Advertisements

Suzuki G-Strider, Motor Yang Melampaui 1 Dekade Lahirnya Vultus !!

 

G-Strider Main

 

Saat Honda Vultus Alias NM4 dirilis ke pasaran, Banyak sekali reaksi yang diekspresikan oleh para pengamat otomotif. . . Ada yang memuji karena tampilan “futuristik” nya, Namun tak sedikit juga yang mencemooh lantaran desainnya terlalu ekstrim. . . Satu, Hal yang pasti ! Honda Vultus alias NM4 tetaplah menjadi sebuah idola baru, dengan desainnya yang tampil beda, unik, nyentrik, dan futuristik, di tengah pasar persaingan sepeda motor yang kian pesat. . .

Nah, Bagaimana bila ternyata 11 tahun silam sudah ada sepeda motor yang persis..siss..sisss seperti Honda NM4 Vultus ?? Ahh Yang bener kang Eno ? Apa itu Produk dari Pabrikan sayap mengepak juga ??

 

Jawabannya ADA koq Brosist !! Tapi uniknya, Produk tersebut justru bukan datang dari Pabrikan Sayap Mengepak, Melainkan dari Pabrikan yang terkenal dengan “Hayabusa” nya, SUZUKI. . . Oke, Mari sama-sama kita sambut bersama, Suzuki G-Strider, Sebuah Mahakarya Suzuki yang sudah ada sejak lebih dari 1 dekade silam !! Motor ini pertama kali diperkenalkan pada ajang Tokyo Motor Show, Tahun 2003 silam Brosist. . . Saat itu, EA’s Blog baru berusia 11 tahun tuh ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

 

NM4 & G-Strider

 

Yup ! Secara kasat mata, Styling motor ini memang sangat mirip dengan Honda NM4 Vultus. . . Berbeda dengan sang adik, Suzuki Biplane yang terkesan too-weird (baca : aneh banget), Desain Suzuki G-Strider justru lebih “masuk akal“, Namun tetap tak menghilangkan unsur Unik, Nyentrik, dan Futuristik yang dimilikinya. . .

Coba lihat dan amati lagi secara seksama deh Brosist ! Aura NM4/Vultus sangat terasa di sisi desainnya. . . Oke, jelasnya langsung kita absen aja ya Brosist…. Mulai dari guratan desain yang nyentrik & futuristik ? Sama, Area panel kemudi yang mewah dan futuristik? Sama, Seat Height alias Tinggi Jok yang rendah ? Sama, Backrest alias sandaran rider yang nyaman abis ? Sama, Lampu dengan spesifikasi Light Emitting Diode / LED ? Juga Sama !

So, Masih ada yang menyangkal kalau kedua motor ini kakak-beradik beda ibu-bapak. . . ?? wkwkwk ๐Ÿ˜€

 

 

G-Strider 2

 

Tak hanya desainnya saja yang identik loh Brosist ! Bahkan sampai ke sektor mesin juga keduanya memiliki ke-identikan. . . Keduanya, Baik NM4 Vultus dan G-Strider dibekali mesin Parallel-Twin Engine tuh Brosist. . . Bedanya, Vultus dibekali mesin 749 cc, sementara G-Strider dibekali mesin berkubikasi 916 cc. . . So, Dari perbandingan kubikasinya saja, kita sudah mampu melihat siapa yang lebih unggul dalam hal performa antara kedua motor nyentrik ini. . . Oiya, Inget yaa G-Strider dilahirkan 11 tahun silam loh Brosist…. !

 

Apakah hanya Itu saja ? Tentu saja Masih Ada yang Lainnya !!

Bahkan sistem transmisi dari kedua motor ini pun mirip alias identik Brosist. . . Keduanya sama-sama menganut sistem dual-clutch, yakni dapat dioperasikan manual layaknya motor sport & otomatis layaknya skutik. . . Suzuki menyebutnya Efficient Electronically-Controlled Continuously Variable Transmission, Sementara Honda menyebutnya DCT alias Dual-Clutch Transmission seperti yang juga digunakan di VFR1200F. . .

 

G-Strider 4

Inteligent Telematics

 

 

Woowww !! Ternyata Keren banget kan si Suzuki G-Strider ini ??

Bahkan, Suzuki G-Strider ini juga masih dibekali dengan seabrek keunggulan lainnya, Layaknya Inteligent Telematics (Berfungsi untuk Menginput kondisi terkini Motor ke dalam Chip Microprocessor yang terhubung ke Network), Self-Diagnosis System (Berfungsi untuk menampilkan gambar kondisi dibelakang motor ke display kaca depan yang diinput dari kamera, ribeet euuyy… Intinya mah gantinya kaca spion dengan kamera dan display live ke kaca depan), dan masih banyak fitur andalan yang susah dijelaskan lainnya. . .

 

G-Strider 5

Self-Diagnostic System

 

 

Nah, Ini Dia sedikit spesifikasi Suzuki G-Strider yang pernah ditampilkan di Tokyo Motor Show, 11 tahun silam. . . !

 

Suzuki G-Strider
Overall Length : 2.445 mm

Overall Width : 710 mm

Overall Height : 1.170 mm

Seat Height: 615 mm

Wheelbase: 1.800 mm
Engine Type : 4-Tak, Parallel-Twin, DOHC 8 valves (4 Valve per silinder), Liquid-Cooled

Kubikasi : 916 cc

Ban Depan : 140/60 – 17

Ban Belakang : 220/40 – 18

 

 

Well. . . Meski diketahui dan telah terbbukti memiliki spesifikasi yang lebih mumpuni ketibang NM4 Vultus. . . Namun, Entah mengapa pada kenyataannya, Suzuki justru tak mampu mewujudkan motor ini menjadi motor produksi massal. . . Hingga akhirnya, Saat ini kita hanya bisa mengetahui bahwa Suzuki G-Strider hanyalah motor konsep semata. . . Hal ini jelas berbeda 180ยบ dengan Honda NM4 Vultus yang telah terbukti mampu diproduksi massal oleh Pabrikan Sayap Mengepak. . . Padahal, Asli keren banget loh Brosist… Sudah baca sendiri ability nya kan ??

 

Meskipun demikian, Motor ini tetaplah layak untuk EA’s Blog berikan Tagline :

 

Suzuki G-Strider, Trully RADICAL

G-Strider 1

 

Oke, Sekian dulu yang bisa EA’s Blog share tentang Artikel Historical Bike pada kesempatan kali ini. . . Tetap stay tuned terus bareng EA’s Blog ya Brosist, Karena disini kita akan mengupas tuntas seluruh perkembangan dan seluk-beluk Roda 2, Tentunya hanya di Artikel History Ringan ala EA’s Blog !!

 

So, Suzuki G-Strider ?? EA’s Blog Terlanjur Speechless !!

G-Strider Last

Kelihatannya, Nyaman ya ditunggangi ? Motornya loh yaaa !! ๐Ÿ˜›

Baca Juga yaa Brosist. . .

 

Suzuki Biplane, Motor yang Terinspirasi dari Pesawat Jadul !

Honda NM4-02 a.k.a Vultus II, Keren banget Brosist !!

Honda Dream Kids Dokitto, Sentuhan Honda Untuk Anak-Anakย !!

Honda X-Wing, Sport โ€“ Touring Super Futuristik Yang Melampaui Jamanย !

Yamaha Tesseract, Motor Konsep Beroda 4 dengan Penampilan Bengisย !

Ninja 250 R Brasse 31BLK , Ebusyed Sangar Banget Euyย !!

Yamaha SDR200, Saat Yamaha Menciptakan Monsterย !!!

Kisah Tadao Baba & Sejarah Tentang CBR Firebladeย !!

Meguro Motorcycle, Pabrikan Legendaris Jepang Yang Terlupakanย !!

Hercules W2000, Ini Dia Motor Pertama Bermesin Wankel Engineย !!

 

Advertisements
Loading...

Tinggalkan Balasan