 1990’an, Tepatnya pada tahun 1991. . . Motor ini kemudian diberi nama Britten V-1000, Yang punya arti Britten V-Engine 1000cc. . . Percaya atau tidak, Pembuatan Britten V-1000 ini dilakukan di garasi pribadi halaman belakang rumah John, dengan hanya bantuan oleh toolkit sederhana, sumber daya (baca : keuangan) terbatas, serta beberapa orang yang antusias. . .

 

Namun siapa sangka…. Bagaikan mimpi di siang bolong, Motor balap ciptaan John Britten ini mampu mengasapi raksasa pabrikan besar dari Jepang & Eropa yang dibekali sumber daya melimpah, peralatan canggih, serta banyaknya Insinyur mesin kelas tinggi !! Ediiyaaaaannn !!

 

 

Detail ? Challenge The Century !!

 

 

Britten V-1000 4

 

Jika menilik aspek detail Britten V-1000, EA’s Blog sendiri seakan tak mampu mempercayai apa yang akan kita bahas. . . Yup ! Meski dengan keterbatasan, Namun Britten dibekali Teknologi yang Radikal serta Sangat Sophisticated loh Brosist !

 

Britten V-1000 2

 

Dimulai dari desainnya, Britten V-1000 diberi desain yang cukup nyentrik, Apalagi ditambah cat kombinasi warna biru-pink ( IMHO sih aneh πŸ˜€ ). . . John mencoba untuk memberikan tampilan yang berbeda, tanpa sekalipun mencoba desain konvensional (Sportbike standard). . . Alasannya ? John tak ingin mengubah sosok yang merupakan ciri Khas Britten, Yakni Radikal !! Meskipun desain radikal ini seringkali diterpa masalah, namun John tetap tak patah semangat ! Ia tetap kokoh dengan pendiriannya untuk sosok V-1000 ini. . .

 

Emang se-radikal apa sih Kang Eno ?? Okee…. Mari kita bahas !

 

Britten V-1000 5

 

Frame Britten V-1000 dijejali Frameless Desain (Stressed member engine), yang berarti motor ini hanya dibekali top-chassis tanpa rangka konvensional, dan Mesin adalah bagian dari sasis itu sendiri. . . Suspensi depannya menggunakan Girder-Suspension (Shock berlabel Ohlins) seperti halnya Ariel Ace, Suspensi ini memiliki bentuk yang sangat berbeda ketimbang suspensi biasa. . . Tak hanya itu, Bahkan Radiator alias Pendingin Cairan motor ini diletakkan di bawah Jok, seperti halnya Benelli Tornado-TRE yang melegenda !

Uniknya, Seluruh material yang EA’s Blog sebutkan tadi dibuat dengan material sekelas Carbon-Fiber alias Serat Karbon ! Bahkan, Velg-nya berbahan baku Carbon-Fiber serta Swing arm nya pun berbahan baku Carbon-Kevlar Composites yang super duper ringan tuh Brosist !! Walhasil, Superbike 1 Liter ini hanya berbobot sekitar 138 Kg saja Brosist !! Alias hanya se-ringan motor 150cc di Tanah Air….. Wedddyyyaaann !!!

 

FYI : Penerapan sasis & material berteknologi tersebut, baru terulang 23 tahun kemudian (2014) dalam diri Brough Superior Carbon 2 di ajang Moto2……

 

” It’s the world’s most advanced motorcycle ! And it’s not from Japan, Germany, Italy or America, ” – Cycle World

 

 

Lanjutkan Membaca >> Aspek Mesin, Spesifikasi, Pencapaian & Kisah Inspiratif John Britten !

Β 

Advertisements

54 comments

Tinggalkan Balasan