6 Fakta Menarik Livery 60th Anniversary Yamaha

Racing Color

Yamaha YZF750R SP3

Setelah pertama kali diperkenalkan musim 1978, livery Chain Block putih strip merah ini terus dipertahankan Yamaha sampai penghujung era GP500. Meskipun dari pertengahan 80-an pabrikan garputala lebih terkenal dengan livery Marlboro-Yamaha nya, tapi livery ini hampir nggak pernah absen di YZR500… Baik itu dipakai di selama full musim, wildcard, ataupun via kejuaraan domestik All-Japan Championship.

Dan jangan salah, livery ini juga bukan cuma dipakai di balapan GP doang. Tapi juga dipakai di kelas balapan lain kayak di YZF R7 WSBK – bukan yang baru itu ya, tapi yang OW02 – sampai ke balapan Motocross juga ada.

Valentino Rossi, YZR M1 MotoGP Valencia 2005

Meskipun lebih terkenal lewat YZR500 tim Factory Yamaha dikelas GP500, tapi livery Chain Block putih strip hitam ini juga pernah kok mejeng di YZR M1 era MotoGP. Yang pertama, sekaligus mungkin yang paling berkenang buat saya, ada livery M1 Valencia 2005 yang dipakai duo Valentino Rossi dan Colin Edwards.

Setelah itu, livery Chain Block putih strip merah ini juga pernah dipakai lagi pada musim MotoGP 2011. Waktu itu livery ini dipakai 2 kali di M1 Jorge Lorenzo sama Ben Spies, yaitu di Seri Assen sama Laguna Seca. Waktu itu, livery ini dilabel dengan edisi Anniversary Yamaha yang ke 50.

YZR M1 Preseason Test MotoGP 2021

1 dekade kemudian, livery ini comeback lagi di YZR M1 versi preseason test Qatar yang ditunggangi Cal Crutchlow. Menurut Yamaha, livery ini terinspirasi dari YZR500 0W48 versi original yang dipakai di GP500 musim 1980. Dan gokilnya, livery Chain Block versi putih merah ini bukan cuma comeback ke balapan GP, tapi juga dipakai di Yamaha R1 WSBK, sama versi Endurance Race.

One comment

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s