Advertisements

Yamaha Tiara 120, Ayago Eksotis nan Legendaris dari Yamaha !

Tiara

 

Holla Brosist….

Spesial untuk hari ini kita masih membahas soal Request artikel History pengunjung setia EA’s Blog. . .  Artikel kali ini akan membahas seputar motor ayago yang di request oleh bro Segoreng yaitu Yamaha Tiara 120. . .

Seperti apa Pernak-pernik, Detail & Performa si Ayago yang dulu pernah menjadi andalan YMKI ini ?? Ayo kita bahas bersama Brosist. . . Cekidotss !!

Tiara Brosur

Yamaha Tiara S 120 atau yang dikenal di luar negeri sebagai Yamaha J120Z / Speed MX 120, Adalah salah satu dari jajaran Ayago Legendaris yang pernah hadir di Indonesia. . . Berbeda dengan Honda Nova Dash yang kala itu tidak disupport Honda, Yamaha Tiara justru masuk ke Indonesia secara resmi melalui YMKI (Yamaha Motor Kencana Indonesia). . . Meski masih berupa CBU dari Malaysia, Namun cara ini dinilai YMKI cukup signifikan untuk menekan harga jual (Meskipun kenyataannya masih overprice khas motor CBU) dan menguatkan image kencang di YMKI yang saat itu sedang asyik bersaing di ajang balap underbone nasional. . .

Tiara 5

 

Diperkenalkan pada tahun 1999 di pasar Thailand sebagai suksesor edisi sebelumnya yaitu Yamaha JR120S, Yamaha Tiara juga sukses masuk ke Indonesia pada awal tahun 2000-an. . . Motor yang diimpor dari negara Upin-Ipin oleh YMKI ini memiliki desain yang ajibb loh Brosist !! Bahkan enggak kalah sama Nova Sonic ataupun Satria FU yang hadir bertahun-tahun kemudian. . . Brosist bisa tengok Stang Clip-On nya yang mantap, Desain sayap samping yang eksotis plus Desain buritan yang sporty alias catchy banget deh Brosist !!

Tak lupa, Tiara 120 S juga dilengkapi fitur yang cukup lengkap untuk kategori motor bebek. . . Sebut saja Disc Brake Ganda (Depan-Belakang), Velg Cast Wheel, Suspensi depan Teleskopik khas Motor Sport, Transmisi 6-Speed, Suspensi belakang Monoshock, Mesin tegak yang powerfull, dll, yang tentunya makin membuat mata terpikat oleh Eksotisme si Tiara 120 ini. . .

Tiara 4

Beralih ke sektor mesin. . . Yamaha Tiara 125 dipersenjatai dengan mesin 2-Tak 125 cc Air-Cooled (Pendingin Udara) dengan Bore & Stroke 54 x 52 mm plus rasio kompresi sedang 6,8 : 1. . . Pada bagian sistem penyuplai BBM, Tiara 120 S menggunakan Karburator buatan Mikuni yang diberi label VM22SS yang mampu mengawal kinerja mesin Tiara 120 S dengan apik. . . Hasilnya, Tiara 120 S mampu memuntahkan output power hingga 17 PS dan torsi maksimum 15,5 N.m , , , Sebuah angka yang cukup besar untuk ukuran motor bebek. . . Bahkan dari beberapa penelusuran blog yang EA baca, Tiara 120 S mampu menembus 0-100 Km/h hanya dalam waktu 7,5 detik saja. . . Waoww !!

 

Tiara Speedo

Tiara Engine2

 

Berikut EA’s Blog juga sertakan Spesifikasi Yamaha Tiara 120 S, Sang bebek Eksotis dari Yamaha :

 

Manufaktur : Yamaha

Model : J120Z (Tiara 120 S, Speed MX 120)

 

Engine : 2-Tak, Single-Cylinder, Air-Cooled, Reed Valve

Bore x Stroke : 54 x 52 mm

Kapasitas Silinder : 119 cc

Sistem Penyuplai BBM : Karburator Mikuni VM22SS

Rasio Kompresi :  6,8 : 1

Transmisi : 6-Speed

Ignition : DC-CDI

Starter : Kick Starter

Max Power : 17 PS (16,66 HP) @ 7.500 RPM

Max Torsi : 15,5 N.m @ 7.000 RPM

 

Panjang x Lebar x Tinggi : 1864 x 630 x 968 mm

Jarak Sumbu Roda : 1230 mm

Jarak Terendah ke Tanah : 139 mm

Tinggi Jok : 765 mm

Berat Kosong : 100 Kg

Kapasitas Tangki BBM : 6,5 Liter

 

Frame : Tubular Steel Backbone

Suspensi Depan : Teleskopik Fork, Oil Damped

Suspensi Belakang : Swingarm, Monoshock

Rem Depan : Cakram Hidrolik, Kaliper 2 Piston

Rem Belakang : Cakram Hidrolik, Kaliper 2 Piston

Ban Depan : Dunlop TT900 2.25 – 17

Ban Belakang : Dunlop TT900 2.50 – 17

 

Well. . . Yamaha Tiara boleh dibilang sebagai salah satu Bebek Underbone yang paling ngehits, Namun justru ngehits di era sekarang bukan saat era kehadirannya awal tahun 2000 silam. . .  Yap ! Benturan era Krisis Moneter plus Banderolnya yang mahal membuat Tiara 120 S saat itu hanya menjadi penunggu dealer Yamaha. . . Keputusan YMKI yang bertujuan untuk mengikut sertakan Tiara 120 S di kejuaraan underbone saat itu pun sirna, Lantaran terjegal masalah regulasi oleh IMI. . .

Namun di era modern ini, Tiara 120 S justru selalu menjadi buah bibir saat ada pembahasan soal Ayago yang kini mewabah di Indonesia. . . Para kolektor pun banyak yang berlomba untuk mendapatkan Tiara 120 S dalam kondisi Second. . . Sekedar info, Kini harga Yamaha Second (Bekas) berkisar antara 6 – 18 Juta tergantung Kondisi motornya. . .

Tiara Tokobagus

Contoh Tiara 120 S di  Situs Jual-Beli Online Tokobagus

 

 

So, Tak perlu diragukan lagi Tiara 120 S adalah salah satu Ayago terbaik keluaran Yamaha, Hanya waktu kedatangannya saja yang tak tepat. . . Oleh karena itu, Tak berlebihan rasanya bila EA’s Blog meberi Tagline :

“Yamaha Tiara 120 S, The Exotic Hyper-Underbone”

Tiara 2

 

Oke demikian dulu yang bisa EA’s Blog share tentang Historical Bike di Blog Sederhana ini. . . Harapan EA’s Blog, semoga bro SegorengPai bisa terpuaskan oleh artikel ringan di hari ini. . . Jangan lupa berikan kritik, masukan, pendapat & request Brosist yaa di Kolom Komentar. . . Satu komentar Brosist, Mampu tetap menghidupkan Blog sederhana ini. . . Sampai jumpa di hari sabtu Brosist !!!

 

So, Brosist Ada yang punya Kenangan Indah Bersama Yamaha Tiara 120 S ??

Tiara 6

Advertisements

57 comments

Tinggalkan Balasan