6 Fakta Menarik Livery 60th Anniversary Yamaha

Twins Livery

Aslinya, 2 livery Chain Block kuning-hitam sama merah putih itu ya sama-sama special. Livery ini juga pernah dipakai berbarengan lho! Ya, seperti yang sudah sedikit saya singgung sebelumnya, desain Chain Block dari Rollin Sanders ini awalnya memang dipakai buat tim Yamaha Amerika atau YIC (Yamaha International Corporation) di balapan AMA Grand National.

Setelah itu, baru livery Chain Block nya dipakai sama Yamaha pusat atau Yamaha Motor Corporation dengan grafis yang identik, tapi warna dasarnya pakai putih strip merah.

YZR500 0W35K – Johny Cecotto & Kenny Roberts Sr.

Kejadian yang sama juga pernah kejadian dibalapan GrandPrix. Pada musim balap GP500 musim 1978 sampai 1980, dua livery ini juga eksis berbarengan. Livery Chain Block kuning strip hitam itu dipakai sama Kenny Roberts Sr dari tim Yamaha Factory USA. Sementara livery Chain Block putih strip merah dipakai sama Johny Cecotto dari tim Yamaha Factory International.

Thanks buat Juara Dunia 3 kali beruntun bareng Kenny Roberts Sr, akhirnya livery Chain Block kuning-hitam jadi jauh lebih terkenal pada tahun 78 sampai awal 80-an. Livery ini juga yang biasanya jadi warna spesial di produk Yamaha Amerika.

Sementara yang warna putih strip merah itu biasanya dipakai buat livery Yamaha versi global karena melambangkan kelanjutan effort pabrikan garputala di sector balapan.

Jadi sudah jelas ya, dua-duanya memang special banget buat history Yamaha sampai bisa terkenal sampai sekarang. Makanya, Yamaha kadang pilih grafis Chain Block kuning-hitam, kadang putih strip merah. Ya tinggal dipilih aja, soalnya kalau urusan warna itu relatif ke siapa yang nilai sih. Nah, kalian prefer yang mana hayo?

One comment

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s