Spesial : Michio Suzuki & Perjalanan Panjang Pabrikan Suzuki (Part.I)

 

Michio Suzuki

 

Beberapa waktu silam, EA’s Blog telah mengangkat Kisah perjalan panjang pabrikan Roda 2 dalam Artikel History Spesial, Beberapa diantaranya adalah Soichiro Honda bersama Sejarah Pabrikan Honda & Torakusu Yamaha dalam Artikel Sejarah Pabrikan Yamaha. . . Nah, Untuk kembali menghibur Brosist sekalian, Kini EA’s Blog akan kembali dalam Artikel History Spesial dengan Tema tentang Pabrikan Suzuki. . .

Seperti apa sih Lika-liku Perjalanan Pabrikan berlogo S ini ? Yuk kita intip aja ya Brosist. . . . 🙂

 

Suzuki Logo

 

Siapa yang tak kenal Pabrikan Otomotif bernama Suzuki ?? Yup, Bagi Brosist pencinta Roda 2 sekalian pastinya tak asing lagi mendengar Produk-produk ciptaan Suzuki. . . Baik di Pasar Global hingga ke Tanah Air, Mulai dari Suzuki Hayabusa hingga Suzuki Satria F150, Semuanya pasti pernah mendengar nya. . . Pabrikan Ini adalah Pabrikan kedua Jepang dalam anggota Big Four (Suzuki, Honda, Yamaha & Kawasaki), Yang memasuki Industri sepeda motor Jepang. . .

 

Michio Suzuki & Mesin Tenun !

 

 

Michio Suzuki 2

 

Sejarah Perusahaan yang besar dalam dunia Otomotif ini berawal dari Michio Suzuki, Seorang Anak dari Petani Kapas Tradisional Jepang. . . Michio Suzuki dilahirkan pada 10 Februari 1887 di Kota Hamamatsu, Sebuah Kota yang dipenuhi dengan Industri Kain Tenun. . . Sejak Kecil, Diceritakan Michio Suzuki sangat tertarik dengan pesona keindahan alam & Dunia permesinan (khususnya mesin tenun). . . Suzuki Muda bekerja sebagai Tukang kayu, dan tumbuh menjadi seorang anak muda yang mau bekerja keras untuk menggapai cita-citanya yang tinggi. . .

 

Suzuki Loom Works

Suzuki Loom Works

 

 

Awal mula Suzuki berkecimpung di Dunia Bisnis & Produksi dimulai pada tahun 1909, Atau saat Suzuki Muda berusia 22 tahun. . . Pada tahun tersebut, Ia merancang sebuah alat tenun kayu yang dioperasikan dengan Pedal, dan mulai menjual produknya ke daerah sekitar Hamamatsu dengan Harga 50 Yen/Unit. . .

Tanpa disangka, Bisnis nya berjalan baik, Produknya semakin diterima oleh para pengrajin kain tenun. . . Atas dasar inilah, Suzuki kemudian mendirikan Suzuki Loom Works di Daerah Tenjin (Sekarang Kota Nakajima), Hamamatsu. . . Bisnisnya berkembang sangat pesat, Order yang diterima kini meliputi seluruh wilayah Shizuoka, serta Wilayah yang masih berdekatan. . . Otomatis, Harga Mesin Tenun Suzuki pun naik, Dan membawa keuntungan yang luar biasa bagi seorang Michio Suzuki. . .

 

Baca Juga : Suzuki GS1100, Superbike Flagship Suzuki, Tercepat di Eranya !!

 

Mendulang keuntungan yang berlimpah, Bukan berarti Suzuki lantas hanya menikmati hasilnya. . . Michio Suzuki justru menjadi lebih inovatif serta membuat karya-karya lainnya. . . Beberapa diantaranya seperti Mesin tenun yang mampu menghasilkan 2 Lapis Kain (Hasil karya ini kemudian mendapat Hak Paten pada tahun 1912), Serta selanjutnya Ia memperkenalkan Mesin tenun yang mampu menghasilkan 4 lapis kain hanya dengan sekali kerja saja. . .

 

 

Suzuki Loom Manufaturing & Awal Mula Berkecimpung di Dunia Otomotif !

 

 

Suzuki Looms

Mesin Tenun Suzuki

 

Sebelas tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1920, Michio Suzuki memutuskan untuk memperkenalkan bisnis nya di bursa saham. . . Hal ini terpaksa dilakukan, Lantaran Michio Suzuki membutuhkan Modal untuk bisa Melanjutkan Inovasi terbaru, Melakukan Ekspansi Bisnisnya, Serta untuk memenuhi permintaan dari pasar yang semakin berkembang, Terutama permintaan ekspor ke Mancanegara. . .

Atas dasar Inilah, Michio Suzuki kemudian mendirikan Suzuki Loom Manufacturing Company, Inc (Suzuki Jidosha Kogyo), Pada 15 Maret 1920. . . Perusahaan ini dipimpin oleh 72 pemegang saham, Yang masing-masing memberikan Modal Luar Biasa bagi Michio Suzuki, Sehingga perusahaan ini berkebang pesat. . . Hanya dalam kurun waktu 2 tahun, Suzuki Loom Manufacturing Company (Suzuki Jidosha Kogyo) telah dinobatkan menjadi perusahaan perkakas tenun terbesar di Jepang . . .

 

Baca Juga :

Kisah Soichiro Honda, Sang Pendiri Pabrikan Honda (Part. 1)

Ini Dia Sejarah Pabrikan Yamaha, Dari Masa ke Masa ! (Part.I)

 

 

 

Tahukah Brosist ?

Mesin Tenun pembuat Sarung milik Suzuki, Pernah Dijual ke Indonesia. . .

Saat itu, Suzuki Menyadari Mesin Tenunya mampu memproduksi 2 x lipat Kain tenun dalam sekali kerja. . .

Produk ini diterima oleh Indonesia, Suzuki pun Mengekspor sebanyak 25 ribu Mesin Tenun ke Tanah Air. . .

 

 

 

Austin Seven

Austin Seven 737 cc

 

Perusahaan ini kembali bertambah maju, Seiring dengan Ekspansi Mesin Tenun nya ke Berbagai Negara di Asia Tenggara. . . Sayangnya, Karena Perang Besar dengan China pada akhir tahun 1930-an, Kondisi Ekonomi Jepang menjadi carut-marut, Serta Permintaan mesin tenun semakin berkurang. . .

Suzuki lantas tak berdiam diri & berhenti ber inovasi, Ia kemudian memulai langkahnya di bidang Automobile (Roda 4). . . Didasari atas pemikirannya tentang 20.000 kendaraan diimpor Jepang tiap tahunnya, Angka ini belum bisa memuaskan permintaan pasar akan kendaraan kelas ringan yang murah. . . Michio Suzuki pun melihat celah pasar ini dan memulai langkah pertamanya di Bidang Otomotif. . . Yup ! Saat itu Tim riset Suzuki membeli sebuah Mobil Austin Seven dari Inggris,  Mobil ini kemudian dipreteli dan dipelajari. . . Setelah beberapa bulan kemudian berdasarkan pengalaman mereka membuat Produk Mesin Tenun, Suzuki telah mampu membuat replika dari mobil 737 cc buatan inggris tsb. . .

 

FYI : Pada saat itu Jepang hanya menguasai sedikit pengetahuan tentang  memproduksi mobil dan sepeda motor. . . Otomatis, langkah awal mereka untuk membuat motor & mobil yang bagus adalah dengan meniru mobil buatan pabrikan Eropa. . . .

 

Baca Juga :

– Meguro Motorcycle, Pabrikan Legendaris Jepang Yang Terlupakan !!

– Tohatsu Motor, Pabrikan Legendaris Jepang yang Terlupakan !!

 

 

Sayangnya, Saat itu timing Suzuki merilisnya sangat tidak tepat, Lantaran Jepang sedang bersiap untuk berperang. . . Proyek ini terbengkalai dan Austin Seven versi Suzuki tidak pernah diproduksi massal.  . .  Sebenarnya, Proyek ini memang bukanlah ide yang original, Karena mobil pertama dari Pabrikan Nissan juga berdasarkan pada Austin Seven. . .

Akan tetapi, Produk Suzuki Replica Austin Seven tersebut tak akan pernah bisa dilupakan oleh sejarah dunia Roda 4 Jepang. . . Pasalnya, Suzuki mampu membuat Mobil yang memiliki Power yang mempesona yakni 13 HP @ 3.500 RPM & Timing pengapiannya dinilai sebagai produk yang terbaik kala itu. . .

Inilah, Awal Mula Michio Suzuki berkecimpung di Dunia Otomotif. . . .

 

>> Lanjutkan Membaca ke Part II >>

Well. . . Di kisah Michio Suzuki & Perjalanan Panjang Pabrikan Suzuki Selanjutnya, Kita akan membahas tentang Hancurnya Pabrik Suzuki oleh Gempa & Gempuran Pasukan Sekutu, Serta Awal Mula Kebangkitan Suzuki dengan Produk Roda 2 nya yang terkenal hingga saat ini. . . . So, Jangan lupa Stay Tuned terus bersama EA’s Blog ya Brosist. . . . 😀

 

Baca Juga :

 

Suzuki RK67, Bukti Kegilaan Inovasi Dari Suzuki !

– Ariel Motors, Tahukah Anda ?

Sidecar GP, Ini Dia Kelas MotoGP Paling Unik !!

Pabrikan JAWA Motors, Tahukah Anda ??

13 comments

Tinggalkan Balasan