Advertisements

Pilih Naked-Bike ? Why Not !! Ini Dia Alasan Mengapa Brosist Memilih Naked-Bike !

 

Byson Hawk-Eye-Gold

 

Di tahun 2014 ini, Pilihan Sport Full-Fairing semakin beragam berkat hadirnya berbagai produk terbaru. . . Mulai dari yang Ergonomi nya Racy, Nyaman, dari yang berharga “relatif” murah hingga yang mahal pun tersedia. . . Nah, apakah ini tandanya Naked-Bike mulai ditinggalkan ? Jawabannya tentu saja Tidak !! Karena biar bagaimanapun, Naked-Bike tetaplah memiliki pesona dan keunggulannya tersendiri. . .

Nah, Apa saja sih alasan-alasan yang membuat orang memilih Motor Naked-Bike Kang Eno ?? Yuk, Kita intip jawabannya Brosist. . .

 

 

Modif Tiger

 

Sebelum kita memulai pembahasan kali ini, Mari terlebih dahulu kita kenali Apa itu Naked-Bike. . . Yup, Secara Harfiah Naked-Bike berarti Motor Telanjang ( Woowww, slurrpp #ehh πŸ˜› ), Namun arti ” Telanjang ” disini adalah Motor yang tampil tanpa sentuhan Fairing atau Penutup. . . Meski akhir-akhir ini Naked-Bike mulai banyak menggunakan Penutup kecil (Bahkan ada yang memanjang) atau yang sering disebut dengan “Shroud“, Namun tetaplah tak mengubah genre aslinya, Yakni Naked-Bike. . .

Naked-Bike sendiri terbagi menjadi beberapa type atau jenis, Yakni Naked-Streetfighter, Naked-Tourer, Naked-Cruiser, SuperMoto, Cafe Racer, dlsb. . . Untuk jenis diatas, Terserah Brosist ingin memanggilnya Apa, Yang jelas semua jenis motor diatas masih termasuk dalam keluarga Naked-Bike. . .

 

Nah, Terinspirasi dari sebuah artikel di Rideapart, Langsung aja yuk kita mulai aspek-aspek keunggulan dari Naked-Bike. . . Cekdisot !!

 

Aspek Harga !

 

 

NVL Vietnam

 

Nah, Jika dibandingkan dengan Motor lainnya yang berspesifikasi serupa, Harga Naked-Bike biasanya diposisikan di banderol yang paling rendah !! Brosist bisa melihatnya sendiri saat Ada beberapa Motor berbeda genre dalam satu Varian, Nah biasanya Naked-Bike lah yang paling terjangkau dalam segi harga. . . Hal ini bisa dipastikan karena Naked-Bike tak membutuhkan Full-Fairing, ataupun Half-Fairing seperti yang kita temukan pada genre lainnya. . . Keberadaan Fairing tersebut pastinya akan menambah Ongkos Produksi, Yang berimbas pada harga jualnya yang lebih mahal. . .

 

Contoh Realnya sih mudah-mudah saja, Tuh Brosist lihat saja antara Kawasaki ER-6N – Ninja 650R – Versys 650…. atau bisa juga Honda CB500F – CBR500R – CB500X….. Atau yang dekat-dekat saja, Yamaha New Vixion – R15 & Kawasaki Ninja RR Mono – Z250SL. . . Lihat perbandingan harga aslinya, Kawasaki ER-6N, Z250SL, Yamaha NVL & Honda CB500F yang bertipe Naked-Bike pasti dibanderol jauh lebih murah ketimbang Versi lainnya yang bergenre Full-Fairing ataupun Adventure-Bike. . .

 

 

Aspek Ergonomi !

 

 

CBSF Riding

 

Nah, Jika membahas tentang Ergonomi, Sudah Pasti Naked-Bike beserta dengan Banyak Jenisnya adalah juaranya dalam hal kenyamanan berkendara. . . Selain karena modelnya yang Ringkas, Posisi berkendaranya juga biasanya lebih nyaman ketimbang Sport lainnya, Terutama jika dibandingkan dengan sport genre Full-Fairing. . .

 

Aspek Ergonomi ini bukanlah hal yang sepele loh Brosist ! Pasalnya, Jika kita mengabaikan faktor ergonomi, Khususnya aspek kenyamanan saat berkendara, Maka kelelahan, pegel-pegel, atau sakit pinggang menjadi ancaman yang bukan tidak mungkin akan merembet ke hal lainnya. . . Apalagi, Jika kita doyan berkendara dalam situasi Touring Jarak jauh, Maka aspek ergonomi dan kenyamanan menjadi salah satu aspek yang penting. . . Tak hanya Touring saja, Bahkan Riding menghadapi situasi kemacetan kota-kota besar yang luar biasa pun, Ergonomi suatu Motor bakal berperan penting. . .

Nah, Disinilah keunggulan Naked-Bike, Selain Ergonominya lebih bersahabat, Posisi duduk dan jangkauan setang motor bergenre ini lebih bersahabat. . . Apalagi bagi Brosist yang sudah berumur dan menginginkan Motor Sport yang nyaman, Maka Naked-Bike ini tentunya bisa jadi pilihan. . .

 

Lanjutkan Membaca >> Aspek Bobot/Berat, Simplicity dan “Kontroversi” Desain….

Β 

Advertisements

53 comments

Tinggalkan Balasan