Advertisements

Tentang Spacy Spek Standar, Performa Prima !

Cuma punya Spacy standar ? Mau modifikasi tapi uangnya pas-pasan ? Atau punya uangnya tapi takut motornya gak awet ? Atau punya uangnya tapi takut upgrade mesin karena takut jebol di tengah jalan ? Ya,,ya,,ya Hampir semua pikiran itu ada di pikiran bikers yang mau upgrade/korek/bore up/stroke up/de el el. Disini kita bisa berbagi dan mungkin bisa saling menambahkan tentang Spacy Standar dan Berperforma Prima !

Kurang lebih sudah 2,5 tahun bareng My Spacy “BOB” kesayangan, Terhitung sudah lebih dari 17.100 km sudah dilalui bersama (Itupun pasti sudah lebih karena selama satu bulan kabel spedometer Bob putus dan belum diganti gara” terobos banjir di terowongan Kalimalang arah Cawang, tapi anehnya motor masih hidup dan jalan sampai Tangerang, Padahal semua knalpot sudah kerendem air coklat, Padahal bebek sampai sport kaya HSX125R, Old Vixion atau NMP aja pada mati blass blass blass), Berbagai pengalaman dan kejadian pun sudah malang melintang bersama si Bob. Tapi tahukah juragan sekalian baru ada 1 bagian part mesin yang baru diganti, dan 1 servis tambahan selain servis rutin yang dilakukan setiap sebulan (Baca:Gajian):D. Bagian mesin itu adalah Busi (Ya iyalah masa ya iyadong). Servis tambahan itu adalah untuk memperbaiki Kick Starter yang macet karena bagian CVT full kerendam banjir di jalan. Pertanyaanya jeroan Mesin dan CVT gak ada yang diganti ? Jujur, sama sekali gak ada bagian mesin dan CVT lain yang diganti. Penggantian Part lain pun sebatas Ban, Kampas Rem Depan+Belakang, Kabel Speedometer & Lampu Belakang. Performa pun Masih Oke, Sampai tulisan ini dibuat belum ada Matic 110 Standard yang mampu ngalahin di trek panjang. Kenapa Trek Panjang ? You Know Lah, Bobot Spacy ini berapa, Belum isi bagasinya yang Super gede, Belum kapasitas tangkinya yang diatas rata” matic sejenis. Ane sih ngerasanya wajar-wajar aja kalo Spacy emang dicap sebagai matic gendut yang lelet. Eits ! tunggu dulu, ada yang sudah pernah nyoba betot gas Spacy di Trek yang panjang ? Sebagai Contoh, Jl. Lingkar Luar Karawang Tj.Pura-Klari, atau Pantura. Kalo belum coba betot gasnya deh (kalo di jalan selain contoh diatas, sebelum ngelakuin ini pastiin keadaan ga ramai/padat kendaraan). Power Spacy akan kerasa jika RPM sudah melewati angka 5000, Saya sudah tes menggunakan RPM meter punya Koso,  Yang biasa ditempelin di deket gagang spion itu loh. Bahkan power Beat FI yang dicap lumayan oke pun bisa dilewati jika dalam kondisi yang sama dan di trek yang lumayan panjang. Saya sudah pernah ngetes dengan matic standar kaya Beat Karburator, Beat FI, Scoopy Karburator, Scoopy Fi, Mio Smile, GT, J, Soul, Soul GT, Vario, Vario Techno 110, Nex FI, Bahkan Sesama Spacy, Baik Karburator atau FI (tinggal si India TVS Dazz yang belum). Hasil awalnya juga selalu sama, Kalah telak waktu narik gas, Tapi power serasa di boost waktu sudah melewati 5000 RPM, Hasil akhirnya juga selalu sama semua Matic itu selalu kandas di Top Speed Akhir dan terkejar saat Speedometer lewat dari 90km/h (Semua Motor dalam kondisi Standar, Termasuk Spacy saya yang sejak 2012 sudah balik standar dar dar). Nah, Kalau juragan masih ngerasa Spacynya kedodoran dan lelet di RPM bawah-atas, Nih dia apa yang saya kasih ke Spacy Standar Punya Ericko Anderson’s Blog.

1. Penggunaan BBM Yang Bagus

Image

Banyak yang bilang, “Ah…Pake premium juga bisa jalan”. Iya jalan sih bisa, Tapi kalo nuntut performa lebih dengan menggunakan Premium yang punya RON 88 ? Saya rasa sulit dan nggak mungkin, Walaupun banyak isu yang beredar bahwa Premium yang dijual saat ini di SPBU merupakan bahan bakar RON 90, Bahkan ada yang bilang RON 92 setara Pertamax CMIIW. Tapi yang harus dipelajari adalah Premium merupakan BBM yang masih terdapat kotoran dan bisa dilihat dengan mata telanjang dengan membandingkan kadar keruhnya dibanding Pertamax. Hasilnya kotoran sisa pembakaran di kepala piston bakal ikut terbakar dan kebayang kan apabila terus-menerus berhadapan dengan klep ? Besi Gelonggongan aja kalo dipanasin dan ditempa bisa berubah bentuk, Apalagi Piston ? Belum penyakit yang menjalar ke bagian lainnya. Mau Ngirit malah Kejepit !

Kalo Spacy Bob sendiri sih dari pertama motor turun dari Mobil Pick-Up dealer, Premium yang ada di tangki langsung dikuras dan pakainya cukup Pertamax biar irit di kantong & Banyak tersedia di SPBU kecil, Tapi kalau kebetulan lagi lewat di SPBU yang komplit biasanya sering diisi Pertamax Plus. Tapi Jujur, Pendapat Ericko Anderson’s Blog, BBM Terbaik yang pernah dipakai si Bob adalah Shell V-Power. Sayang SPBU nya hanya di tempat-tempat tertentu saja dan masih belum masuk ke daerah. Bukan berarti menjelekkan Premium, Tapi alangkah indahnya untuk mendapatkan performa prima & Mesin yang daya tahannya jauh lebih lama kita diharuskan untuk memberikan asupan BBM yang prima juga untuk Spacy kita. Terlebih, Kita sudah ikut membantu negara dengan membeli BBM Non-Subsidi (walaupun saya tidak pro pemerintahan yang ada saat ini), Seperti Kata Mas Tukul Arwana, Beli BBM non-subsidi itu ibarat DO’A. Kita telah didoakan oleh para orang” yang hidupnya masih dibawah kemiskinan, Karena kita telah membantu mereka mengurangi subsidi BBM dan menambah bantuan yang diberikan kepada mereka.

2. Pemilihan Oli yang Sesuai

Image

Oli, Sebagai part penting yang bertugas melumasi bagian dalam mesin juga sangat perlu diperhatikan. Sejauh ini, Oli yang Pernah Dicoba Ericko Anderson’s Blog adalah AHM MPX/Oli Standard Honda, Motul Scooter, Evalube Matic, Federal Matic (yang warna merah) & Pertamina Enduro Matic. Dan dari hasil uji test langsung menggunakan Spacy Bob, Ericko Anderson’s Blog berani mengklaim bahwa Oli terbaik yang paling menghasilkan performa prima untuk Spacy adalah Pertamina Enduro Matic. Kenapa Enduro Matic ? Karena dari hasil test oli ini terbukti menghasilkan performa oke, dan juga oli ini punya daya tahan cukup oke, pernah dicoba hingga 2500 km lebih tapi RPM atas masih ngisi dan saat dikuras oli masih dalam kondisi oke, alias ga hitam pekat, serta volume olinya juga tetap, alias gak nguap. Untuk lebih jelasnya nanti bakal saya buatkan satu post sendiri yang menjelaskan perbandingan Oli terbaik untuk Spacy menurut Ericko Anderson’s Blog. Yang Jelas Formula BBM & Oli Terbaik untuk Spacy adalah Shell V-Power & Pertamina Enduro Matic.

3. Rajin Servis Rutin

Image

Servis Rutin, Elemen yang juga gak boleh ketinggalan apalagi sampai lupa. Selalu servis Spacy sobat, Baik itu sebulan (baca:gajian) sekali, Per 1500/2000/2500/3000km sekali ataupun Setiap waktu pergantian ganti oli sekali. Semuanya boleh dan gak masalah kok. Asalkan jangan melebihi 4000km sih masih sah-sah saja kok. Kalau Ericko Anderson’s Blog sih memilih berbarengan dengan penggantian oli atau setiap 1500km sekali. Tapi juga perlu inget, Pilihlah AHASS atau Bengkel Non AHASS yang sudah sobat percaya. Kalo memang belum punya yang bisa dipercaya, Sobat bisa minta saran dari teman atau saudara sobat tentang bengkel yang baik menurut mereka. Kalau memang belum ketemu bengkel yang bisa sobat percaya, Nanti bakal saya buatkan Tips cara menilai kinerja servis bengkel baik itu AHASS atau Non AHASS.

4. Sayangi Spacy Seperti Pasangan Sendiri

Pasangan Sendiri ? Iya, Coba aja bayangin kalau punya pasangan yang bau, dekil, kusam & kotor. Pasti ga betah kan ? Jangankan nempel kaya perangko, Saya yakin deketin juga udah pada mikir 2 kali. Nah, Begitupun dengan Spacy kita, Kalau kusam dan dekil sedikit segeralah dicuci, Kalau ada yang gak enak dibagian tertentu segeralah dicek dan diservis, Kalau ada yang tergores segeralah dipoles. Lebih detail lagi, Setiap 2-3 bulan sekali bagian rangka/bagian dalam Spacy dicuci dengan membuka seluruh bagian body. Gak ribet kok, Ericko Anderson’s Blog juga selalu melakukan ini sendiri. Cukup sediakan obeng+, obeng-, kunci 8,10,12,14. Buka bagian Body Belakang, Tengah, Depan, Cover Knalpot, Kipas, Bagasi, Box Filter Udara (Tidak dibuka atau dibersihkan, hanya dilepaskan untuk memudahkan membersihkan bagian yang lainnya). Tutup semua soket yang berbahaya dengan plastik dan ikat dengan karet. Selanjutnya tinggal cuci sampai bersih deh. Untuk pencucian normal dianjurkan di tempat yang teduh atau tidak terkena sinar matahari langsung, karena apabila body yang sedang dicuci terkena sinar matahari langsung bakal mengusamkan warna cat dan efeknya warna menjadi pucat/pudar/kekuningan. Jangan lupa untuk membersihkan semua bagian yang sulit terjangkau seperti sela-sela antara blok mesin dan dynamo starter, bagian bawah antara standar tengah hingga sambungan rangka, dll. Setelah dicuci alangkah baiknya seminggu sekali Spacy kesayangan di Wax, Bisa dengan menggunakan Kit Wax Motor yang harganya terjangkau. Kalau memang dirasa mahal, Dipoles pake poles serbaguna juga oke kok. Image

Nah, Kalau motor sudah kinclong tanpa ada secuil pun kotoran yang menempel, Begitupun dengan bagian mesin yang sudah oke tanpa ada kerusakan, Ditambah Pemilihan BBM dan Oli yang Sesuai buat Karakter yang kita inginkan tadi, Pasti Spacy kita tambah Powerfull dan Semakin Nyaman dikendarai. Ingat, Spacy lemah di akselerasi tapi kuat di high RPM power, Jadi jangan buru terbawa nafsu ingin mendahului. Ikuti saja tarikan motor di depan dan ketika sampai di angka 40-50 km/jam betot gas Spacy. Tapi jangan lupa sebelum berkendara cek kondisi fisik Sobat dan Selalu Keep Brotherhood di Jalan. Kalau ada kata” yang salah mohon dimaafkan dan dikoreksi, dan bagi yang ingin menambahkan atau memberi masukan, Ericko Anderson’s Blog dengan senang hati menunggu sobat di kolom komentar.      >>>Salam Spacers !

Advertisements

3 comments

  • wah, infonya oke nih gan.. ane alhamdulillah selalu v power dan oli ahm spx2, sekarang lagi coba xten. Sejauh ini performa oke banget, tapi beda sama nt, ane kuatnya di rpm bawah. Berat di tengah ya kayanya, speed 60-80 sedikit melambat naik jarum speedonya..

    Ane salut gan sama nt, rajin servis sama nyuci. Ane servis tiap 4000km, nyuci jarang banget. wkwk…

  • Djatmika B.W

    Ane punya taon 2012 akhir, udah jalan +- 32.000 km. Udah ganti belt CVT 2x (km 18.000 & 29.000). Bensin biasa Ron 92, kalo nemu yah pake V-Power. Kira-kira solusinya gimama yak supaya kuat di tanjakan? Kalo rpm tinggi di jalan datar sih nggak masalah. Suka abis napas kalo nanjak soalnya. Thanx

  • Mastmade Amir

    Muantapss… Jadi yakin dan percaya diri punya Spacy….

Tinggalkan Balasan