Advertisements

Testride Honda MSX 125 (Grom), Sport Mungil Dengan Seabrek Kejutan !

 

MSX125 19

...

 

Setelah sebelumnya kita Puas melongok dan mengamati sosok Honda MSX 125 atau yang akrab dipanggil Honda Grom/Monkey pada artikel (disini), Maka kali ini mari kita bedah seluruh aspek riding serta performance nya. . . Yup, Helm Half-Face berlabel GM plus Jaket Polyester berlabel Skaters tersebut menemani EA’s Blog mengetes ability dari sosok Sport Mungil yang juga dites oleh Bro Aditya ini. . .

Seperti apa sih kejutan Performance nya ??

 

IMG-20140719-WA0002

 

Setelah bertemu dan bercengkrama sejenak di depan Pusat Perbelanjaan di Daerah BSD Serpong itu. . .Β  Kami bertiga (EA, Bro Aditya & Rekannya) langsung capcus untuk menentukan spot yang nikmat untuk enjoy dan mengetes ability dari sosok Honda MSX 125 ini. . . Setelah sampai di Lampu merah BSD, EA’s Blog sadar jalur didepan sangat kosong, lowong serta dibekali aspal yang mantap, Ternyata pikiran EA’s Blog sama dengan Bro Aditya yang langsung meng-gaspol MSX 125 ini melewati rimbunnya pepohonan yang meneduhkan kami. . .

Tentu saja si Bob Spacy milik EA’s Blog tak mau kalah action !! Berbekal Mesin Standar dengan Settingan Pribadi ala EA’s Blog, Spacy ini dikebut untuk mengejar akselerasi sang MSX 125. . . Sampai di speed 60 Km/h, Jarum speedo Spacy seakan ngamuk seiring dengan raungan Mesinnya yang makin menggila. . . Ketika sampai di 90 Km/h mendekati 100 Km/h, EA’s Blog terhenyak karena Spacy yang sudah 100 Km/h (lebih secuil) On Speedo ternyata sama sekali tak mampu mendekati sosok MSX 125 tersebut !!

 

MSX125 16

 

Lantaran penasaran tingkat akut, EA’s Blog langsung saja meminjam MSX 125 ini untuk dites ability performa serta ergonominya. . . Kebetulan Bro Aditya juga menawarkan untuk tester Motornya, hehehehe. . . Kesan awalnya mantap !! Meski MSX 125 ini memiliki riding position yang sedikit membingungkan, Namun ketika sudah menemukan posisi wenakk, Wahh dijamin kayak nunggang sport commuter deh Brosist !! Tapi dengan bobot yang sangat ringan dibawa meliuk-liuk di kemacetan. . .

 

Bagaimana dengan performanya ?? Yup, EA’s Blog juga sempat mengetes ability performa sang MSX ini. . . Lepas kopling untuk pertama kalinya (Koplingnya disetel jauh) , EA’s Blog dikagetkan dengan hentakan Powernya yang cukup “nakal” untuk ukuran mesin standar sejenis Supra X125. . . Setelah menemukan trek lurus, EA langsung saja menggeber gaspoll si MSX 125 ini. . . Hasilnya mengejutkan Brosist !! Penuturan Bro Aditya tentang karakter power MSX yang mirip Sport Commuter 150cc yang sebelumnya tak EA’s Blog percaya, Kini terbukti Brosist. . . .

 

MSX125 18

 

Honda MSX 125 memang memiliki Power yang nakal untuk ukuran dan spesifikasi mesinnya. . . Akselerasi yang semula EA’s Blog perkirakan tak beda jauh dengan Supra X125, Langsung EA telan mentah-mentah. . . EA’s Bahkan sempat Over Rev saat gear 1 karena tachometer digital itu begitu cepatnya menyentuh Redline di kisaran 9-10 ribu RPM. . . Upshift dengan mencongkel tuas giginya (Oiya, MSX 125 sudah menggunakan gearbox layaknya Sport, Yakni gigi 1 kedepan dan gigi 2 sampai 4 dicongkel tuasnya) hasilnya tetap mengejutkan karena masih menghentak dan bertenaga. . . Padahal sebelumnya EA’s Blog Berpikir karakter Knalpot Undertail dengan Leher Knalpot Panjang ini akan menghambat Torsi, Ternyata tak terbukti. . .

Bahkan gear 4 nya seakan-akan tak mampu menampung tenaga MSX 125 ini. . . Sang Monkey masih minta nambah gearbox Brosist !! Top Speed yang saat itu EA’s Blog lihat via Speedometer sekitar 90 – 100 Km/h (Terbatas dengan Trek yang hanya sekitar 500m saja), Tapi terasa sangat berbeda ketika sebelumnya membawa Spacy dengan kecepatan yang sama. . . MSX125 terasa jauh lebih kencang & sangat menempel ke Aspal, Mungkin karena profil bannya yang memang cukup mumpuni Brosist. . . . Jika Brosist menanyakan perbedaan dengan Power Supra X125, EA’s Blog berani menjawab MSX 125 jauh lebih bertenaga dibanding Sang Supra X125 plus Kopling Manual sekalipun !! Bayangkan saja Power setara Byson/NMP tapi dengan Handling setara Skutik/Bebek saja. . . Hmmmmm, ciyuss loh !!

 

MSX125 20

 

Tester kembali kami lanjutkan di Trek Non Aspal alias Tanah yang ditumbuhi Rerumputan. . . Di sesi ini, Kami berdua ingin mengetes Ability dari Daya Rigiditas Motor ini saat dibawa miring-miring di Jalanan Tanah. . .

Hasilnya di luar dugaan, Meski saat itu Rerumputan sangat licin karena habis diguyur gerimis, Tapi MSX 125 masih mampu dibawa mereng-mereng Brosist. . . Bahkan saking mantapnya cengkraman Ban Gambot berlabel Vee Rubber ini, Kami berdua sangat pede meliuk-liuk diatas Motor ini dalam trek yang licin. . . Yaa ampun, EA langsung ngiler loh Brosist, Sayangnya saat menilik harganya, Aduuhh Biyungg ampuun πŸ˜€

 

MSX125 13

MSX125 14

 

Akhirnya, Tes pun selesai dan kami sama-sama berteduh karena diguyur Hujan sangat lebat. . . Sialnya, Moment berbuka puasa itu harus kami lewati karena hujan tak kunjung berhenti, Hingga akhirnya tukang kopi keliling menyelamatkan dahaga kami. . . Sembari menghabiskan kopi plus beberapa batang udud, Kami banyak mengobrol tentang Industri Roda 2 serta banyak selentingan tentang Produk Newcomer dari Berbagai Pabrikan. . . Hingga akhirnya pada pukul 8 malam hujan itu berhenti dan kami mengakhiri pembicaraan. . .

 

 

Well. . . Thanks banyak untuk Bro Aditya untuk tebengan Testride-nya, Trima kasih banyak juga untuk rekannya yang sudah sudi mengabadikan moment EA’s Blog bersama sang Sport Mungil andalan A.P Honda Thailand ini. . . Oiya, Lain kali ajak-ajak lagi yaa Kang, Testride-nyaaa sambil Ngopi-ngopi bareng khas Susundaan euy. . . hehehee πŸ˜€

 

So, Honda MSX 125. . . . Mini-Sport Bike with Real-Sport-Minded Performance !!

MSX125 17

IKUTI QUIZ 1 JUTA HITS EA’S BLOG BERHADIAH TOTAL PULSA Rp. 100 RIBU BROSIST !!

Advertisements

56 comments

Tinggalkan Balasan