Advertisements

Benelli Tornado Tre 900, Trully Passion of Italian Superbike !!

 

Tornado Tre 900 Main Article

 

Italia memang dikenal sebagai Gudangnya motor eksotis !! Pabrikan yang mengedepankan sisi Eksotika & Cita rasa Seni tinggi dalam sebuah tunggangan Roda 2 pun bertumpuk disana, Sebut saja MV Agusta, Ducati, Aprilia, Moto Guzzi, Bimota, Cagiva dll. . .

Namun, Bukan hanya pabrikan tadi saja yang memiliki Desain yang Eksotis serta seakan-akan menembus Jaman, Pabrikan Italia yang satu ini juga tak mau kalah untuk mendevelop sebuah Sepeda Motor yang tak hanya Eksotis, Tapi juga Modern & High-Tech. . . Semua itu kita temukan pada Motor dari Pabrikan Benelli, Berlabel Tornado Tre 900 !!

 

Perkenalan !

 

Tornado Tre 900 10

 

 

Bagi para penggemar motor klasik sejati, Nama Benelli tentunya sudah tak asing lagi lewat produknya yang fenomenal, Benelli Sei 750 & 900. . . Jika Benelli Sei-Series masih mengusung Aura Klasik yang kental, Maka hal tersebut tak akan kita temukan sama sekali di Benelli Tornado Tre 900. . . Pertama kali diperkenalkan pada ajang Milan Motorcycle Show pada tahun 1999, Tornado Tre 900 langsung mengambil simpati serta animo dari seluruh pencinta Superbike. . .

Mengapa demikian ?? Karena Benelli Tornado Tre 900 menggunakan Filosofi Desain yang Out of The Box,  Part dengan Kualitas Terbaik , Serta Body yang Aerodinamis untuk menunjang keperluan Balap serta dibawa Sehari-hari. . . Benelli Tornado Tre kemudian Resmi diperkenalkan sebagai Motor Produksi Massal mulai tahun 2000. . .

Baca Juga : Benelli Sei 750, Inline-6 Silinder Taste of Italia !!

 

Desain Eksotis, Seksi & Unik !

 

Tornado Tre 900 5

 

Sektor Desain, Benelli Tornado Tre 900 tak perlu dipertanyakan lagi. . . Di Tahun 2000, Motor ini adalah salah satu Motor dengan desain yang paling Eksotis di Dunia di era-nya, Apalagi jika di-compare dengan Superbike Produksi Massal dari Jepang. . . Seluruh Bodi nya terbuat dari Material Serat karbon (Carbon-Fibre), Frame Gabungan antara Tubular Steel-Twinspar Beam Alumunium, Serta beberapa Part Detail yang terbaik di Eranya. . .

Uniknya, Radiator yang bertugas mendinginkan mesin dipasang di bawah Jok, Bukan di depan mesin. . . Dua lubang angin di samping headlamp adalah penghasil udara segar untuk kemudian diteruskan ke bagian radiator. . .  Keunikan ini beserta dengan Mesin Inline-Triple yang Slim, Menjadikan Tornado Tre 900 memiliki desain yang Ramping untuk meningkatkan Aerodinamika saat dipacu dalam kecepatan tinggi. . . .

Baca Juga : Benelli Sei 750 Custom, Cafe Racer 6 Silinder !!

 

Mesin Inline-Triple & Sisi Uniknya !

 

Tornado Tre 900 7

Dimana Radiatornya Haayooo ?? 😀

 

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Tornado Tre 900 dipersenjatai dengan Mesin 4-Tak, 898cc Inline-Triple (3 Silinder), DOHC 12 Valve (4 Valve per Silinder) plus Pendingin Cairan. . . Sisi Uniknya, Tornado Tre justru tidak menggunakan Perangkat Injeksi Elektronik asal Italia yang saat itu sedang Booming, Namun justru mempercayakan kepada Pabrikan Asal Prancis, SAGEM, untuk memproduksi penyuplai BBM jenis Fuel-Injeksi kepada Tornado Tre. . . Tornado Tre juga sudah menggunakan Counterbalance Shaft & Mounting Frame yang Terinspirasi dari Model Pesawat Terbang, Sehingga diklaim mampu menciptakan tingkat Vibrasi yang sangat Rendah. . .

Baca Juga : Benelli Kenalkan TNT250, Sport Parallel-Twin Keren Harga 45 Juta !!

Tornado Tre 900 6

Kokpit & Panel Instrumen Benelli Tornado Tre, Futuristik !!

Tornado Tre 900 9

 

Sisi unik lainnya, Jika diamati secara Spesifik dan Mendetail, Maka kita akan menyadari bahwa Tornado Tre adalah Gabungan dari Semua Negara yang terkenal dengan Industri sepeda Motor !! Desain nya Eksotis khas ala Superbike Italia, Teknologi serta Material penyusunnya High-Tech Persis seperti Superbike Jepang, & Mesinnya menggunakan Inline-Triple yang kental dengan Superbike asal Negeri Inggris. . .

 

Tornado Tre 900 Engine

Inline-Triple Benelli Tornado Tre 900, Slim !!

Tornado Tre 900 Test

 

Mesin ini memiliki Output Power yang cukup membuat kita berdecak kagum, Yakni 143 HP @ 11.500 RPM serta Torsi 100 N.m @ 8.500 RPM. . . Top Speed motor ini mampu mencapai 261 Km/h, Dengan catatan 0-402 m hanya membutuhkan waktu 11 detik saja. . .

Mesin Inline-Triple 898 cc milik Tornado Tre 900 diklaim memiliki Power pada Putaran RPM bawah yang lebih maknyuss ketimbang Superbike asal Negeri Sakura yang rata-rata saat itu menggunakan Mesin Inline-Four (4 Silinder). . . Jika Brosist mengkomparasikannya dengan MV Agusta F3 yang juga pernah EA’s Blog baca di Blog Mang Ketua D’Gujubar Kobayogas.com, Maka satu hal yang perlu diingat adalah F3 dilahirkan 10 tahun setelah sang Tornado Tre. . .

 

Spesifikasi Detail !!

 

Sebagai Tambahan, Nih dia EA’s Blog berikan Spesifikasi Lengkapnya :

 

Manufaktur : Benelli

Model : Tornado Tre 900 (S, RS, LE, Novecento)

Tahun Pembuatan : 2000 – 2007

 

Engine : 4-Tak, Inline-Triple (3 Silinder), DOHC 12 Valves, Liquid-Cooled, With Counterbalance Shaft & Aerospace Glued Mounting Frame

Bore x Stroke : 88 x 49,2 mm

Kapasitas Silinder : 898 cc

Rasio Kompresi :   11.0 : 1

Sistem Penyuplai BBM : SAGEM™  Electronic Fuel Injection, 1 Injector per Silinder

Transmisi : 6-Speed

Max Power : 143 HP @ 11.500 RPM

Max Torsi : 100 N.m @ 8.500 RPM

Top Speed : 261 Km/h

 

Frame :  Steel and Aluminium Alloy Twinspar Frame

P x L x T :  2.039 x 717 x 1.153 mm

Jarak Sumbu Roda :  1.419 mm

Tinggi Jok :  810 mm

Kapasitas Tangki BBM : 9 Liter

Berat Kosong : 198 Kg

 

Suspensi Depan :  Marzocchi™ 50 mm Upside-Down Fork, Fully Adjustable

Suspensi Belakang :  Extreme Tech™ Monoshock Fully Adjustable, Cast Aluminium Asymmetric Swingarm

Rem Depan : 2 x Cakram Hidrolik, 320 mm Full Floating Disc, Kaliper Brembo 4 Piston

Rem Belakang : Cakram Hidrolik, Disc 240 mm, Kaliper Brembo 4 Piston

Ban Depan : 120/70 – 17

Ban Belakang : 180/55 – 17

 

 

Well. . . Meskipun tak dapat dipungkiri bahwa Benelli Tornado Tre memiliki Desain serta Detail yang Berkelas & Eksotis, Namun motor ini tetaplah memiliki sebuah kelemahan. . . Kelemahan nya hampir sama dengan Motor Eksotis lainnya seperti Honda NR750, Ducati 916, Ataupun MV Agusta F4CC yakni Harganya yang terlampau Mahal. . . Hingga saat itu, Tornado Tre 900 dianggap hanya untuk kalangan Hobiis, Meskipun pada dasarnya Motor ini diciptakan untuk kebutuhan Superbike Massal yang saat itu mulai Panas oleh Gempuran Produk Jepang. . .

Oleh karena itu, Rasanya tak berlebihan bila EA’s Blog memberikan Tagline :

” Benelli Tornado Tre 900, The Further Proof of Italian Exotic Motorcycle “

Tornado Tre 900 Main

Okey, Sampai disini dulu pembahasan kita pada kesempatan kali ini ya Brosist. . . Kita akan berjumpa lagi pada Artikel History Ringan ala EA’s Blog yang selanjutnya. . . Jadi, jangan sampai terlewatkan yaa, Karena disini kita akan membahas seluruh Motor Legendaris yang pernah Mengguncang Dunia. . . 😀

 

So, Benelli Tornado Tre 900. . . . This is World Class Mototrcycle !!

Tornado Tre 900 Ride

Advertisements