Honda PCX 2021 yang Ada Rasa Forzanya!

Honda PCX terbaru yang pakai mesin eSP+ – alias mesin generasi baru dengan 4 klep plus rasio kompresi absurd – akhirnya nongol juga batang hidungnya. Sayangnya, ternyata bukan PCX 150 Indonesia tuh yang pertama kali dapat jatah premiere release, bukan juga PCX di Thailand, tapi justru PCX 125 yang dijual di Eropa.

Nggak usah khawatir, PCX itu platform motor global kok! Jadi besar kemungkinan desain yang dipakai di Eropa ini juga bakal dipakai untuk PCX Lokal yang dijual di Indonesia. Which is beneran class banget sih ini mah euy! Soalnya nggak tau kenapa ada aura Honda Forza nya. Please AHM, jangan lagu-laguan bikin desain sendiri, ini sudah ciamik banget soalnya.

PCX sekarang aja desainnya menurut saya masih jauh lebih glamour dibanding New NMAX. Desainnya doang ya. Kebayang kalau dapat upgrade lagi jadi kayak gini, tambah bikin ngiler modelnya. Gimana menurut kalian, cakep nggak?

Dari sisi detail, suspensi belakangnya dapat upgrade dengan diameter per yang lebih gede dan travel lebih panjang, jadi kemungkinan masih ada fitur bengkok secara visual. Jarak main & ukuran shock belakang yang lebih panjang ini ditujukan untuk mengakali kombinasi velg baru: 14 inci di depan dan 13 inci dibelakang… Yang kalau kalian jeli, ini PCX gayanya semakin dibuat ala-ala maxi scooter Eropa banget.

Kalau mau cari-cari titik jeleknya, satu poin minus mungkin ada di desain velgnya yang mirip velg aftermarket Chemco lansiran 5 tahun lalu. Yuck!

Paling yang berbeda antara PCX 125 terbaru & calon PCX lokal terbaru nanti cuma fiturnya, dimana versi Indonesia biasanya paling komplit fitur – dengan tambahan double disc brake yang belum ada di PCX 125. Asyiknya, PCX125 ini juga ketambahan fitur Traction Control (HSTC) – yang kemungkinan besar juga mampir ke versi PCX local di Indonesia… Namanya juga AHM, kalau Yamaha pakai fitur baru, ya mereka juga bakal kasih fitur yang serupa.

Tapi sedihnya, meskipun fiturnya paling gokil, tapi PCX Lokal juga terkenal sebagai paling rendah soal kualitas cat, plastik PP & finishing touch nya. Ya, semua pasti ada plus minusnya sendiri-sendiri.

Balik ke topik intinya soal mesin eSP+ terbaru, ya ini dia mesin anyar yang disiapkan Honda ke semua produk skuter matik 150cc nya. Kalau PCX125 di Eropa bakal mendapatkan upgrade mesin dengan kapasitas yang sama persis, maka PCX150 di Indonesia rumornya juga bakal mendapatkan mesin 4-klep generasi terbaru, ditambah kenaikan kapasitas mesin jadi 157cc… Alias platform mesin yang sama persis kayak SH150i terbaru.

Kapasitas mesin naik, efisiensi meningkat, plus power juga melonjak signifikan.

Soal mesin, segala problem gredeg-gredeg & hubungannya dengan calon Vario 125 terbaru kita bahas nanti aja ya… Kalau rumor PCX Lokal & Vario 125 edisi baru mulai memanas. Buat sekarang silahkan bayangin aja dulu desain PCX anyar yang ada rasa Forza-Forza nya ini… Selamat ngiler.

9 comments

  1. Betul kang, motor paling glamour (mewahnya seperti film india) , cocok dengan jiwa orang sini, makanya semakin banyak sliweran.

  2. Kang Eno kalau berkenan bisa dibikin artikel ekspektasi vs realita CBR150R K45R ? Soalnya kabarnya bakal new engine entah bakal balik ke overbore atau malah latah ikut2an overstroke kayak scoopy/genio/new grom.

  3. Eno mau tau kelemahannya PCX 2021, nih gw sebutin,,,,,,blm subtank+preload-laci dpn cuma 1-blm VVA/VTEC-stang telanjang-jok keras-mesin kelinci percobaan-lampu dpn kombinasi beat 2020+forza-ABS 1 channel-harga overprice

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s