Advertisements

Teknologi Yamaha EXUP System, Saat Powervalve Bukan Hanya Milik 2-Tak….

EXUP Logo

 

Lanjut bertemu lagi di artikel ringan ala EA’s Blog pada hari yang spesial ini Brosist !! Pada kesempatan yang indah ini kita akan membahas tentang sebuah Teknologi dalam dunia permesinan roda dua yang berasal dari pabrikan Yamaha. . . Teknologi tersebut adalah Yamaha EXUP System, Sebuah Teknologi yang pernah melintasi 3 era Supersport-Superbike Yamaha yakni FZR Series, YZF Series Hingga kini bertransformasi menjadi YZF R Series. . .Β 

 

Yamaha EXUP (Exhaust Ultimate Powervalve) System adalah sejenis sistem buka-tutup katup pada pipa knalpot. . . Masih ada yang gak mudeng (gak ngerti) ?? Oke, Kita bahas pelan-pelan, Serta disertai gambar supaya mudah dimengerti. . . Bagi yang sudah ahli/pakar mesin/Juragan Yamaha Sekalian, Dinikmati saja ya Brosist, Sekalian dikoreksi bila ada salah penulisan…. Hehehee πŸ˜€

Pada sistem kerja mesin 4 Tak, Sesungguhnya sudah mempunyai katup sendiri pada sistem kerja ruang bakarnya. . . Namun EXUP bukanlah katup yang berada di dalam mesin/ruang bakar, Melainkan berada pada ujung percabangan knalpot multislinder yang langsung terhubung pada Silencer Knalpot. . .

EXUP1

 

Lantas, Apa fungsi EXUP ? Apa Hasil & Pengaruhnya ??

 

Katup EXUP Berfungsi untuk mengatur gas buang yang dihasilkan oleh pembakaran. . . Katup ini akan membuka kecil ketika gas mulai dipelintir dan jarum Tachometer menunjukkan ke angka 2.000 RPM, Kemudian katup EXUP akan terus membuka lebar hingga akhirnya membuka sempurna (full) pada angka 6.000 RPM. . . Semua kinerja sistem EXUP beserta Katupnya di-otaki oleh ECU yang memantau setiap perubahan RPM, Dan memerintahkan Servo Motor untuk menutup/membuka katup EXUP. . .

(Kalau diraba-raba, Prinsip Kerjanya persis Powervalve di motor 2-Tak layaknya YPVS, SuperKIPS, RC-Valve ataupun S-AETC) . . .

 

EXUP 2

 

Pada putaran RPM Rendah tadi, Otomatis tekanan gas buang yang dihasilkan akan memantul pada katup EXUP dan menghasilkan Tekanan Balik (Back Pressure) yang berguna untuk mengail torsi pada putaran RPM Rendah hingga Menengah saat katup EXUP terbuka full. . .

EXUP System 2

Seperti yang kita ketahui, Permasalahan yang ada pada mesin Mulitisilinder Segaris (Parallel-Inline) yang hampir selalu digunakan pada jajaran Sportbike Yamaha adalah lemahnya power dan torsi pada putaran mesin (RPM) rendah-menengah. . . Nah, Dengan pengaplikasian EXUP System ini permasalahan tadi dapat teratasi karena kurva power motor menjadi jauh lebih linear alias merata di setiap rentang RPM. . . Alias, Buka sitik Joss !! πŸ˜€

Yang dihasilkan oleh EXUP adalah Tendangan Power yang mantap pada putaran mesin (RPM) Bawah-Menengah dibanding Motor tanpa menggunakan sistem ini, Selain itu performa juga akan terasa jauh lebih smooth karena power mengalir secara sempurna dari Rentang RPM rendah hingga mencapai top power pada RPM Tinggi. . . Tak hanya sampai disitu, Yamaha EXUP System juga mampu Mengurangi Kebisingan suara knalpot saat kondisi RPM rendah, Mengurangi kadar Hidrokarbon dari pembuangan knalpot, Meningkatkan efisiensi Kinerja Mesin & Menghemat Konsumsi BBM terutama saat riding dibawah 120 Km/h. . .

FZR EXUP

 

Sebenarnya ada juga beberapa sistem Powervalve 4-Tak dari beberapa Pabrikan lain yang serupa atau identik dengan EXUP seperti Suzuki Exhaust Tuning (SET), Honda Variable Intake-Exhaust (H-VIX), Triumph Power Valve System, Begitupun dengan pabrikan lain layaknya Kawasaki. . .

Namun Yamaha dengan EXUP System-nya adalah yang pertama mengaplikasikan Teknologi Powervalve di 4-Tak ini sejak 1987 Silam. . . Yamaha pertama kali mengaplikasikan EXUP pada superbike andalannya FZR1000RR, Kemudian beralih ke era YZF1000R, Hingga digunakan pada generasi Superbike teranyarnya yaitu YZF R1. . . Superb Development by Yamaha ! Josss !!

 

 

R1 EXUP

Advertisements

31 comments

Tinggalkan Balasan