MV Agusta 500-3 Evoluzione, Jagoan MotoGP Terbaik !

MV Agusta 500-3 Main

Holla Brosist. . . Kembali lagi bersama Artikel History Ringan ala EA’s Blog di hari yang indah ini. . . Pada kesempatan kali ini, EA’s Blog akan membahas tentang Motor Legendaris yang Sangat Terkenal bahkan pernah dianugerahi sebagai Best Bike di Ajang MotoGP. . . Motor ini juga pernah mengantarkan Giacomo Agostini menjadi Juara Dunia 7 Kali Berturut-Turut di kelas 500cc MotoGP era 60-70’an. . .

Ada yang tau bagaimana Sejarahnya Giacomo Agostini menjadi Legenda bahkan mengalahkan ketenaran Idola EA’s Blog, Valentino Rossi ??

Ada yang tahu Awal Mula Terkenal & Mendunia nya Pabrikan MV Agusta ??

Nah, Disini akan EA’s Blog kupas tuntas lengkap sekaligus penjabaran tentang Detail Motor Legendaris MV Agusta 500-3 Ini. . . Cekdisot yaahh Brosistt !!

 

MV Agusta 500-3 Naked

MV Agusta 500-3 Evoluzione (MV Agusta Tre-Cilindri) adalah Motor 3 Silinder asal Pabrikan Italia MV Agusta, Yang pertama kali diperkenalkan pada ajang GP Assen Belanda pada tahun 1965. . . Motor ini menggantikan Versi Sebelumnya yang mengusung Mesin 4 Silinder (500-Four) 8 Valve. . . MV Agusta 500-3 ini sebenarnya bukanlah sesuatu yang benar-benar baru, Lantaran aslinya adalah pengembangan dari MV Agusta 350-3 yang saat itu bersaing ketat dengan Pabrikan Jepang. . .

 

MV Agusta 500-4

MV Agusta 500-4 Cylinder, Jagoan MV Agusta Era 50’an

Pada akhir era 50-an, MV Agusta sudah lebih dulu terkenal dengan jagoan 125 & 250cc nya saat itu. . . Namun, Demi membentangkan nama besar MV Agusta lebih jauh lagi di kancah Roda 2 Dunia, Mereka pun memutuskan untuk mendevelop motor balap GP yang berkubikasi lebih besar untuk mendukung ambisi mereka. . . Maka tercetuslah ide untuk membuat motor berkubikasi 350cc & 500 cc, Dimana saat itu persaingan terjadi sangat sengit dengan pabrikan Gilera & MotoGuzzi. . .

Hasilnya, Di kelas 500 cc MV Agusta dengan Motor 500 cc 4 Silinder (MV Agusta Four) mampu berjaya sejak tahun 1958 bersama pembalapnya John Surtees, Gary Hocking & Mike Hailwood. . . Tapi itu tak berlangsung lama, Di tahun 1963 Honda mulai memberi perlawanan berat pada MV Agusta, So Mereka kembali dituntut untuk membuat sesuatu yang lebih lagi dibanding sebelumnya. . .

 

MV Agusta 500-3 2

 

Berkat saran dan Ide yang diberikan Domenico Augusta, Sang Founder dari Pabrikan MV Agusta, Pada tahun 1965 mereka memutuskan untuk mengganti Motor 500cc 4 Silinder 8 Valve nya menjadi 3 Silinder DOHC 12 Valve, Persis layaknya mesin yang digunakan pada Jagoan mereka di kelas 350cc. . . Alasannya simpel, Lantaran Mesin 3 Silinder mereka Lebih berpotensi kencang, Jarang ada Trouble di setiap Race, Durability mesin sangat Prima dan Pastinya Irit biaya Riset dibanding harus membuat mesin baru. . .

Pada tahun inilah, Sang Legend Giacomo Agostini bergabung sebagai pembalap kedua MV Agusta pelapis Sang Jagoan Utama, Mike Hailwood. . . Hasil yang diperoleh MV Agusta pun sangat memuaskan dimana Mike Hailwood mampu menjadi Juara Dunia tahun 1965, Diikuti oleh rekan setimnya yang mampu menguasai sempurna MV Agusta 500-3 dengan sangat cepat Giacomo Agostini di Posisi kedua. . . Motor hasil karya mereka pun terbukti mampu melawan motor Pabrikan lain yang mengadopsi Silinder lebih banyak. . . Dan dari Motor MV Agusta 500-3 itulah ketenaran Pabrikan MV Agusta Melonjak Drastis. . . Mantapp !!

 

Giacomo Agostini 1

Giacomo Agostini with MV Agusta 500-3

Pada tahun selanjutnya (1966), Mike Hailwood memutuskan untuk bergabung bersama Honda, Disinilah Moment untuk Giacomo Agostini bersaing dengan Mantan Seniornya itu. . . Hasil yang menakjubkan terjadi di era 1966 & 1967, Giacomo Agostini bersama MV Agusta 500-3 mampu membungkam perlawanan dari sang senior dan mengukuhkan dirinya sebagai Juara Dunia pada tahun 1966 & 1977 , Menghempaskan seniornya Mike Hailwood yang hanya mampu menjadi Runner-Up di tahun yang sama. . .

Setelah tahun 1968 Honda Mengundurkan diri dari ajang World GP dan sang Senior Mike Hailwood memutuskan untuk pensiun dari ajang Balapan, Giacomo Agostini layaknya pembalap kesetanan yang sama sekali tak mampu dikejar oleh Pembalap Lain bersama MV Agusta 500-3 nya. . . Giacomo Agostini pun Berhasil Menjadi JUARA DUNIA Kelas 500 cc Selama 7 Tahun Berturut-turut !! Terhitung dari Tahun 1966 Hingga 1972. . .

Tak Hanya itu, Berkat Kehandalannya Menunggangi MV Agusta 350-3 di kelas 350cc, Giacomo Agostini juga mampu menyabet Gelar JUARA DUNIA Kelas 350 cc selama 6 Tahun Berturut-Turut !!! Terhitung dari Tahun 1968 hingga 1973. . . Dari sinilah kita kenal Giacomo Agostini sebagai Legenda MotoGP yang bahkan kesuksesannya Jauh Melampaui Legenda MotoGP Era Modern, Valentino Rossi. . .

 

Giacomo Agostini 2

 

Sebagai Tambahan, Ini Dia Sedikit Spesifikasi dari MV Agusta 500-3 yang menjadi Tunggangan Sang Legend, Giacomo Agostini (Maaf kalau cuma Sedikit, Soalnya ini Motor Kelas WorldGP dan Kebanyakan Detail Lainnya bersifat Top Secret) :

 

Manufaktur : MV Agusta

Model : 500-3 Evoluzione (500 Tre Cilindri)

Class : WorldGP

 

Engine : 4-Tak, Air-Cooled, Paralel-Inline 3 Silinder, DOHC 12 Valve

Bore x Stroke : 62 x 55 mm

Kapasitas Silinder : 497, 9 cc

Sistem Penyuplai BBM : 3 x Karburator Dell’Orto MASSI 27A

Rasio Kompresi : 11 : 1

Ignition : Coil

Transmisi : 7-Speed, Close Ratio

Max Power : 78 HP @ 12.000 RPM

Top Speed : 162 Mph (261 Km/h)

 

Frame : Tubular Steel Double Cradle

Berat Kosong : 128 Kg

Suspensi Depan : Teleskopik (Teledraulic) Fork

Suspensi Belakang : Twin Shockbreaker

Rem Depan & Belakang : Drum Brake

Velg : Alumunium Lightweight Alloy Rims, Spoke

 

Well. . . MV Agusta 500-3 bersama Giacomo Agostini berhasil memberikan pelajaran berharga bagi kita, Bahwa tak hanya sekedar kencang untuk bisa menjadi Juara, Tapi juga dibutuhkan Durability, Teamwork & Pembalap yang berjiwa Juara. . . Hal tersebut sudah terbukti dengan Hadirnya MV Agusta 500-3 Evoluzione yang mampu membungkam Motor 4-Tak lain yang mempunyai Silinder lebih banyak, Bahkan Motor 2-Tak sekalipun. . . Yang hebatnya lagi, Semua itu dilakukan dengan Hasil 7 x Juara Dunia Berturut-Turut. . . Waowww !!

So, Rasanya Tak Berlebihan bila EA,s Blog memberikan Tagline :

” MV Agusta 500-3 Evoluzione, The Greatest of All The Best “

MV Agusta 500 Last

 

Oke, Sampai disini dulu Artikel History Ringan kita di kesempatan kali ini. . . Semoga bisa memberikan Informasi & Inspirasi tambahan bagi para Brosist sekalian. . .

Jangan lupa untuk selalu Update terus Bareng EA’s Blog ya Brosist. . . See Yah !!!