Indonesia Mulai Ditinggalkan Sebagai Basis Motor Bebek ASEAN ?

 

Supra Eno 4

 

Berbeda dengan rekan Blogger lain yang lebih senior dan kenyang pengalaman roda 2 era 80-90’an, EA’s Blog tumbuh besar di era Motor Bebek 4-Tak… Sejak SMP (2004) saya sudah senang lihat-lihat gambar cewek knalpot #eh motor modifikasi di koran / tabloid. . . Saya besar disaat motor bebek jadi primadona konsumen Indonesia… Saat Piston Kaze jadi favorit Supra-ers, Saat CDI Shogun Kebo jadi barang mewah buat saya, Saat teman SMA tiap hari ngomong kepengen Satria FU (sampai ribut juga akhirnya), Saat desiran mesin Shogun 125 SP membuat saya tersenyum, Saat susah-senang pasang Kopling manual di Supra, Saat Supra Fit & Jupiter Z jadi motor operasional saya sekolah, Dan masih banyak lagi kenangan di era motor bebek…

Tentu bisa Brosist bayangkan betapa besarnya impact motor bebek ke Konsumen Indonesia kala itu. . . Jadi jangan tanyakan lagi kenapa Supra X bisa terjual 14 juta unit lebih ya…

 

Yamaha Sirius FI Vietnam

 

Tapi kini ceritanya berbeda, Trend sudah jauh berubah… Bak Seorang Nelayan yang melupakan bahwa Nenek Moyang kita adalah Pelaut – Ya begitulah kondisi saat ini. . . Motor bebek kini jadi underdog di Indonesia : Terinjak oleh digdayanya Skutik, Terkikis oleh segmen sport yang terus merongrong… Hingga kini ada sebuah pertanyaan : Apakah Indonesia tak lagi sebagai basis pengembangan motor bebek di Dunia ?

Di Dunia ? Kayaknya sih kejauhan lah ya, Karena toh nggak semua belahan dunia yang menjual jenis motor ini… Di Amerika Latin ada Brazil, Kolombia dan Argentina – Di Eropa ada Yunani – Di Asia ada Jepang & China – serta Pasar terbesar tetap dipegang regional ASEAN. . . So, Benarkah Indonesia kini sudah dibawah negara tetangga ASEAN dalam hal motor bebek ?

Baca Juga : Setidaknya, Motor Bebek Masih Bisa Survive…

 

 

Honda Supra X150 o

 

Hal ini EA’s Blog amati saat perilisan Honda Winner 150 Vietnam, atau yang dikenal sebagai Supra X150 di Indonesia… Brand motor legendaris “Supra” dengan penjualannya yang mencapai belasan juta unit di Indonesia, Justru dirilis perdana di Vietnam ? What the hell happen ? Tapi tunggu dulu, Ini bukan kali pertama. . .

Tercatat sejak tahun 2010-an silam, Perlahan-lahan Indonesia sudah mulai ditinggalkan sebagai basis motor bebek ASEAN… Ada Yamaha Jupiter MX King yang lebih dulu dirilis di Vietnam dengan nama Exciter 150, Ada Yamaha (Vega) Force FI yang rilis pertama di Vietnam dengan nama Sirius FI, Honda Blade 125 alias Wave Dash 125 di Malaysia, hingga kini sang Calon Supra X150 pun “dicolong” Vietnam. . . Ada lagi yang mau menambahkan ? Silahkan…

Baca Juga : Galeri Foto New Honda Supra X150, Pesaing Yamaha MX King !

 

Exciter 150

 

Dan yang lebih menarik lagi, Ternyata ada motor diatas yang diproduksi di Indonesia, Tapi justru dirilis perdana di negara tetangga… Kalau difikir secara awam, Penyebabnya mungkin ada 2 : Yang pertama karena memang genre motor bebek tak lagi spesial di Indonesia… Atau bisa jadi juga karena produk tersebut memang ditujukan (atau diprioritaskan) untuk pasar luar negeri / ekspor. . .

Alasan yang pertama masuk akal, Mungkin karena market motor bebek di tanah air sudah mencapai titik jenuh… Sehingga market share nya bahkan kini nyaris disalip oleh segmen sport yang banderolnya lebih mahal. . . Jadi produsen lebih memilih untuk merilis perdana di negara lain yang demand nya sedang meningkat. . . Atau bisa jadi juga karena pasar ekspor yang lebih menguntungkan dibanding domestik ? Bisa aja, Meskipun saya sendiri nggak tahu (dan nggak pernah dikasih tahu) soal profit pasar ekspor ataupun domestik. . . Dan yang perlu dicatat, Kedua alasan ini bisa saling berhubungan loh ya !

 

 

Apapun itu, Ya sepertinya kita harus terima kalau Indonesia kini tak lagi menjadi prioritas utama di pasar motor bebek… Konsumen Indonesia* pada ikut-ikutan trend pake skutik sih ! Bebek yang jelas-jelas lebih fungsional & durable malah ditinggalkan…!

*Note : Termasuk buat EA’s Blog 😛

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

Honda Super Cub 4

Motor Bebek Perlu Tetap Dilestarikan, Ini Alasannya !

 

Jupiter MX Velg Jari-jari 3

Duel Kelas Bebek Super, Racun “Mematikan” Untuk Anak Muda ?

 

Kick Starter

Teknologi Masa Kini, Teknologi Masa Gitu ??

 

Dingklik Mode On 2

Punya Problem “Dingklik” ?? Bukan Masalah…. Keep Gaspoll Bro !!

 

Vario 150 Byonic Red

 Cicilan Motor Belum Lunas, Ehh Sudah Ada yang Baru Lagi…

 

Ready Stock Main

Terkadang, Konsumen Lebih Pilih Motor yang Ready Stock…

 

Beli Honda CBR250R Gratis iPhone 5

Nasib Motor Impor !

 

Motor di Indonesia

Jengah !

 

Sinetron Anak Jalanan

Sinetron Anak Jalanan itu Ngeselin Juga…

 

Ninja 4 Tak

Maneater !

 

CBR150R CBU Repsol Edition

Produk Edisi Livery Spesial, Kebanggaan atau Kemahalan ?

 

Brough Superior SS100

Kita Meninggalkan Era “Kuda Besi”…

Iklan

34 comments

  1. Teman berangkat sekolah saya saat SMP juga motor bebek. Karisma 125d.. disaat temen2 lain pada pake FU wkwkwk

  2. Matik punya dek buat naroh blanjaan = bebek kgk.
    Matik enak gk perlu setting rante mulu = bebek setting rante mulu.
    Matik paling gampang dikendarai oleh cewe atau cowo = bebek lebih susah.
    Matik sudah baby in = bebek mentok helm in.
    Inovasi bebek mandek, semntara matic terus berinovasi di penghematan bbm, fitur, dll.

  3. kalau disuruh pilih matic atau bebek, jelas pilih bebek.
    Selain durabilitas yg lebih baik perawatannya pun lebih mudah.
    Tapi balik lagi ke selera masing2, karena kiblat roda 2 tanah air saat ini menuju kepada selera emak2.. wakakaka

  4. 2 yg saya benci dari matic.
    1.Daleman CVT mahal2 mau merk apapun 😁
    2.Klo di gas poll dari berhenti suka ngorok, kdang dri Crusing speed ke gas poll jg suka ngorok merk apapun 😁
    Klo Bebek/Sport kan meraung 😁
    Selama saya make mtr2 matic sih bgitu (punya sendiri/minjem)
    Tercatat : Beat Karbu & Fi, Mio Soul Karbu, Vario 125, Vario 150, Mio J, Xeon, Soul GT, Skywave.

  5. Kalo saya sih di suruh milih bebek atau matic dengan harga nyaris sama saya tetep milih bebek kang karena sesuai karakter saya yaitu suka main tarikan gas di lampu merah baris depan sama motor lain serta perawatan mudah murah serta konsumsi bbm juga irit menurut saya.

    Dan juga menurut saya motor bebek itu bisa di segala kondisi yaitu :
    Lambat bisa
    Cepat bisa
    Angkut Barang bisa
    Tanjakan bisa
    Nganter emak belanja bisa

    ya intinya paling fungsional dibandingkan matic(tarikan gas payah suara kurang menggelegar tidak bisa mendengar suara raungan mesin di rpm tinggi) dan sport (susah buat beli galon atau gas elpiji 12kg)

    user Honda Supra Fit S 2006 Plat H Top speed 110km/h jalan turun kemudian disalip old vixion

  6. hooh. untung saya udh insyaf. 2 taun wira wiri pake piksen, gantiib supra x 125 terdahulu, bikin saya ga penasaran lg perasaan biker yg doyan betot gas motor 150cc. jarak tempuh yg makin jauuh, macet yg makin edan, dan ron bbm yg standarnya mayan nguras dompet, akhirnya balik lg ke jok supra yg size nya “makan” paha. bebek never dies lah. cowok ko naik bebek? cowok ko naik matic? karena cowok juga pengin dimengerti, disayangi, dimanja, dikasihi, haishhh..

  7. Kalo saya sih kalo disuruh pilih antara motor bebek atau matic dengan harga nyaris sama saya pasti milih bebek,karena sesuai dengan kebiasaan saya yaitu suka tarikan gas dengan motor lain di barisan depan saat lampu merah serta perawatan yang mudah murah serta konsumsi bbm yang irit menurut saya

    kelebihan motor bebek itu menurut saya banyak yaitu :
    Pelan bisa
    Cepat atau ngebut bisa
    tarikan gas enteng
    ngangkut barang bisa
    jalan tanjakan bisa
    nganterin emak belanja bisa

    jadi menurut saya sih motor bebek adalah motor yang paling fungsional dibandingkan dengan matic (matic kalau buat ngebut itu kurang mantap karena tidak bisa mengeluarkan suara mesin menggelegar dan meraung seperti bebek atau sport saat di gas pol putaran rpm mesin sampe red line) dan sport (agak susah untuk bawa belanjaan emak dan susah ketika beli galon atau gas elpiji 12kg)

    User Supra Fit S 2006 Plat H Top speed 110km/h jalan turunan kemudian disalip old vixion warna putih

  8. mxking sexy bngt euy…makin kecantol j dah…sayang keperluan lain masih banyak…

    p lg klo g pake kopling pasti tambah kepincut dah hmmmm

  9. Coba kalo ada prodsen yg bkin bebek nungging tarikan mantap, pasti laku keras di pasaran… hehehe… note: tapi jangan goyang itik, nanti mlah bkin nafsu.. hahaha

  10. Cepot ~ cewek kenalpot, wakakaka jadi inget waktu dulu msh sekolah, m+ kan ada rubik cepot, itu adalah rubik yang pasti d lihat 😀 ;-> , selain rubik modifikasi tentunya 😀

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s