Advertisements

Kisah Soichiro Honda, Sang Pendiri Pabrikan Honda (Part.2)

Soichiro Honda

Artikel  ini adalah kelanjutan dari Kisah Soichiro Honda Part.1 

 

Singkat Cerita. . . Setelah Honda dipercaya menjadi kepala Bengkel Art Shokai di Kota Hamamatsu, Dalam 3 Tahun bengkelnya menjelma jadi bengkel besar  dan cukup diperhitungkan di Hamamatsu kala itu. . . Dari semula hanya mempunyai 1 orang karyawan, Dalam kurun waktu 3 tahun tersebut Bengkel yang Dipimpin Honda kini mempunyai 50 Orang karyawan. . .

Sebagai Kepala Bengkel Art Shokai, Honda terkenal sebagai orang yang galak dan tak segan main tangan pada anak buahnya. . . Bahkan dari komik Soichiro yang EA Baca, Honda sampai menggunakan kunci pas untuk memukul anak buahnya yang bodoh dan lalai menjalankan tugas meski sudah dijelaskan berulang-ulang. . . Sampai-sampai ada juga yang melarikan diri, Namun tak sedikit juga yang mampu belajar & bertahan dan akhirnya menjadi mekanik sangat handal. . .

Bekerja dengan Soichiro Honda berarti ada dua pilihan : Pindah ke perusahaan lain atau Belajar dengannya” -Wikipedia-

ART Shokai

 

Pada tahun 1933, Honda Berhasil mewujudkan mimpi untuk membuat mobil balap pertamanya. . . Namun, Bukannya mendevelop mesin dari pabrikan terkenal, Soichiro Honda justru mengambil mesin milik pesawat terbang kala itu, Curtis A1. . . Yang akhirnya juga diberikan pada mobil balap miliknya yang kita kenal saat ini dengan Honda Curtis. . . Di luar prediksi, Ternyata Honda mampu menjuarai sebuah kejuaraan di Jepang, Meskipun saat itu ia hanya sebagai navigator . . . Waowww !

Di tahun 1933, Honda juga menikah dengan Sachi, Seorang wanita dari kalangan berpendidikan. . . Yang akhirnya menjadi pembimbing Soichiro Honda untuk belajar segala macam hal tentang kehidupan dan mampu membawa Honda menjadi orang yang lebih baik. . .

 

TS320206

 Soichiro Honda & Sachi Honda

 

1 Tahun setelahnya atau di Tahun 1934, Honda mulai menapaki jejaknya di Dunia Industri Otomotif, Ia sangat ingin membuat mesin mobilnya sendiri. . . Oleh karena itu, Ia mulai mempelajari salah satu part mesin yang kala itu Sangat Sulit & Mahal untuk didapat, Ring Piston. . . Saking seriusnya belajar membuat Ring Piston, Honda sampai-sampai membuat workshop nya sendiri yang berada bersebelahan dengan bengkel Art Shokai dan diberi Nama Pusat Penelitian Ring Piston ART. . . Namun, Karena pendidikan formalnya tak menunjang keinginan Soichiro untuk membuat Ring Piston, Hasilnya pun tak semulus yang diharapkan alias Gagal Total lantaran Piston Ring buatannya selalu patah atau menggores dinding blok silinder. . . Bahkan saat itu desain Ring Piston yang dibuat oleh Honda sempat ditolak oleh Toyota, Yang hingga saat ini tercatat sebagai salah satu sejarah unik di dunia Otomotif Jepang. . .

Namun Honda tak pantang Menyerah, Meski saat itu Ia sudah berusia 28 Tahun, Tapi Ia memutuskan untuk masuk ke Perguruan Tinggi Hamamatsu hanya demi memuaskan hasratnya untuk membuat Ring Piston Mobil Buatannya sendiri. . . Hal ini Soichiro Lakukan setelah mempelajari bahwa dibutuhkan material logam lain untuk membuat Ring Piston yang sempurna. . . Dan dari Perguruan tinggi Hamamatsu inilah Honda belajar tentang seluk beluk metalurgi mesin termasuk pencampuran Silikon dalam pembuatan Ring Piston, Yang nantinya akan berpengaruh terhadap Superioritas nya Honda di bagian Metalurgi dan Dunia Mesin. . .

       Honda Piston Rings     Honda Oval Piston

Ring Piston Honda & Oval Piston Mahakarya Soichiro Honda Kelak

 

 

Akhirnya pada tahun 1937, Honda berhasil membuat Ring Piston yang Sempurna untuk pertama kalinya. . . Dan pada tahun 1938, Honda berhasil mendirikan Pabrik Ring Piston pertamanya yang diberi nama Tokai Seiki, Sedangkan bengkel Art Shokai yang sebelumnya Ia pimpin diserahkan pada anak buahnya yang Loyal & Berdedikasi tinggi. . . Pabrik ini terus berkembang hingga akhirnya Soichiro Honda mampu menyuplai Ring Piston ke Pabrikan Mobil Toyota & Nakajima Aircraft yang saat itu memproduksi Mesin pesawat terbang untuk kebutuhan Perang Dunia II. . .

Namun nasib sial di alami Soichiro Honda. . . Pada tahun 1945 atau saat Jepang Kalah oleh Pasukan Sekutu, Pabrik Ring Pistonnya Luluh lantak akibat penyerangan pasukan Sekutu. . . Tapi, Bukan Honda namanya bila berdiam diri saja, Honda memerintahkan Karyawannya untuk mengumpulkan Sisa kaleng bensol bekas yang menjadi bahan bakar utama Pesawat saat itu. . . Berkat Kegigihannya Honda berhasil kembali membangun Pabriknya meski tak sebesar Pabriknya dahulu. . .

Naasnya, Setelah pabrik kembali Dibangun dan beroperasi, Saat itu Jepang dilanda gempa bumi Dahsyat hingga meratakan Pabrik Ring Piston milik Soichiro Honda. . . Sejak saat itu, Soichiro menjadi sering termenung dan bahkan tak mempunyai Niat untuk membangun pabrik lagi lantaran Kondisinya kini tak mempunyai apapun, Hanya istri yang setia menemaninya. . . Kondisi ini membuat Honda akhirnya menjual Pabrik pertamanya ke Toyota pada tahun 1947. . .

 

Pabrik Honda

 

 

Saat Honda termenung dan hanya mampu menyaksikan puing-puing besi yang berserakan tepat d bawah kakinya, Honda terdiam sambil memikirkan bagaimana caranya bisa menghasilkan uang untuk menghidupi keluarganya, Terlebih saat itu Jepang dalam keadaan sulit akibat Krisis BBM. . . Berbalik dari cerita sebelumnya, Soichiro Honda justru kini sedang dalam keadaan Kemiskinan. . .

Honda pun hanya bisa wara-wiri dengan sepedanya, Namun sebuah ide sangat brillian kala itu hadir dari kepala Honda. . . Ya dibawah kemiskinan & kegagalannya silam, Ia memikirkan untuk membuat sepeda dengan ditambah motor sehingga penggunanya tak perlu repot menggoes dan tak harus seboros saat menggunakan mobil. . . Dan ternyata, Dari kegagalan inilah awal cerita tentang Dunia Sepeda Motor Honda yang saat ini dipakai oleh Brosist penunggang Honda sekalian Dimulai. . . Bersambung Ke Part 3-Tamat

 

Soichiro Honda Cub

 

Kisah Soichiro Honda akan berlanjut ke Part berikutnya sekaligus Part Terakhir ya Brosist. . . Selanjutnya akan ada cerita bagaimana Honda memulai Bisnisnya di dunia Roda 2 , Dunia Balapan World GP beserta mahakarya nya yang Fantastis dan Juga Lika-Liku kegagalan yang kembali harus dialami oleh sang Masterpiece. . .

Baca Kelanjutan Ceritanya di Kisah Soichiro Honda Part.3 – Tamat

 

Oiya, Bagi Pembaca sekalian yang juga pencinta dunia Roda dua selain Honda. . . Tenang aja koq, EA’s Blog sudah menyiapkan artikel tentang Torakusu Yamaha, Shozo Kawasaki, Count Augusta Family bahkan hingga sekelas Karl Benz, Walter Chrysler, Henry Ford dll. . . Yang penting, Makin banyak Brosist yang request artikelnya, Makin cepat EA’s Blog posting soal orang-orang hebat lainnya tadi. . . So, Sampaikan requestmu di Kolom Komentar ya Brosist. . .

 

Sampai bertemu di Artikel Soichiro Honda yang terakhir. . . . See Yah !!

Advertisements

44 comments

Tinggalkan Balasan