Advertisements

Yamaha Byson 250cc, Engine Swap Jepang – India – Tiongkok !

 

Yamaha Byson 250cc

 

Brosist sekalian…. Belakangan ini EA’s Blog sering kali mendengar Yamaha Byson yang sempat terekspose masuk ke dalam grup motor 150cc di Facebook. . . Sekalinya ada suatu postingan tentang streetfighter dari Yamaha ini, Yang dibahas pasti adalah hubungan antara tampilan standarnya yang macho nan kekar, Namun berpower minim nan impoten. . . Nah, Apa jadinya bila motor yang akrab dipanggil kebo tersebut dimodifikasi menjadi 250cc. . . Ini dia jawabannya, Yamaha Byson 250cc berpower 25 PS !! Cekidots Brosist….. !

 

 

Byson 250cc 2

 

Awalnya, Yamaha Byson 250cc ini EA’s Blog lihat di sebuah forum roda2 di India, yang merupakan tanah kelahiran streetfighter Yamaha ini. . . Motor 150cc dengan power 13 PS ini kemudian dimodifikasi menjadi 250cc, Lengkap dengan 6-Speed gearbox & power 25PS. . . Lantas, Apa ubahan yang membuat Byson India ini punya spek yang begitu besar ??

 

Yamaha Byson 250cc

 

Yup ! Ubahannya tak lain dan tak bukan adalah Engine Swap tuh Brosist ! Mesin Byson standard yang sering dibilang cungkring ini ditanggalkan, lalu dipasangkan mesin baru yang diorder langsung dari pabrikan asal negeri Tiongkok. . . Ubahan tersebut pun lantas membuat Yamaha Byson 250cc ini harus menggunakan pendinginan Liquid-Cooled, Plus penyuplai BBM yang lebih mumpuni ketimbang Byson biasa. . .

 

Yamaha Byson 250cc

 

Jika Brosist pernah membaca sebuah artikel tentang Mocin 250cc Yingang YG250NT, Maka Yamaha Byson 250cc ini tentu ada hubungannya dengan artikel ersebut. . . Yap, Pemilik Streetfighter dengan tampang kekar dan macho ini menggunakan mesin motor tadi untuk di swap ke rangka Byson miliknya. . . Pastinya, Ubahan ini tak langsung plug n play alias langsung pasang jadi ya Brosist…. Karena sang empunya pun mengakui harus menyesuaikan engine mounting plus segala tetek bengeknya, yang ternyata membutuhkan waktu sekitar 6 bulanan lebih. . .

 

 

 

Well. . . Modfikasi Yamaha Byson 250cc ini tentunya bisa dijadikan sebuah referensi ataupun inspirasi bagi para Bysoners tanah air yang tak puas dengan performa standar kebo tunggangannya. . . Kalau difikir-fikir sih, Tentunya ada benarnya juga yaa Brosist. . . Daripada harus mengeluarkan uang banyak untuk Bore-Up, Stroke-Up atau Ganti Paket Blok Silinder Racing yang kadang diragukan durability (daya tahan) nya…. Lebih baik sekalian ganti mesinnya dengan yang jauh lebih bertenaga. . . Paling, Masalahnya hanya tinggal engine mounting & pengurusan surat-surat kendaraan yang pasti harus dirubah. . .

 

So, Yamaha Byson 250cc …. Boleh Juga Nih Brosist !!

Yamaha Byson 250cc

Advertisements

51 comments

Tinggalkan Balasan