10 Motor Kenamaan “Korban” Regulasi EURO4!

 

 

6. Triumph Bonneville T100

 

 

EURO 4 Killed Off

 

Artikel History Triumph Bonneville yang ditulis EA’s Blog mendapat apresiasi cukup tinggi dari pembaca, sekaligus jadi bukti betapa besar pamor motor klasik asal Inggris tersebut. Namun seperti yang dibahas sebelumnya, EURO4 terkenal tak pandang bulu… Bonneville T100 pun jadi salah satu “korban”nya – yang sekaligus jadi bukti sahih betapa sulitnya mesin generasi lawas menembus batasan emisi EURO4.

Saat ini ‘Bonnie’ T100 dijual di Inggris dengan diskon harga besar-besaran, karena Triumph sedang gencar mempromosikan generasi terbarunya: T120 yang sudah berstandar terbaru, plus power lebih besar dan konsumsi BBM lebih irit.

 

 

7. Ducati Hyperstrada (And 821-Family)

 

 

EURO 4 Killed Off

 

Kalau diterjemahkan dari bahasa italia, “strada” punya arti jalan atau perjalanan – klop dengan positioning motor satu ini sebagai versi touring dari saudara dekatnya, Hypermotard. Meski masih tergolong motor baru (dirilis 2013), namun faktanya Ducati Hyperstrada 821 justru harus pensiun dini akibat regulasi EURO4 tak bersahabat bagi mesin 821cc L-Twin yang diusungnya.

Dan kabar buruk tak berhenti sampai disitu, Karena tipe lain dengan mesin yang serupa: Hypermotard 821 & Panigale 859 juga ikutan kena imbasnya (EA’s Blog masih penasaran apakah Monster 821 ikutan kena juga?). Efeknya, Kini produsen asal kota Bologna tersebut memperkenalkan basis mesin terbaru berkapasitas 939cc – yang dipakai masing-masing oleh Hyperstrada, Hypermotard & Panigale terbaru di 2017 mendatang…

 

8. Honda NC750X

 

 

EURO 4 Killed Off

 

Discontinuenya Honda NC750X (MY2015) membuktikan kalau di list Top 10 kali ini tak hanya diisi motor-motor dengan penjualan relatif standar. Karena moge 750cc yang masuk daftar 10 motor terlaris Eropa ini (juga) tak mampu menembus standar yang ditetapkan EURO4 – meski mesin yang digunakan tergolong keluaran terbaru dengan teknologi DCT (Dual-Clutch Transmission). Untungnya, langkah yang diambil pabrikan berlogo sayap mengepak sangat cepat demi mengembalikan kesuksesan market NC750X, dengan merilis edisi faceliftnya di awal tahun 2016.

Tak hanya dibekali tampilan anyar yang makin sporty dan bergaya ‘touring… Honda NC750X 2016 juga sudah dibekali knalpot model terbaru (dengan catalytic converter lebih advanced), serta revisi sistem elektronik & PGM-FI – yang membuatnya lolos standar EURO4, plus konsumsi BBM yang lebih irit. Tambahan praktikalitas bagi moge dengan frame bertipe underbone ala motor bebek tersebut.

 

 

9. Suzuki SV650S

 

 

EURO 4 Killed Off

 

Setelah malang-melintang dari tahun 2001 dengan hanya ubahan minor (baca: seadanya), akhirnya Suzuki SV650S pun bakal menemui penghujung di tahun 2017 mendatang. Sejalan dengan tipe motor lain di list kali ini, sosok moge entry-level bermesin V-Twin yang punya banyak fans di Eropa tersebut terpaksa discontinue karena tak memenuhi standar emisi dan elektronik yang ditetapkan EURO4. Untuk menghabiskan stok, sportbike ini dibanderol £4,999, sebuah hal menarik dimana versi naked terbarunya (SV650 MY 2016) dijual dengan harga yanf jauh lebih mahal £5,499… Kabar baik bagi fans Suzuki, akhirnya sebentar lagi kita bakal melihat major facelift SV650S 2017, yang berbasis Naked-SV650. EURO4 ternyata membawa berkah juga ya??

 

10. Mocin Re-Branded

 

 

EURO 4 Killed Off

 

Dan yang seakan mendapat pukulan telak atas regulasi EURO4 ini tentu adalah motor asal Tiongkok yang dibranding oleh distributor Eropa (contohnya: Lexmoto, Honley, WK-Bikes, dll). Distributor yang biasanya menjual motor < 250cc dengan harga yang bersahabat, mulai tahun depan bakal dihadapkan dengan standarisasi elektronik ABS & OBD1…

Belum lagi soal test durability dan penggunaan fuel-injeksi sebagai efisiensi BBM dan gas buang, motor-motor berkapasitas mungil tersebut bakal sulit menembus regulasi EURO4. Meskipun ada beberapa produsen yang sudah siap akan konsekuensi EURO4, tapi hampir bisa dipastikan motor 50-125cc tersebut harganya takkan lagi bersahabat…

 

 

Ebuset… Banyak juga ya? Eits, jangan tercengang dulu ya Brosist. Coba bayangkan apabila di Indonesia sudah menerapkan standar dan regulasi yang setara dengan EURO4 di Uni Eropa… Bakal berapa banyak motor yang discontinue atau dirombak besar-besaran (baca: facelift)?

Yup, kemungkinan besar bakal terjadi kepada 99% motor yang saat ini dijual di tanah air! Dan apabila memang jadi kenyataan, maka jangan heran kalau kedepannya motor 250cc bakal punya sistem elektronik jauh lebih mumpuni dari Honda CBR1000RR Fireblade yang dijual saat ini……..

 

EURO 4 Killed Off

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

All New CBR150R Facelift K45G

5 Fakta Performa dan Mesin All New Honda CBR150R Facelift (K45G) !

 

All New Suzuki Satria F150 Injeksi - Panas Mesin

4 Trik Suzuki Memanage Panas Mesin All New Satria F150 Injeksi !

 

Suzuki TU250GB

5 Motor Retro-Look Terbaik Dibawah 250cc !

 

Kawasaki Z250SL ZED

Niat Beli Kawasaki Z250SL / Ninja 250 RR Mono Bekas ? Perhatikan 5 Bagian Berikut !

 

Kelemahan Kawasaki Ninja 150 RR

3 Alasan Kawasaki Ninja 150 RR Nggak Spesial di Mata Semua Orang ?

 

Drysdale 750 V8 Superbike

5 Konfigurasi Mesin Paling Gokil Di Dunia !

 

AJS Cadwell 125

5 Motor Cafe Racer Terbaik Asal Cina !

Iklan

37 comments

  1. Bis malam saja sudah pada pasang stiker euro6 tuh hahaha.
    Hebat orang indonesia dong. Mau euro berapa juga, tinggal pasang stikernya.

  2. Kawasaki KLX250S dan D’Tracker X juga kena imbas lho. Kalau nggak salah tahun depan udah cabut dari Eropa dua motor ini. KTM 125 EXC, KTM 200 EXC, Husqvarna TE 125 juga kena imbas. Udah discontinue diganti dengan motor non-homologated Euro 4.

    Tapi kerennya motor enduro 2T: Beta Xtrainer 300, Beta RR 2T 250, dan Beta RR 2T 300 model year 2017 justru malah lolos homologasi Euro 4! Padahal masih pakai karbu dan nggak pakai ABS.

  3. Mudah2an euro4 gak ditetapin di tanah air dlm waktu dekat kang, kasian yang kemarin2 baru facelift jadi old lagi, ajegilee…

  4. Yaa mudah2an kedepannya, bakal tercipta mesin2 internal combustion yg lebih ramah lingkungan dan gak pake kompromi sana sini. Jujur aja nih kang eno, jangan sampe lah mesin internal combustion tergantikan dengan hybrid atau elektrik. Motor listrik maupun mobil listrik tuh ibarat gak ada “soul” nya.

  5. anu, kang eno.. kalo motor listrik udah pasti lolos kan yah?
    tinggal nambah2 kapasitas penyimpanan data elektroniknya doank kyknya..
    itu motor gesits, bisa lolos donk…

  6. Saya baru tau kang eno kalau LML juga produksi mesin 2 strokes, setau saya LML cuman ada yang versi 4-strokes dan di indonesia sudah cukup lama ada yang memilikinya bahkan saya pernah lihat sekali kemarin di jalanan 😁

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s