Advertisements

Honda Beat FI, Bore-Up 54mm Tembus 12,6 HP di Dyno !

Beat FI 1

Setelah kemarin EA’s Blog memposting soal Bore-Up Vario 125 Spek Harian Tembus 12,99 HP , , Pada kesempatan kali ini EA’s Blog kembali akan memposting soal Bore-Up yang masih aman untuk dipakai aktivitas harian. . . Yupp ! Kali ini korban Bore-Up nya adalah Honda Beat FI. . . Skutik yang terkenal dengan ambassadornya yaitu Cherrybelle ini mampu menembus 12,62 HP di atas dynotest dengan ubahan yang simple loh Brosist !!

 

Langkah pertama, Tentu saja piston ori Honda Beat dilengserkan dan diganti dengan piston ori Kawasaki Kaze OS (Oversize) 100 berikut Boring silindernya yang juga ikutan diganti. . . Untuk memantapkan hasilnya, Porting Polish juga diberlakukan untuk saluran in & ex di Beat FI ini. . . Hasilnya, kini kubikasi Beat FI bertambah, Dari semula 108cc menjadi 125 cc, Joss !!

TB Beat FI

Selanjutnya agar ruang bakar tidak terlalu kering akibat supply bahan bakar yang masih standar, Beat FI ini dicekoki Throttle Body milik Vario 125 berikut Injektornya. . . Untuk mendapatkan supply udara yang maksimal, Filter udara Beat FI ini dilepas. . . Eits, Tapi tenang aja koq, Supaya tak cepat kotor akibat debu dan cipratan dari ban belakang, Brosist masih bisa menambahkan Filter Udara Racing Aftermarket yang banyak dijual di pasaran. . . Sementara untuk otak pengatur debit bahan bakar di Beat ini, empunya mengandalkan Piggyback keluaran Api Tech yang diimpor langsung dari Thailand…. wuihh !!

 

Piggyback Api Tech

 

Sektor CVT pun tak lupa sedikit dirubah. . . Ubahannya berupa Pulley set berlabel SPS, Roller 8 gram merk KTC & Per CVT 1500 RPM yang juga berlabel KTC. . . Terakhir, sebagai sistem pembuangan sisa pembakaran, Beat FI ini menggunakan Knalpot keluaran TC Speed atau yang sekarang dikenal dengan Tsukigi Silent (Non Emboss)….. Nahh, Mantap kan Brosist !!

Beat FI Dyno

 

Hasilnya, Tenaga Beat FI yang standarnya hanya berada di 7,1 HP kini terdongkram tajam hingga 12,62 HP. . . Begitupun dengan torsinya, Kini melonjak tajam hingga menyentuh 12,44 N.m . . . . Upgrade performa ini juga tak hanya untuk Beat FI semata, Namun bisa juga diaplikasikan di Scoopy FI ataupun Spacy FI yang bermesin sama. . . Asyiknya lagi, , , Bore-Up + Part Racing simple ini masih aman dipakai aktivitas harian koq Brosist !!


 

Nih dia sedikit bocoran biayanya, Tapi sekedar patokan saja ya Brosist :

– Piston Kaze + Biaya Pasang (Bubut) + Biaya Porting & Polish: Rp. 400.000

– Throttle Body Vario 125 : Rp. 380.000

– Injektor Vario 125 : Rp. 135.000

– Piggyback Api Tech Beat FI : Masih abu-abu, Bocorannya Rp. 2.500.000

– Pulley Set (Komplit) CVT SPS : Rp. 1.000.000

– Roller 8 gram KTC : Rp. 95.000

– Per CVT 1500 Rpm KTC : Rp. 90.000

– Knalpot Tsukigi Silent (Non Emboss) : Rp. 400.000

 

Eits. . . Apapun Modifnya, BBM-nya harus oktan 92 ke atas ya Brosist !!

Beat Girls

 

Colek gas sedikit langsung Ngacir deh. . . Nempel batangan #ehh motor batangan ? Bisa koq !!!

Advertisements

Tinggalkan Balasan