Advertisements

Kawasaki Z1…. Kawasaki Z – Series Pertama Di Dunia !

Z1 Main

Holla Brosist. . . Memasuki Hari Rabu, Berarti waktunya Artikel History ringan ala EA’s Blog yang pastinya sudah ditunggu-tunggu Brosist sekalian #PedeBanget πŸ˜€ . . . Yupp ! Berita hebohnya launching Sport-Naked terbaru dari Kawasaki yaitu Z250SL yang kabarnya akan dirilis hari ini memang patut ditunggu nih Brosist. . . Eitss, Tapi bukan itu yang kita bahas ya Brosist, Tapi sang mbah buyutnya si Z250SL ini yaitu Kawasaki Z1, Kawasaki Z-Series pertama di Dunia. . .

Seperti apa Sejarah, Detail & Performanya ?? Yuk kita intip sama-sama Brosist. . . Cekidotss !

 

Z1

Kawasaki Z1 (Z900, Z1 900) adalah salah satu motor sport produksi tertua milik Kawasaki. . . Motor ini resmi diperkenalkan pada tahun 1972, dan masa baktinya berakhir hingga tahun 1976 . . . Pada era-nya, Kawasaki memperkenalkan Z1 untuk langsung head2head dengan sport yang telah lebih dulu hadir sejak 1969 dan saat itu sedang nge-hits yakni Honda CB750. . . Tak hanya sekedar menggertak, Kawasaki ternyata serius menantang kompetitor dengan desain Revolusioner-nya plus Mesin Inline 4 Silinder DOHC yang saat itu hanya diterapkan di motor balap tulen. . . Joss kan ?

Lantas,Β Mengapa dinamakan Z – Series ?Β 

Saat peluncurannya Kawasaki juga membeberkan alasan mengapa motor barunya itu diberi nama Z1. . . Menurut Kawasaki, Z adalah huruf alfabet paling terakhir sehingga mampu menggambarkan motor ini sebagai sportbike yang paling ekstrim diantara yang lainnya. . . Sementara itu angka 1 digambarkan sebagai yang nomer 1 di dunia. . . Secara harfiah, Berarti Z1 diklaim Kawasaki sebagai Sportbike Ekstrim Nomer 1 di Dunia. . . Widihh, Berat broo ! πŸ˜€

 

Z1 2

Lebih detail tentang motor ini, Kawasaki Z1 dibekali desain yang old-school banget deh Brosist. . . Namun pada era-nya, Kawasaki Z1 ini diklaim sebagai yang paling catchy loh Brosist. . . Tengok aja tuh Tangkinya yang bulet-bulet tapi unik, Mesin gambot ala 4 silinder, dan beberapa part yang diberi aksen chrome ini, Memang menjual banget deh Brosist. . .

 

Z13

 

Di sektor mesin, Kawasaki membekali Z1 dengan mesin ala motor balap 4-Tak kala itu, 903cc, Inline 4 Silinder DOHC 8 Valve (2 Valve per Silinder) dengan transmisi 5-Speed. . . Sebagai penyuplai BBM nya, Kawasaki mempercayakan pada 4 Karburator Mikuni 28mm. . . Perpaduan detail mesin Kawasaki Z1 ini memang mantep banget deh Brosist, Z1 sempat meraih gelar sebagai motor produksi yang paling Powerfull dengan klaim output power mencapai 82 HP & Torsi maksimum mencapai 73,5 N.m. . . Output Power yang dahsyat untuk motor produksi keluaran awal 70’an. . .

Catatan Top speed nya pun tak perlu diragukan Brosist. . . Meski lahir di era yang belum secanggih sekarang, Namun Kawasaki Z1 mampu mencapai Top Speed hingga 216 Km/h, Dengan catatan waktu 0 – 402 m yaitu hanya 12,3 detik dalam kecepatan 180 Km/h. . . Tak heran, Kawasaki Z1 pun mampu menyabet penghargaan “Machine of The Year” oleh Situs Roda 2 Inggris MCN pada tahun 1973-1976. . . Well Done !

 

Z1 Ride

 

Oke, Sebagai Tambahan ini dia Spesifikasi Lengkap Kawasaki Z1. . . Cekdisott !!

 

Manufaktur : Kawasaki

Model : Z1 (Z1 900)

Tahun Pembuatan : 1972 – 1976

 

Engine : 4-Tak, Air-Cooled, Inline 4 Silinder DOHC 8 Valve

Bore x Stroke : 66 x 66 mm

Kapasitas Silinder : 903 cc

Sistem Penyuplai BBM : Karburator Mikuni VM 28mm

Rasio Kompresi : Β  8,5 : 1

Transmisi : 5 – Speed

Ignition : CDI

Starter : Elektrik & Kick Starter

Max Power : 82 HP @ 8.500 RPM

Max Torsi : 73,5 N.m @ 7.000 RPM

Top Speed : 216 Km/h

 

Panjang x Lebar x Tinggi : 2200 x 685 x 1170 mm

Jarak Sumbu Roda : 1490 mm

Jarak Terendah ke Tanah : 135 mm

Berat Kosong : 230 Kg

Kapasitas Tangki BBM : 18 Liter

 

Frame : Double Tubular Steel Cradle

Suspensi Depan : Teleskopik Fork 36 mm

Suspensi Belakang : Dual Shock, Adjustable

Rem Depan : Cakram Hidrolik 296mm, Kaliper 2 Piston

Rem Belakang : Drum Brake (Tromol) 7,9 Inci

Ban Depan : Β 3.25 – 19

Ban Belakang : Β 4.00 – 18

 

Well. . . Bila menilik pada sejarahnya, Ternyata memang pada dasarnya Kawasaki selalu menanamkan style yang ekstrim pada Varian Z-Series nya. . . Terbukti, Varian Kawasaki yang masih tetap eksis sejak 1972 hingga saat ini selalu mengusung desain yang agresif nan keren Brosist !! Kalau dihitung-hitung, Berarti sudah sekitar 42 Tahun Kawasaki Z-Series menemani para Pencinta setia-nya. . . Waoww, Joss banget eksistensinya !!

Oleh Karena itu, Tak berlebihan rasanya bila EA’s Blog memberikan Tagline :

” Kawasaki Z1, Born to be Legend “

Z1 Generations

Okey, Demikian dulu artikel History Ringan ala EA’s Blog. . . Kita bertemu di Next Artikel ya Brosist !!! πŸ˜€

Advertisements

Tinggalkan Balasan