Advertisements

Kisah Soichiro Honda, Sang Pendiri Pabrikan Honda (Part. 1)

Soichiro Honda

enoanderson.com | Kisah ini merupakan artikel lanjutan dari cerita sebelumnya disini. . . Sesuai janji pada pengunjung setia EA’s Blog, Maka kini EA bakal buatkan kisah lengkap dari Soichiro Honda, Pendiri Pabrikan Honda yang kini menjadi Salah Satu Produsen Roda Dua Terbesar di Dunia. . .

Yuk Brosist, Langsung saja kita baca kisah yang sangat inspiratif ini. . . !!

 

Soichiro Honda terlahir sebagai putra pertama dari pasangan Gihei Honda & Mika Honda pada 17 November 1906 di desa kecil bernama Komyo (Sekarang Tenryu)ย , Hamamatsu, Prefektur Shizuoka, Jepang. . . Ayahnya adalah seorang pandai besi yang juga memiliki bengkel reparasi sepeda, Sementara ibunya sebagai penenun. . . Keluarga ini sesungguhnya adalah keluarga yang sangat sederhana (bahkan bisa dibilang pas-pasan) , Tak ada yang mewah dan spesial disana. . . Honda Kecil menghabiskan waktunya untuk membantu ayahnya di bengkel sepeda dan juga mengerjakan hal lain seperti membelah kayu dan menempa besi. . .

Bakat Honda Kecil sudah terlihat saat umurnya masih sangat muda. . . Saat masih anak-anak, Ia sering merengek pada sang Kakek untuk diajak bersamanya ke tempat penggilingan padi. . . Namun bukan untuk membantu kakeknya, Justru Honda Kecil tertarik pada cara kerja/mekanisme Mesin Penggilingan Padi tersebut bekerja. . . Bahkan Honda Kecil juga sering mengejar Mobil yang sedang lewat & Mengayuh sepedanya sejauh 16 Km ke Lapangan Pesawat Terbang, Semua itu hanya demi Memuaskan rasa keingintahuannya di bidang Mesin. . .

Honda Kecil

Honda Kecil tergolong bukan anak yang Pandai, Prestasi di sekolahnya pun tak bisa dibanggakan, Apalagi Pendidikan Formal Tinggi yang belum pernah Ia cicipi. . . Namun berkat rasa keingintahuannya yang membara, Honda memutuskan untuk mulai mencoba untuk mencari pekerjaan di bidang Mekanik pada usianya yang baru 15 tahun. . . Melihat keputusan tersebut, Gihei Honda (Ayah Honda) mungkinย telahย menyadari bakat anaknya dan mulai mencarikannya pekerjaan di Kota Tokyo. . Akhirnya, Honda mendapatkan pekerjaan di sebuah bengkel bernama Art Shokai . . . Disinilah kehidupan Honda di bidang Otomotif/Mekanik dimulai……

 

ART Shokai

 

Sayangnya, Bukan pekerjaan sebagai mekanik yang didapat, Honda Muda justru mendapat pekerjaan sebagai Cleaning Service sekaligus merangkap sebagai Pengasuh Bayi anak dari sang empunya bengkel. . . Disini kita bisa melihat awal kegigihan Honda ! Meskipun dia hanya bekerja sebagai pengasuh bayi, Honda Muda selalu memanfaatkan waktu saat bengkel tutup untuk sekedar melihat & menganalisa cara kerja suatu mesin mobil yang sedang direparasi. . . Bahkan Honda Muda juga sampai mengumpulkan uang gajiannya untuk meminjam buku tentang otomotif di perpustakaan, Hanya untuk memperdalam ilmu yang telah Ia pelajari sendiri dari bengkel. . . Waow, Bener bener gigih banget nih Opa Soichiro. . . ๐Ÿ˜€

 

Honda Muda

 

Hari yang ditunggu Honda Muda untuk unjuk gigi pun akhirnya datang ! Suatu hari saat Honda sedang mengepel lantai, Ia diminta oleh sang pemilik bengkel Art Shokai untuk membantu pekerjaan bengkel, Lantaran kondisi saat itu sedang super sibuk. . . Semuanya terpana saat Honda dengan mudahnya memperbaiki mesin mobil Ford Model T tahun 1908 yang kala itu sedang nge-hits. . . Tak hanya teman teknisi nya, Bahkan sampai sang empunya bengkel pun Takjub melihat kemampuan Honda mereparasi mesin. . . Hebatnya, Hal tersebut dilakukan hanya dengan bermodal ilmu yang didapatkan dari buku pinjaman perpustakaan & mencuri-curi waktu melihat mesin Mobil saat bengkel tutup !!

Ford Model T

Ford Model T tahun 1908, Mobil Pertama yang direparasi Soichiro Honda

 

Berkat kejadian tadi, Akhirnya Honda Muda dipercaya untuk menjadi teknisi di bengkel Art Shokai. . . Ilmunya tentang dunia permesinan langsung berkembang pesat saat menjadi teknisi. . . Tak Heran, Hal yang menakjubkan pun kembali terlihat saat Honda mampu memperbaiki mesin mobil yang terlihat sudah tak mungkin untuk direparasi lagi. . . Pemilik bengkel Art Shokai dibuatnya sampai terkagum-kagum melihat cara kerja & pemikiran yang layaknya engineering profesional, Padahal hanya dengan bermodal Pendidikan formal dasar dan Tanpa Pendidikan Formal Tinggi. . .

“Di bengkel Art Shokai. . . Pria tua itu belajar sangat banyak dengan bekerja langsung dengan mesin sungguhan” Kiyoshi Kawashima, Pimpinan Honda 1973 – 1983, Pengganti Soichiro Honda. . .

ย 

Atas dasar kegigihan & kepintaran Honda, Enam tahun kemudian atau saat Honda baru genap berusia 22 tahun. . . Honda Muda Dipercaya untuk membuka bengkel cabang Art Shokai di Kota Hamamatsu, Mantepnya lagi Soichiro Honda pun ditunjuk langsung sebagai kepala bengkelnya. . . Dari sinilah perjalanan Honda di Industri Otomotif Dimulai. . . . . ย Bersambung Ke Part 2

 

Di Artikel Selanjutnya bakal kita bahas tentang lika-liku Honda saat memulai Bisnisnya & Segala lika-liku perjuangannya bangkit dari kegagalan yang pastinya menarik untuk kita pelajari ya Brosist. . . !

Baca Kelanjutannya >> Kisah Soichiro Honda Part. 2

 

Advertisements

29 comments

Tinggalkan Balasan