The Carver, Bukti Inovasi Tak Selamanya Berjalan Mulus

 

The Carver - Carver One f

 

Di artikel Historical Bike kita kali ini, Ada sosok yang unik… Uniknya, Karena yang satu ini beroda 3 tapi bukan bemo… Bisa mereng-mereng kayak Marc Marquez tapi bukan motor… Dan yang membuatnya tambah aneh, Ternyata juga bukan sebuah mobil lho. . . Yup, Ini dia The Carver !

 

 

The Carver - Carver One
Holy KAW !!

 

Development The Carver dimulai tahun 1990-an silam di Belanda, Hingga akhirnya mencapai tahap produksi masal di pertengahan tahun 2007 silam dengan mengusung nama Carver One… Jerman ditunjuk sebagai negara yang bertanggung jawab akan proses assembly & produksinya – Yes, German’s Quality coy !!!

The Carver menggabungkan sensasi dan desain ala sepeda motor, plus kontrol dan kenyamanan ala sebuah kendaraan roda 4 sekaligus. . . Tapi pastinya bukan itu yang ada di kepala Brosist sekalian… Melainkan : Ini kendaraan cara kerjanya gimana sih Kang Eno ??

 

 

The Carver - Carver One

 

Oke, Sebelum kita mulai pembahasannya, Silahkan cek dulu video review dari Richard Hammond, Top Gear berikut ini… Karena kalau nggak dilihat dulu, Saya percaya 70% dari Brosist bakal sulit mencerna pembahasan Historical Bike EA’s Blog kali ini. . .

 

Mobile Version : 3,6 MB (Klik Disini)

 

 

Secara desain dan kontrol, The Carver menggabungkan aspek berkendara dari roda 2 & 4 sekaligus… Dimensinya dibuat lebih slim agar tak memakan banyak space dijalanan, Bobotnya sekitar 3x lipat motor 600cc, Dan body bagian depan dibuat dengan teknologi agar pengendara bisa miring hingga 45° – Sebagai aspek roda 2 yang tak bisa terbantahkan. . . Sedangkan bagian kemudi total layaknya sebuah mobil mini, Dengan mesin terletak di bagian belakang, Bersama 2 ban yang berfungsi sebagai penyeimbang aspek Roda 4 nya… Tambahannya, Ada suspensi forkless di depan, dan Atap mungil lengkap dengan kursi boncenger layaknya BMW C1. . .

 

The Carver - Carver One

 

Yang unik selanjutnya, Kemiringan body bagian depan bukan ditentukan oleh seberapa miring beloknya lho, Tapi justru ditentukan oleh seberapa besar beban yang kita berikan saat berbelok – Persis layaknya mengendarai sebuah motor. . . Sistem ini dinamakan DVC atau yang kepanjangannya, Dynamic Vehicle Control. . .

Kerennya, Kita nggak perlu ke sirkuit untuk bisa miring-miring… Karena di jalanan umum pun bisa bergaya bak Valentino Rossi tanpa resiko terjatuh dan membahayakan pengendara lainnya. . . Sementara itu, The Carver bebas digunakan dengan catatan sang pengendara sudah mengantungi izin berkendara roda 4 ! Dan pastinya, Nggak butuh helm, wkwkwk. . .

 

The Carver - Carver One

 

Soal permesinan, The Carver mengusung jantung-pacu yang lumayan oke koq! Ada mesin 660cc, Inline-Four, DOHC 16-Valve, Transmisi Manual 5-Speed, dengan “doping” berupa Turbo-Intercooler… Powernya diklaim sanggup menembus 65 HP, Dan torsi mengigit di angka 100 N.m ! Tenang, Ada juga opsi ECU Performance nya, Yang membuat kendaraan unik satu ini mampu menembus power 85 HP. . .

Topspeednya tercatat di angka 185 Km/h tuh Brosist, Karena The Carver sepertinya lebih condong ke efisiensi ketimbang performance-minded… Lagipula siapa juga yang mau bawa beginian di kecepatan 300 km/h ya ? Wkwkwk. . .

 

 

 

Spesifikasi The Carver

 

Manufaktur : ACU Germany with Carver Europe License

Model : Carver One

Tahun Pembuatan : 2007 – 2009

 

Engine : 4-Tak, Inline-Four, DOHC 16-Valve, Turbo-Intercooler

Kapasitas Silinder : 659 cc

Transmisi : 5-Speed with Reverse Gear

Max Power : 65 HP @ 7.500 RPM

Max Torsi : 100 N.m @ 4.000 RPM

 

Panjang x Lebar x Tinggi :  3,4 x 1,3 x 1,4 meter

Berat Kosong : 640 Kg

 

Frame : Steel Lightweight Chassis, with Monococque Body

Ban Depan : 17 Inch

Ban Belakang : 15 Inch

 

 

Well. . . Konsep, Bahkan Realitanya langsung dilapangan menyebutkan The Carver adalah sosok kendaraan yang sangat menarik dan menjanjikan excitement besar saat dikendarai… Jangan salahkan EA’s Blog, Karena kalimat barusan diutarakan oleh para reviewer kelas dunia yang punya nama besar. . . Tapi bagaimana nasibnya ?

Nihil ! Bahkan produsennya (Vandenbrink / Carver Europe) dinyatakan bangkrut pada tahun 2009 silam…! Mungkin hanya beberapa orang diantara Brosist sekalian yang mengetahui sosok The Carver, Sebagian besarnya EA’s Blog yakin baru mendengar via artikel ini, Iya nggak ?

 

The Carver - Carver One

 

Alasannya, Yang pertama tentu karena harga… The Carver dibanderol dengan harga €30,000 atau sekitar Rp. 450 jutaan – Lebih cocok disebut sebagai mainan orang kaya ketimbang sebuah kendaraan yang revolusioner. . . Dan yang kedua, Mungkin karena orang diluaran sana sudah tak bisa keluar dari loop mimpi panjang tentang betapa mainstreamnya dunia otomotif saat ini… Yang membuat sebuah Revolusi dan Inovasi, Tak selamanya berjalan mulus sesuai ekspektasi. . .

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist. . .

 

Bimota V-Due Ride

Bimota V-Due, Motor Revolusioner 2-Tak yang Membunuh Tuan nya !

 

Konica Minolta Honda RC211V

Historical Livery : Konica Minolta – Honda

 

Kawasaki KLX150 & Ninja 250

Kawasaki Kehilangan “Mojo” ?

 

Ninja 4 Tak

Maneater !

 

Vyrus 987 C3 4V 3

Motor – Motor Ini Memang Eksotis, Atau Malah Overprice ??

 

Yamaha GTS1000 13

Yamaha GTS1000, Ajang Show Off Ability Ala Pabrikan Garputala !

Iklan

17 comments

  1. Hampir mirip matic buatan honda awal thn 2000an…tdk tahu namanya,cuma di body ada tulisan “GyroUp” dgn mesin 50 cc.
    Dibuat massal tapi sepertinya hanya untuk JDM.
    Banyak dipakai kakek-nenek yg sudah sepuh untuk transportasi di perkampungan Jepang sono 🙂

  2. gitulah inovas, kadang tdk sesui dgn apa yg dibutuhkan manusia,

    hebat iya, inovatif iya, tapi mesti berpikir ekonomis juga

  3. konsumen pada umumnya gak suka neko2 secara tampilan..
    jadi inovasi yg cenderung dpt diterima malahan inovasi yg tidak terlihat..
    misal variable valve, hill assist, dll yg gak kelihatan dari luar tapi manfaatnya kelihatan..

  4. di liat dari designnya juga mirip kayak bajaj dengan sentuhan selera eropa and teknologi yang mumpuni.
    buat yang kepengen sensasi miring tapi mau aman tanpa takut jatuh atau tetep nyaman selayaknya mobil kendaraan satu ini jadi pilihan.

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s