Antara Honda BeAT Street & Suzuki Nex II Cross…

Oktober 2016 silam saat PT Astra Honda Motor merilis Honda BeAT Street ke pasar Indonesia, saya benar-benar nggak bisa menyembunyikan kekecewaan. Bukan karena produknya mirip keluaran Bantar Gebang (well, seenggaknya kita nggak lagi bahas plastik)… Tapi lebih ke effort AHM yang seolah hanya mengandalkan nama besar BeAT dibanding mewujudkan basis Remix Concept yang potensial. And I hate that!

Honda Remix Concept
Honda Remix Concept

Endingnya, Remix Concept yang harusnya bisa menemani CBR250RR sebagai kandidat motor favorit EA’s Blog di 2016 – justru malah jadi yang terburuk saat diproduksi masal dalam wujud Honda BeAT Street eSP. Saat itu dibagian penutup, saya sempat menulis quote “If you buy crap, they’ll make another one”.

Siapa sangka, quote dari blog underground ini jadi kenyataan. Karena rumor beredar, Suzuki tengah menyiapkan direct competitor Honda BeAT Street yang bakal dirilis nggak lama lagi!

 

Suzuki Nex II Cross

 

 

Entah Namanya bakal pakai Suzuki Nex II Cross atau apapun itu, yang jelas divisi roda 2 PT. SIS kabarnya tengah mengembangkan produk turunan Nex II yang sudah setahun lebih malang melintang dijalanan Indonesia. Selentingannya malah konon ada 2 produk sekaligus lho! Direct competitor BeAT Street & Nex II versi ban dual-sport yang secara otomatis bakal bergesekan dengan X-Ride 125.

Terus, gimana menurut Kang Eno? Apakah strategi ini termasuk tepat bagi Suzuki?

Pertama saya tegaskan dulu, sekali nggak suka metik setengah-setengah begini ya tetap nggak suka… Apapun merknya, dan meskipun yang dibahas (basisnya) adalah motor pribadi saya sendiri. Memaksa skutik lifestyle atau ADV untuk berada di level 16 jutaan (setara entry-level) adalah hal konyol yang dilakukan secara terpaksa untuk melindungi produk di segmen yang lebih tinggi (Vario 110 & Address).

Padahal secara potensi – jika disiapkan secara matang – Honda BeAT Street & Suzuki Nex II Cross atau apalah namanya nanti, jelas bakal membabat habis market milik Vario 110 & Address. Tapi pabrikan malah pilih sebaliknya, demi menghemat cost development.

Sementara urusan strategi, kali ini Suzuki boleh diacungi jempol untuk melihat peluang pasar. Apalagi kalau bocoran 2 produk anyar berbasis Nex II (Lifestyle & ADV) bakal terbukti jadi kenyataan… Sekali mendayung, BeAT Street & X-Ride 125 tertabok! Terlebih yang disebutkan terakhir tadi desainnya bikin ibu hamil mengusap perut.

 

Ekspektasi & Realita?

 

Jujur saja, EA’s Blog nggak bakal ngarep banyak ke Suzuki Nex II Cross atau apalah namanya nanti. Terlebih jika menilik kondisi terakhir Suzuki yang seakan kesusahan bikin inovasi anyar dipasar skuter matik (Halo Burgman Lokal?). Untungnya, beruntung banget… Basic desain Nex II tergolong mumpuni sekalipun dipaksa pakai setang baplang.

Realisasi yang paling logis mungkin bisa kita lihat di Suzuki Nex II Custom Concept yang dipajang pada pameran IMOS tahun lalu… Minus aksesoris suspensi & pengereman yang blink-blink pastinya.

Bagian yang dirubah meliputi setang & clamp ala motor sport, speedometer digital, visor, plus warna yang lebih eyecatching. Sementara untuk versi ADV yang bakal menantang X-Ride 125 pakai tambahan tipe ban dual-purpose. Sementara untuk fitur skutik standar Honda & Yamaha seperti Idling Stop, Generator Starter, Side Stand Switch, Parking Brake Lock, atau model Velg terbaru, sepertinya fans Suzuki masih harus menunggu lebih lama lagi. *insert sad emoticon here

Dan kalau boleh jujur – dari perspektif owner – sebenarnya ada banyak banget bagian yang harus direvisi dari basis Nex II ini. Khususnya dibagian suspensi belakang yang bengkok, serta konfigurasi CVT yang bener-bener nggak cocok sama sekali dengan karakter ‘ADV’. Ngeden & ‘ngorok’ nya itu lho, tck!

Iklan

16 comments

  1. Entah mengapa, kalau denger Suzuki Indo mau bikin ini bikin itu

    Aku udah di taraf yang “oh” dan “bodoamat mereka mau bikin apaan, gausa dipikirin”.

    Karna sekalinya rumor mau pukul produk a, itu tunggu produk a facelift 2 kali baru itu muncul. Dan iya kalau jadi, dan iya kalau desainnya pake niat.

  2. Kok sok belakang nexII bengkok sunyi sepi ya dari pemberitaan..
    Apa dah bodo amat karena bukan merk sayap sengkleh dan garpu karat …hemm

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s