Ini Dia Tampang Honda Supra X150, Masih Tertarik ?

 

Honda Supra X150

 

Beberapa bulan lalu, EA’s Blog pernah menulis judul yang sama untuk New CBR150R K45G… Dan hasilnya, Saya kudu jilat ludah sendiri karena pas dilihat langsung desainnya beneran ajib ! Maklum, Namanya juga bukan ternakan sponsor, Jadi apa yang saya lihat = Apa yang saya tulis = Apa yang Bro-Sist baca. . . Kali ini feeling yang sama kembali saya rasakan saat melihat Winner 150, atau Honda Supra X150 yang juga bakal dirilis di Indonesia – Malah lebih kecewa. . . Sosok motor bebek 150cc asal produsen sayap mengepak yang bakal jadi pesaing head2head Yamaha Jupiter MX King !

 

Honda Supra X150

Honda Supra X150

 

Prinsip utama dalam hal desain adalah Jika arahnya elegan, Maka buatlah desainnya sekalem dan se-everlasting mungkin… Dan apabila yang dikejar adalah sporty, Buat supaya motor tersebut nampak sangar & futuristik. . . Yang somehow, Nggak saya temukan di Honda Supra X150 Terbaru ini… Elegan nggak, Sporty masih jauh, Agresif apalagi. . . Layer per layer bodinya ibarat “tambalan” antara plastik yang dicat glossy dan hitam (dugaan EA’s Blog itu bahan kulit jeruk)… Meskipun terlihat effort untuk membuat tebeng bagian depannya lebih compact dari Yamaha MX King yang ukurannya oversize,  Tapi sayangnya : Fail !

 

Honda Supra X150 f

 

Kita tahu dan sudah dibahas bersama juga, Bahwa arah desain motor keluaran pabrikan berlogo sayap mengepak tersebut mulai berubah sejak kehadiran New CB150R Facelift setahun silam… Tapi yang disuguhkan di Honda Supra X150 Terbaru ini, Bahkan masih belum sesuai dengan selera EA’s Blog di artikel : Ekspektasi vs Realita. . . Coba lihat sambungan antara sayap samping & area permesinannya… Mau pamer mesin DOHC 4-Valve Overstroke ala New Sonic 150R yang banyak diterpa isu problem klotok-klotok ? What the hell !

Mungkin yang menyelamatkan sektor desain Honda Supra X 150cc ini adalah bagian buritannya tuh Brosist, Sporty & Keren ! Tapi itupun gara-gara mirip banget pumya kompetitor sih. . . Anyway, Balik lagi sisi desain silahkan sesuaikan dengan selera, Karena sifatnya relatif…  Tapi kalau tanya EA’s Blog ? Itu tadi pendapat saya. . .

 

Honda Supra X150 e

 

Sisi detail ? Its okelah… Sudah ada Speedometer kombinasi digital-analog, Headlamp LED, Knalpot yang lumayan keren, Velg 6 Palang Y-Spoke ala moge, serta Ban berukuran gambot. . . Yang disayangkan, Meskipun mengusung ban belakang ukuran 120/70 – 17 (which is very good), Tapi kenapa justru terlihat “ngedonat” ya ? Sepertinya Dimensi Velg Honda Supra X150 Terbaru ini terlalu mungil dibanding ukuran karet bundarnya… Entah ini perasaan EA’s Blog saja, Atau memang demikian adanya. . . ?

 

Honda Supra X150

 

Sektor mesin, No comment lah… Jantung pacu yang diusung Honda Supra X150 ini sama persis seperti yang bisa kita temukan pada New Sonic 150R, New CB150R & All-New CBR150 Facelift – Paling cuma berbeda karakter saja via ECU & Timing pengapian. . . Dengan spek 4-Tak, 150cc, DOHC 4-Valve (Overstroke), Liquid- Cooled, PGM-FI, Mesin ini diklaim sanggup memuntahkan power hingga 11,5 kW (15.4 HP) serta Torsi 13.5 N.m… Berimbang dengan Yamaha MX King yang sanggup mengail tenaga hingga 15.1 HP dan torsi maksimum 13.8 N.m. . . Soal tenaga, Nanti kita bahas lebih detail di sesi testride seperti biasanya yaa Brosist… Tapi, Itupun kalau diajak testride sih, Hahaha. . .

 

Spesifikasi Honda Supra X150

 

Engine : 4-Tak, Silinder Tunggal, DOHC 4-Valve, Liquid-Cooled

Bore x Stroke : 57.3 x 57.8 mm

Kapasitas Silinder : 149.1 cc

Sistem Penyuplai BBM : PGM-FI (Fuel Injection)

Rasio Kompresi :  11.3  :  1

Transmisi : 6-Speed, Manual-Clutch

Max Power : 11.5 KW (15.4 HP) @ 9.000 RPM

Max Torsi : 13.5 N.m @ 6.500 RPM

 

Panjang x Lebar x Tinggi :  2.025 x 725 x 1.102 mm

Jarak Sumbu Roda :  1.276 mm

Tinggi Jok : 780 mm

Jarak Terendah ke Tanah : 167 mm

Berat Kosong : 122 Kg

Kapasitas Tangki BBM : 4.5 Liter

 

Frame : Steel – Underbone Frame

Suspensi Depan : Teleskopik Fork

Suspensi Belakang : Monoshock

Rem Depan : Cakram Hidrolik, Kaliper 1 Piston

Rem Belakang : Cakram Hidrolik, Kaliper 1 Piston

Ban Depan : 90/80 – 17

Ban Belakang : 120/70 – ZR17

 

Perbandingan Power New Supra X150 vs Yamaha Jupiter MX King

 

Perbandingan Power Honda Supra X150 vs Yamaha Jupiter MX King

 

 

Well. . . Kalau tanya EA’s Blog, Desain Honda Supra X150 ini jelas masih diluar ekspektasi (meskipun ekspektasinya sudah diset se-low mungkin)… Walaupun ada beberapa detailnya yang lumayan keren & catchy dimata saya. . . Tapi, Yuk kita realistis ! Mengingat Supra X 150cc ini segmennya murni untuk pemula dan konsumen dewasa yang menginginkan sosok motor bebek namun tetap bertenaga, plus Kemampuan Honda dalam hal marketing (Promo, DP Murah, Cashback, dan lain sebagainya, sudah pada ngerti lah yaa), Jelas Yamaha MX King harus sangat-sangat waspada… Belum lagi ditambah dengan nama “Supra” yang sudah terkenal seantero negeri. . . Let’s see aja yuk kiprahnya !

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

Honda Old CBR250R Second 2

Dulu Ditendang Sekarang Disayang – Honda (Old) CBR250R !

 

Honda CRF150L

Tahun Ini, Honda Niat “Ganyang” Kawasaki !

 

Honda X-ADV City Adventure

Skutik Honda X-ADV “City Adventure”, Nah Ini Cocok !

 

All New Honda CBR150R Facelift 2016

Revolusi Desain Sport Honda ? Ikuti Trend Konsumen !

 

New Honda Sonic 150R Test

Perang “Anak Mami“ Dimenangkan Honda Sonic ?

Iklan

63 comments

  1. opini saya nih motor dibuat cuma u/ membuat harga cost mesin cbr rendah dan cepept balik modal , itu aja.

    laku juga ngak bakalan lebih dari sonic. fbh mah realistis aja,

    mau nampang/ngebut, nangung, mending cb/cbr sekalian,

    kalu cuma buta komuter, sekalina ambil matic,

    ini cuma buat yg coba-coba belajar dari bebek ke sport

  2. Ini mungkin desainernya honda antara type sport sm type bebek beda om, yg type sport udah mulai move on, yg type bebek msh stuck on..maybe hehehe..

  3. Velg sepertinya ukuran 3 inch ato dibawahnya, kalo model palangnya lebih keren dr mx king, yg dmari tambah livery repsol sepertinya, oya kalo tebeng depan seperti bebek revo 1st gen bakalan ciamik

  4. Klo boleh jujur ya,pertama liat Winner 150 sangat kecewa dengan desain keseluruhannya. Gak sesuai dengan gembar gembor selama ini. Malahan lebih cakep hasil renderan para bloger. Atau mungkin butuh waktu lebih untuk mencerna desainnya yang ya gitulah. Ya dengan yakin saya tegaskan,MX King jaaaaaaaaaauuuuuuuuuuhhhhhhhhh lebih cakep dari calon Supra X 150. Satu hal,Supra 150 hanya menang desain velg sama cakram depannya.

    btw,bner mang eno. Mungkin gak pake velg belakang selebar MX King

  5. Entah knapa ane kok malah sreg dengan desainnya.. terlihat pas untuk pilihan di klas 150.. klo untuk motosport mau didesain kyk apa, atau di diskon bahkan dp minim selama cc masih 150 tetep g tertarik..kecuali inline 4,, hahaha

  6. Jadi inget pernah punya revo 100cc
    Mirip ya, tp mesinnya itu punya ncb + sonice? Alamat Klotok2 jga donk

  7. Supra 125 fi model payah overprice harga 17++ jt juga masih laku, palagi ini kalo diset 18++ jt (naek max 2jt) head to head ama mxing bkal jadi motor honda paling value sesudah verza, kalo ini walau tak seindah dada mxking overall ada kemajuan buat designnya cub honda, klo masalh mesin no comment dah.. Fboy silahkan berkarya

    • @naruto
      Bro kamu dicari anakmu si boruto & istrimu hinata disuruh pulang kamu. Ini malah kelayapan gak jelas sama cabe2an….!!!!
      Kata anakmu boruto kamu dicari pak RT suruh balikin anaknya😂😂😂

  8. Entahlah bro Eno, melihat kualitas material bebek masa kini (baca: sampah daur ulang), mungkin motor ini cepet mati muda.
    Sekeren apa pun desainnya kalo belum setahun cat nya luntur ky revo saya, percuma!
    Pokoke Honda yes,AHM cesss… wkwk

  9. Kalo saya sih, ngga demen headlampnya kang, nanggung kurang tajam gt ngga pas sama body yg cukup lugas, imho

  10. Setuju kang eno. Ini supra X150 kayak belum bejaban ama MX King lah designnya. Speedometernya kayak supra X pada umumnya. Nothing special banget. Plus menurut saya Honda agak mixed up ato lebih cocok messed up. Kayaknya lineup bebek performance Honda labelnya Blade deh. Supra dari awal imagenya lebih ke moped harian yang bisa mengakomodasi usernya. Tapi kalo ane mah RR mono apa Z250SL wae lah #masihkeracunan

  11. coba bayangkan! kalo abis ini suprax125 series didiskontinyu..
    sudah pasti nih supra150 bakal larissss…
    bapak2 fans berat supra bakal ttp beli meskipun harganya naik drastis…!
    begitulah ahem cari duit

  12. Kamari nyieun motor hayam pelung menang niron ti suzuki teu kaduga kalah jadi hayam nagri, ayeuna niron motor meri peking ti yamaha, kade jadi meri caludih. Amit-amit, pagawean teh ukur turan-tiron wae. Ha ha ha. Tapi tong leutik hate Jang, titah we Motor Plus amplop ngabohong deui. Najan jadi meri caludih ge ku tablo eta mah bakal digorowokeun meri geulis. Dasar tablo kojel-kojel.

    • gud komeng kang..gening kuring karak nyaho salain bloger amplop aya deui tabloid amplop….hadeuuuh…duiit…duiitt

  13. Satu suara sama kang Eno, desainnya ngga tentu arah, ke sana ngga, ke sini ngga.. jadi bingung sendiri saya 😂🤔
    #OwnerOJMX&MXKing

  14. Klo secara logika harganya harusnya di atas sonic …. mesin sama, material bodi lebih banyak, ban lebar …. klo harga lebih rendah = downgrade ? …. tapi klo diatas sonic, masak bebek lebih mahal dari ayago?…. mendingan ambil ncb sekalian.

  15. Kalo ane liat liat lewat foto, Winner 150 kok dimensinya lebih ramping daripada MX King 150, tapi kok lebih berat ya…

  16. mesin sama, penyakit sama?
    tren penjualan sama juga kah banyak di 3bulan pertama aja, selanjutnya??? ↘↓
    \(╯-╰)/
    imho, bentuk sign depan mirip punya Suzuki Address yak…

  17. menurut saya ni motor kok keluar jalur dari genre nya ya…masalahnya supra itu kan sudah sangat terkenal dengan ketangguhan di medan naik turun.tapi kalau pakai mesin dohc saya kok jadi ragu…

  18. Dari awal launch emang ane udah notice kang, ban belakangnya kaya yang dipaksain di velg kecil. Jadinya ngedonat. Bukannya bahaya yg begituan?

  19. Yah kalo menurut saya lumayan lah walaupun agak mleset dari opini 😂, saya mending pilih ini dari pada mx king tp saya lebih milih new mx 135 dari pada supra ini. Kalo soal penjualan mungkin bisa ngalahin mx king soalnya lha wong supra x 125 fi yang harganya 17 jt an aja laris apa lagi kalo cc nya di naikin terus harga di bawah new sonic 150 r wah bakal jadi pesaing buat mx king.

  20. Berat amat yak. Btw bannya udah ukuran moto3 tuh, sayang peleknya masih ukuran Sonic yang 1.85 depan dan 2.15 belakang, coba kalo 2.5 depan dan 3.5 depan. Pasti jadi makin berat hahaha xD

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s