Advertisements

Spesial : Duel Spesifikasi Motor 250cc 4-Tak Super Legendaris !

4-T Battle

 

Hollaa Brosist. . . Kembali lagi bersama Artikel History Ringan ala EA’s Blog yang kini kembali hadir untuk Brosist sekalian. . . Setelah pada edisi History sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang Duel Motor 250cc 2-Tak Super Legendaris, Maka kali ini EA’s Blog juga akan menghadirkan Duel antara Motor 250cc 4-Tak yang Sangat Diimpikan untuk Di “Reborn” kembali yaitu Honda CBR250RR, Kawasaki ZX-2R, Suzuki GSX-R 250 SP & Yamaha FZR250R. . .

Berbeda dengan Artikel Duel 250cc 2-Tak sebelumnya, Kali ini EA’s Blog akan membagi pembahasannya ke dalam beberapa sub-penilaian, Yaitu :

 

Desain

Pada sektor desain, Keempat Motor ini memang masih terlihat sangat Klasik ya Brosist (Ya iyalah, Motor era 80-90’an gitu). . . Meski Klasik, Namun Part yang terbenam di Motor-motor ini tak bisa dianggap remeh loh !! Bahkan untuk motor 250cc jaman sekarang, Kita bisa lihat perbedaan yang sangat ekstrim dibanding Jajaran Motor Legendaris ini. . .

 

Mesin

Seperti yang sering EA’s Blog tekankan sebelumnya, Keempat Kontendeer kita kali ini memang sudah dikebiri Powernya oleh Regulasi para pemerintah Jepang hingga maksimal 40-45 HP saja. . . Namun, Tentunya kita akan bahas semua yang ada dalam Mesin Motor Super ini dan meng-Kompare nya dengan yang lain. . . Karena sesungguhnya Motor ini mempunyai Power yang sangat luar biasa untuk kategori Motor 250cc 4-Tak, Terlebih lagi Raungan Mesin & Knalpotnya mampu mencapai RPM sangat tinggi yakni hampir 20.000 RPM Brosist !!

So, Langsung saja kita mulai dari Kontender yang pertama. . . . Cekdisottt Brosist !!

 

 

Honda CBR250RR

 

CBR1

 

Honda CBR250RR Hadir dengan tampilan sederhana dan sangat identik dengan era akhir 80-an. . . Apa yang membuatnya Identik dengan Era 80’an ?? Yup ! Tuh Brosist bisa liat desain Headlamp yang masih bulet-bulet Style. . . Jika dibandingkan dengan Para pesaingnya, Tentu sang CBR250RR ini tampak paling minimalis ya Brosist. . . Namun ternyata tidak demikian dengan Part yang menempel di Motor ini. . .

 

Yup ! Saat pesaingnya menggunakan Model Swing-Arm Standar/Asimetris, Sang 250cc Legendaris Honda ini justru telah menyematkan Swing-Arm banana Gambot berbahan baku Alumunium yang Eksotis, Honda menyebutnya dengan Castec Gull-Arm. . . Tak hanya itu, Sang CBR juga diklaim memiliki Kualitas Material dan Low-Centre Gravity terbaik untuk Frame Twinspar Gambotnya (Brosist bisa lihat model Twinspar-nya) & Velg Magnesium Mag-Tek yang sangat Ringan. . .

 

(+) Detail Mantap, Kualitas Material Mumpuni & Part Bodykit Aftermarket Tersedia Banyak Type

(-) Desain Standar, Headlamp Bulet & Minus Upside-Down

 

CBR5

 

Di sektor Mesin, Honda CB250RR Dibekali Mesin Inline-4 Silinder DOHC 16 Valve dengan Ukuran Piston yang imut-imut ( 48,5 x 33,8 mm ) yang mampu berkitir hingga Redline 19.000 RPM. . . Tak hanya mesinnya yang memiliki reputasi sangat baik di kalangan Bikers Luar Negeri, CBR250RR juga dibekali Gear-Driven Camshaft, Sehingga Minim loss antara putaran Kruk-As dan juga putaran Noken-As. . . Gear-Driven Camshaft adalah salah satu yang paling difavoritkan Bikers Luar Negeri lantaran Minim Loss Power dan juga Dengungan Mesinnya yang Unik. . .

Berikut Spesifikasinya :

 

Engine : 4-Tak, Liquid-Cooled, Inline-4 Silinder DOHC 16 Valve (4 Valves per Silinder), Gear-Driven Camshaft

Kapasitas Mesin : 249 cc

Bore x Stroke : 48.5 Γ— 33.8 mm

Sistem Penyuplai BBM : 4 x Karburator Keihin CV30

Rasio Kompresi :Β  11.5 : 1

Transmisi : 6 Percepatan

Max Power : 44,1 HP @ 15,000 Rpm (Restricted)

Max Torque : 21,5 N.m @ 12.000 Rpm

Berat Kosong : 143 Kg

 

CBR12

 

Selanjutnya >> Kawasaki Ninja ZX-2R

Advertisements

49 comments

Tinggalkan Balasan