Tingkatkan Performa Honda Spacy Helm-In Untuk Harian,,, Semua Cara Ampuh Kok…..Part. 2

2. Bore Up Harian Spacy

Setelah puas dengan Spacy + Part Racing tadi, masih ada cara tambahan untuk meningkatkan performa si semok Spacy. Yapp, tak lain dan tak bukan adalah menambah kubikasi(cc) mesin dengan cara mengganti ukuran piston dengan diameter yang lebih besar (BORE UP). Nah kali ini Ericko Anderson’s Blog ingin sharing apa aja macam-macam Bore Up  Spacy yang banyak dilakukan para Speedlovers di luar sana…

Bore Up Menggunakan Piston Vario 110 Standard.
Siapa bilang Vario & Spacy jeroan mesinnya sama? . Memang pada dasarnya Honda Vario & Spacy sama-sama keluaran Pabrikan sayap mengepak Honda & Sama” berkubikasi 110cc (Realnya 108cc gan). Namun Vario sedikit lebih diuntungkan dengan adanya Pendingin Radiator(Liquid Cooled, Spacy cuma kipas doang) & Kompresi yang padat (10,7 gan, bandingin Spacy yang 9,2). Alhasil banyak Speedlovers yang mengaplikasikan Piston Honda Vario ke Spacy-nya. Dengan design Piston yang lebih “Jenong”, maka kompresi yang dihasilkan pun menjadi jauh lebih padat. Walhasil Tarikan awal RPM Spacy yang terkenal Lemot (Ericko Anderson’s Blog ngerasain sendiri gan, Spacy itu Wuzz di 5.000-8.000 RPM) bisa terobati dengan penggunaan Piston ini. Namun Perlu Diperhatikan

Piston Vario yang jenong memang membuat kompresi naik. Tetapi jelas cepat membuat mesin panas / Overheat (Itulah Sebabnya Vario pakai Liquid Cooled) & Mengharuskan kita memakai BBM Ber-Oktan 92+ (Kompresi 10,7 harusnya Pertamax Plus, tapi Pertamax udah wuzz & aman kok).
Hasilnya yang paling terasa adalah kenaikan Torsi 1Nm dan Power 0,5HP di RPM Bawah-Menengah-Atas.

image

Kiri Piston Honda Vario & Kanan Honda Spacy, Siapa lebih jenong jidatnya hayoooo….hhheeee

– Bore Up Menggunakan Piston Kaze OS 0 (53mm) sampai OS 50 (53,5mm) + Klep & Camshaft Standar Serta Ubahan

Piston ini terkenal bahkan saat Ericko Anderson’s Blog dulu masih pegang Supra-Fit & Jupiter Z Edisi 1. Ukurannya yang lumayan Oke untuk ukuran Bebek 110 menjadi primadona para penggila Bore Up. Cukup siapkan biaya 150rb untuk Piston+Ring, 150rb untuk biaya korter blok cylinder & 100rb untuk ongkos pasang. Spacy pun melonjak cc nya hingga 125cc. Torsi, Power & Acara betot gas dijamin menjadi semakin oke Gan. Fyi, Setelah Bore Up menggunakan piston ini, harap untuk memperhatikan dome piston yang jenong. Untuk Daily Use Klep+Cam Standard, patok Kompresi disekitar 10,5 agar masih aman meminum BBM Bersubsidi (Premium).Tenaga Wuzz, dibawa harian pun oke. Berbeda untuk Klep+Cam yang profil nya sudah diubah monggo setting dewe. Sing penting mimik’e Pertamax yoo…(Ga promosi lho)

image

Piston Kaze, terbukti ampuh lho buat si semok Spacy.

3. Paket Blok Siinder Racing 54,5mm dan 57mm

Nah ini nih cara Bore Up yang praktis. Soalnya sudah sepaket yang terdiri dari, Piston, Ring Piston, Pen Piston, Blok Silinder & Paking Alumuniumnya. Tinggal datang ke Speedshop, Bayar, Pasang & langsung pakai deh. Tersedia berbagai merk Racing seperti Kawahara, Shark, TDR dll yang menyediakan Blok Bore Up ini. Lagi-lagi Fyi, Sesuaikanlah Dome / kubah piston & Patok kompresi antara 10,5-11. Dikarenakan Jika menggunakan 1 Paking Almu, kompresi yang dihasilkan masih terlampau besar untuk ukuran motor Daily Use. Sekitar 12,2 u/ 1 Paking, 11,5 u/ 2 paking, sementara u/ 3 paking Ericko Anderson’s Blog tidak menganjurkan, dikarenakan rawan rembesan oli. Setelah oke 54,5mm Paket Blok akan menghasilkan 130cc & 57mm akan bermain dikisaran 145cc. Dengan ditambah sedikit Part Racing Spacy di Bagian. 1 tadi. Nah lho, siap nempel Jupiter Mx, Byson, NMP, Pulsar135 atau bahkan Vixion lawas & FU nih…hhheeee

image

Paket Blok Silinder 54,5mm, My BOB Next Project…hhheee sok inggris dikit…

4. Bore Up Dengan Piston 56, 57 / 58mm.
Nah buat yang ini hampir termasuk Exreme Bore Up nih, Pakai piston Kaze Blitz Joy 125cc yang memiliki diameter 56mm atau OS 100 nya yang memiliki diameter 57mm. Atau bahkan menggunakan Piston + Klep Superiornya Honda Sonic / CS1 yang mana piston-nya berdiameter 58mm ?, Sah-sah saja buat para Speedlovers yang berjiwa Speed sejati. Dibarengi dengan Part Racing Spacy plus Ke-presisian dalam mem Bore Up Blok cylinder. Dijamin, Vixion & FU Standar Klepek- klepek kaya ikan mujair gak kebagian air.
Untuk ukuran piston 56 / 57mm sih sah-sah saja, Namun untuk Pengaplikasian diameter piston 58mm, sebaiknya difikir dan dihitung ulang, soalnya selain ketahanan mesin yang jauhh..uhh..uuhhh berkurang, resiko kompresi bocor ke Baut tusuk sate pun menjadi Risiko nya. Ingat Artikel ini ditujukan untuk Daily Use(Harian) lho, kalo ga aman dipakai harian Ericko Anderson’s Blog ga kasih Recomended deh…
Jangan lupa, Selalu untuk mengkalkulasi bentuk & ukuran dome Silinder Head. Patok kompresi di 11:1, Harian oke, Liaran monggo…

image

Piston + Klep Honda Sonic / CS1…Piston para Speedlovers sejati…

image

Nih, Beat yang jadi jawara Drag s/d 155cc, Bermodalkan Piston Sonic & Settingan Wuzzzzzzz….

Adapun Kelebihan & Kekurangan Metode Part. 2 ini antara lain :
KELEBIHAN :
– Lonjakan tenaga jauh lebih didapat daripada Metode Part.1
– Biaya yang dikeluarkan untuk Bore Up lebih murah dibandingkan Metode Part.1
– Bisa Nempel atau bahkan Ngasepin motor Sport s/d 150cc
– Bisa sekalian nyari duit gan kalo sambil Balap Liaran di jalan (Ini Ga Boleh lho !!!)
– Apabila dikombinasikan dengan Metode Part. 1 hasilnya W.O.W….

KEKURANGAN :
– Mesin Cepat Panas (Overheat)
Risiko Jebol Mesin dijalan ditanggung sendiri
– Haram minum Premium, dipaksakan boleh tapi risiko tanggung sendiri
– Boros Bensin. Ya wajar ada lari ada bensin gan…..Hhheee

Dari sekian banyak teknik Bore Up di Honda Spacy. Apabila BroSist tertarik untuk mencobanya, Ericko Anderson’s Blog punya tips & trik untuk mengurangi risiko yang disebabkan motor Bore Up :
– Minum Pertamax !, untuk mencegah mesin ngelitik/knocking
– Pakai Oli kualitas Good ! Yang murah alias murmerceng ada Enduro Matic Racing, atau kalau punya dana lebih bisa lirik Shell / Motul untuk Scooter
– Sabar dalam Inreyen motor ! Yap saat motor selesai Bore Up, jangan langsung GasPoll, jalankan normal di kecepatan maks 50 km/h selama +-300 km dari Proses Bore Up, Agar serbuk gram dari dinding piston terbuang ke dalam oli. Setelah itu gantilah oli dan rasakan Tarikannya !
– Rajin ganti oli ! Ya apabila motor standar bisa s/d 2000 km, maka untuk mesin Bore Up, Gantilah setiap 1000-1500km. Hal ini ditujukan agar piston dan dinding silinder selalu mendapatkan pelumasan optimal.
– Telitilah dalam membawa motor anda ! Apabila sudah timbul suara-suara yang tidak diinginkan segera cek ke Bengkel favorit Speedlovers.
– Yang Terakhir ! Hati-hati bawa Spacy-nya dijalan ya gan. Inget Safety Riding & Keep Brotherhood dijalan. Jangan lupa kalo ketemu si BOB klakson ya gan.

Bersambung Ke Last Part,,, Part. 3…

Posted from enoanderson’s WordPress for Android

15 comments

  • denza

    Bagaimana klo sistem pendingin vario nya di aplikasikan juga di honda spacy? Sehingga mengurangi resiko overheat pada mesin honda spacy nya?

  • Nice artikel bro… Salam kenal,
    tolong rekomendasikan bengkel matik di seputaran pasar rebo- cibubur-cileungsi.
    Buat akselerasi vario 125 fi ane.
    Thanks bro

  • Ardhy muhammad adha

    Yg gua pakai sonic std aman ga jebol tapi cuma jarak 1km tiap hari 😀

    • Waduh kalo Sonic 58 ane rada ngeri Bocor kompresi atau oli rembes. Soalnya sering ngurus mbeat,scoopy sama Spacy pake sonic dipake 3bulan buat kerja (pp 30km) udah mulai ga enak (Dipake ngeblong terus), Padahal Kompresi udah dipatok 10:1 + bbm pertamax. Ane sih nyaranin pake 56mm + kompresi sedang aja udah joss kok. Kalo masih mau 58 buat sehari-hari & dibawa jauh, Mainin kompresi dibawah 10 kang, pake oli enduro matic (ganti per 1500km) + bbm pertamax.

      Btw, Thanks udah ngeliat2 blog sederhana ane kang.

  • adam

    Artikelnya mantab gan…. rekomen bengkel spacy di bekasi dimana gan?

  • gan numpang nanya naikin mesin buat honda spacy nyampe 54.an itu bisa apa engga ? kalo bisa membutuhkan apa aja gan 🙂

    • Spacy sampai 54mm bisa masbro. . . Biar gampang & gak banyak repot, Pakai Paketan Kawahara/TDR yang 54,5 mm aja broo. . . Sudah lengkap dari blok, seher, ring seher, pen & paking. . . Tinggal sesuaikan sama head, Beress….

  • ane tangerang nih gan, td baca agan d sekitaran curug ya? nah ane d citrarayanya gan< ada bengkel buat d reccomended?

  • fachrelfarisandi

    Gan kalo spacy ane mau di naikin ke 54mm bisa ga gan? Kira kira membutuhkan apa aja dan biaya nya kira kira berapa ya?

  • fachrelfarisandi

    Permisi gan ane mau nanya kalo motor spacy ane mau dinaikin mesinnya ke 54’an kira kira membutuhkan apa aja? Dan kira kira biayanya berapa ya?

  • Vhandeph

    Gan numpang tannya klo spacy ane pake 58an kira” bermasalah ga ya ??

Tinggalkan Balasan