Advertisements

Ini Dia Jawaban Polisi Terkait Tilang Akibat Tidak Pakai Tutup Pentil Ban !

 

Tutup Pentil

 

Tutup Pentil (Valve Cap), Hmmmmm Sebuah Perangkat Kecil di Sepeda Motor namun sebenarnya tetap memiliki fungsi. . . Fanpage Humas Polri di Facebook juga telah menjabarkan kalau tutup pentil ban sering dianggap sepele oleh pemilik kendaraan, Padahal ia sebenarnya punya fungsi yang cukup  penting. . .

Lantas, Apa yang terjadi Jika Ada Kasus Tilang lantaran tidak memakai Tutup Pentil ??

 

Tilang Polisi

 

Dikutip dari detik.oto , Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Hindarsono menyatakan bahwa Apabila ada pengendara yang tidak menggunakan Tutup Pentil, Harusnya Bikers tersebut hanya diingatkan saja. . . Beliau menyatakan apabila ada Bikers yang tak menggunakan tutup pentil sambil juga tidak membawa surat-surat kendaraan sekaligus tidak melengkapi atribut keselamatan (Helm, Spion dlsb) barulah hal tersebut layak ditilang. . .

 

Penilangan juga dilakukan apabila Bikers tersebut berpotensi menimbulkan kecelakaan, berpotensi menimbulkan kemacetan, dan merugikan orang lain. . . Berikut yang bisa EA’s Blog kutip dari Beliau terkait penilangan karena masalah tutup pentil,

” Kalau cuma penindakan akibat tidak menggunakan tutup pentil, harusnya itu diingatkan saja. . . Kalau mereka (Pengendara), Tidak menutup pentil ban mereka namun tidak membawa surat-surat, Itu lain lagi urusannya. . . Kami tidak pernah memerintahkan untuk menindak pengendara yang tidak menggunakan tutup pentil. . . Kalau ada petugas seperti itu, tanya dia sekolah kepolisian dimana, dan laporkan ke atasanya, ” Ujar Hindarsono….

 

Tutup Pentil Variasi

 

Lebih jauh tentang tutup pentil, Fungsi komponen ini menurut mereka adalah untuk mencegah kotoran masuk ke pentil. . . Debu atau air yang masuk ke pentil ban dapat merusak katup. . . Debu atau air tersebut bisa menimbulkan korosi (karat) yang menyebabkan katup bocor. . . . Nah, Jika katup sudah bocor, Maka angin yang mengisi ban akan terus menerus terbuang hingga akhirnya ban benar-benar kempes secara total. . . Penggantian dengan berbagai tutup pentil variasi pun masih diperbolehkan, Lantaran itu juga termasuk ke dalam klasifikasi jenis tutup pentil ban. . .

 

 

Well. . . Semoga sekarang Brosist makin paham nih terkait tilang yang dikarenakan tidak menggunakan tutup pentil. . . Tenang aja koq, Meskipun tidak pakai tutup pentil ban, Brosist tak seharusnya kena tilang. . . Yang penting cek juga SIM, Surat-surat kendaraan plus perlengkapan motor & berkendara. . . Karena jika Brosist juga melupakan salah satu diantaranya, Itu hal yang wajar jika kena Tilang oleh Pihak berwajib. . .

So, Mari sama-sama rukun ya Brosist !! Mari menjadi Bikers yang patuh & taat terhadap hukum, Serta Mari kita awasi penindakan pelanggaran lalu-lintas jalanan yang terkadang masih menjadi kontroversi. . . .

 

So, Kena Tilang Hanya Karena Gak Pakai Tutup Pentil Ban ?? Ahhh, Ngada-Ngada tuh Oknum nya Brosist !!!

Tilang

Advertisements

27 comments

Tinggalkan Balasan