Apa yang Membuat Motor 250cc 4 Silinder Istimewa?

Dalam beberapa bulan terakhir, buat yang ngaku enthusiast dunia roda 2 pastinya sudah mendengar rumor soal Ninja 250 4 Silinder… Sportbike 250cc ultimate yang bakal membuat para speedfreak berkantong tebal ngantri beli unitnya. Tapi kali ini kita nggak bakal bahas rumor atau teknis calon Ninja terbaru, melainkan kita bakal bahas aspek history dari motor 250cc 4-silinder itu sendiri.

 

Kawasaki Ninja 250 4 Silinder

 

Loh, emang ada motor lawas yang pakai mesin 250cc 4-silinder kayak calon Ninja terbaru, Kang? Ada, banyak banget malah! Buat yang belum sempat baca-baca artikel lawas di EA’s Blog, motor bengis ini sempat eksis di era 80-an hingga akhir 90-an – kemudian seakan hilang begitu saja ditelan bumi 2 dekade yang lalu. Sampai akhirnya Kawasaki dirumorkan coba membangkitkan kembali motor special tersebut dalam wujud Ninja 250 4-silinder.

So, apa yang membuat motor 250cc 4-silinder lawas begitu spesial…? Sebegitu spesialnya hingga membuat Kawasaki dirumorkan rela keluar budget besar & melawan arus industri R2 untuk development Ninja 4-silinder? Kemudian, apa sih yang membuatnya sangat diimpikan para entusias roda 2 untuk direborn kembali di era modern?

Nih dia jawabannya…

 

 

Note: Buat yang tanya artikel, tenang saja – semua draft pembahasan video Historical Lesson sudah saya kembangkan ke bentuk artikel. Sayangnya, WordPress gratisan yang saya pakai sekarang nggak support multipage. Jadi mohon maaf banget belum bisa dipublish disini. Semoga kedepannya ada rejeki untuk bayar hosting premium lagi seperti sebelumnya, aamiin…

18 comments

  1. Klo untuk era saat ini, mungkin 3 silinder lebih pas utk 250cc, karena aturan tentang emisi gas buang yg lebih ketat, torsi bisa didapat di RPM yg lebih rendah dari mesin 4 silinder, tapi power lebih besar dari mesin 2 silinder, dan juga ukuran mesin bisa lebih ringkas dari 4 silinder.

    Btw, menurut gw Yamaha bisa nih klo bikin 3 silinder 250cc, karena sudah mulai duluan di MT-09, dibanding sesama merk Jepang. Tinggal pke stroke yg sama dgn R25/MT25 (44,1mm) dan ukuran bore 49mm, jadilah 250cc 3 silinder (cuman opini orang awam aja sih).

    • Sudah ada bocoran tuh di warung sebelah, yg jelas Yamaha siap brojolin triple 250cc tinggal nunggu Kawasaki aja duluan dgn 4 silindernya

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s