Bingung Pilih Mobil Keluarga ? Nih, Tips Dari mobil123.com !

 

Talkshow Mobil 123 8

 

Tadi siang, 29 Maret 2016, Alhamdulillah EA’s Blog baru saja menghadiri talkshow dan seminar seputar mobil idaman keluarga yang diselenggarakan oleh situs jual-beli mobil, mobil123.com. . . Kenapa saya begitu antusias ? Karena saya sadar, seteguh apapun pendirian saya sebagai bikers, Tapi ketika sudah berkeluarga (apalagi punya momongan, amin ya rabb), Otomatis mobil lebih mengakomodasi kebutuhan sebagai keluarga… Itu fakta yang nggak bisa dipungkiri, Kecuali saya tega boncengin bocah di tangki Z250SL, Gila namanya. . . Segokil apapun modifikasi mobil balap Brian O’Conner (fast furious), Toh ujung-ujungnya do’i tetap jadi “family man” kan ? Pakai mobil keluarga juga, Iya nggak ?

So, Pertanyaan nya pun bakal jadi seperti ini : Apa saja yang perlu jadi bahan pertimbangan saat memilih Mobil ? Dan pastinya, Mau pilih mobil baru atau mobil bekas ? Yuk kita bahas… Cekidots !

 

Pertimbangan Dalam Memilih Mobil

 

 

Talkshow Mobil 123 12

 

Dalam talkshow yang digelar di Pisa Cafe Mahakam tadi, Hadir 2 pembicara yang sudah expert banget deh di kancah roda 4… Ada Pak Paulus Firmanto sebagai Automotive Sales & Marketing Advisor (Mantan Bos Suzuki juga lho), dan ada juga Agus Mustofa sebagai National Technical Support Auto2000. . . Beliau menjelaskan soal hal yang belum terbayangkan oleh EA’s Blog sebelumnya, Tentang market share mobil baru di Indonesia yang di tahun 2012 silam tembus 1,23 juta unit ! Glek… Itu setara 1/6 market share sepeda motor di tahun yang sama lho, Dengan harga yang 10-30 kali lipat, Gokil nggak tuh ?

 

 

Talkshow Mobil 123 9

 

Oke, balik ke laptop… Seperti halnya pilah-pilih motor (yang sering saya bahas), Dalam memilih mobil juga ada tipsnya tersendiri lho, Khususnya untuk mobil baru. . . Apa aja sih ?

 

– Sesuaikan Dengan Kebutuhan : Sama seperti pilih motor, Untuk memilih mobil kita juga perlu tanya diri sendiri dulu… Jumlah anggota keluarga yang mau diangkut ada berapa ? Kondisi jalanan yang bakal sering dilalui seperti apa ? Dan yang pastinya, Sesuaikan dengan kondisi dompet dulu ya !

 

– Pilih Tipe Mobil : Yang ini adalah langkah selanjutnya setelah yakin dengan kebutuhan mobil keluarga… Mau yang Sedan, MPV, SUV, atau Crossover ? Mau yang buatan Eropa, atau Jepang ? Silahkan dipilih sesuai kebutuhan dan selera. . . Kenapa harus pilih-pilih ? Ya simple saja, Muosok tinggal di daerah yang kondisi jalannya “amburadul” beli sedan ceper… Jaka sembung deh, Hahahaa.

 

– Cari Informasi Lebih Lanjut : Bukan cuma info harganya, Tapi juga info seputar Keluhan / Problem, Konsumsi BBM, Lokasi bengkel resmi, serta soal Ketersediaan sparepart… Jangan udah beli baru ngerasain nggak enaknya terus komplain, Cari tahu dulu dong. . . Tenang, Semua info yang kita butuhkan tadi tersedia komplit koq di mobil123.com. . .

 

– Resale Value : Ini salah satu poin penting yang bisa saya tangkap dari penjelasan Pak Paulus Firmanto, Mantan Bos Suzuki… Karena tak terlepas dari habit orang Indonesia yang doyan gonta-ganti mobil. . . Pilihlah mobil yang harga jual kembalinya tinggi ! Biasanya bisa dilihat dari populasinya sih, Makin banyak seliweran dijalan, Bakal makin bagus resale valuenya. . . Berarti cuma merk tertentu doang dong Kang Eno, Sebut saja Toyota & Honda ? Ah, Nggak juga koq kata Pak Paulus… Tipe mobil yang ekslusif dan collector item juga punya resale value yang nggak kalah tinggi. . .

 

– Fitur Terkini : Buat “purist” seperti EA’s Blog, Yang dibahas kali ini sebagai pelengkap saja sih… Karena perlu diakui fitur-fitur terbaru seperti voice command, rear-view mirror, dll itu didevelop Produsen sedemikian rupa untuk keselamatan, kemudahan, serta kenyamanan usernya… So, Makin banyak fiturnya, Makin valuable mobilnya. . .

 

– Test Drive : Nah ini hal terakhir yang wajib dilakukan sebelum membeli mobil idaman keluarga… Jajalin dulu mobilnya sendiri bro ! Lebih afdol kalau test drive di berbagai kondisi jalanan – macet, gaspol, jalan berlubang, dlsb – Agar kita bisa menilai soal handling, kenyamanan, heat management (baca : overheating), serta pastinya feel penumpang. . .

 

 

Mobil Baru Atau Mobil Bekas ?

 

 

Talkshow Mobil 123 13

 

Nah, Yang ini juga jadi pertanyaan yang tak kalah banyak diutarakan para pembeli mobil pertama diluaran sana… Dan karena saya adalah pecinta motor second berkualitas, Maka nggak ada salahnya kalau kita juga bahas soal mobil bekas. . .

Mobil bekas sebenarnya nggak kalah menarik dengan mobil baru, Malah lebih menggiurkan lho… Kenapa ? Karena dengan harga yang sama kita bisa pilih mobil yang “sekelas diatas” mobil baru, Atau kasus keduanya : Bisa dapat mobil idaman dengan harga yang lebih terjangkau. . . Gimana nggak bikin ngiler ?

 

Talkshow Mobil 123 10

 

Tapi, Nah ada tapinya… Itu hanya jika kita dapat mobil bekas dengan kondisi prima dan berkualitas ! So, Gimana tips pilah-pilih mobil bekas berkualitas ? Nih dia, Seperti yang tadi dibahas di Talkshow Mobil Idaman Keluarga oleh mobil123.com…

 

– Cek Servis History : Ini nih penjelasan (sekaligus pelajaran) yang saya dapat dari Pak Agus Auto2000… Yaitu, Servis History alias Catatan Servis Mobil bekas tersebut selama pemakaian. . . Makin “rapi” dan teratur service nya, Makin mahal dan layak dibeli lah mobil tersebut… Yang lebih asik, Untuk mobil yang rutin servis di Auto2000, Semua track record servis & penggantian sparepart itu ada databasenya lho ! Beliau sih ngomongnya bukan promosi, Hahaha. . .

 

– Pengecekan Standar : Ya nggak jauh beda sih seperti halnya beli motor bekas… Meskipun ada beberapa poin juga yang berbeda. . . Pertama, Cek kondisi kaki-kaki (suspensi, ban, velg), Bunyi-bunyian aneh, Kopling, Pendinginan, serta Kestabilan. . .

 

– Cek Mileage (Jarak Tempuh) : Sama seperti pilih motor second, Pilih mobil bekas juga harus cek dulu jarak tempuhnya… Makin tua tahun & makin tinggi jarak tempuh (km) nya, Bakal berpengaruh ke daya tahan sparepat mobil itu sendiri – Artinya harus bersiap untuk restorasi beberapa part mesin. . .

 

– Pengecekan akhir : Untuk yang satu ini, Brosist yang niat beli mobil bekas harus cek dulu soal hal yang nggak kalah penting… Apakah mobil yang niat dibeli pernah tabrakan, atau yang lebih parah terlibat dalam kasus kriminal. . . Caranya ? Tanyakan langsung ke pihak kepolisian, dan jangan lupa baca poin selanjutnya dibawah ini. . .

 

– Pilih Dealer : Kalau mau beli mobil bekas via dealer, Pastikan dulu dealer tersebut terpercaya dan memberikan jaminan garansi ! Kalau nggak kasih garansi, Nanti kalau ada masalah mau klaim kemana ? Atau yang lebih parah, Mobil yang dijual ada record curanmor – Amit-amit deh euy. . . Kalau masih ragu juga, Di mobil123.com ada ribuan mobil bekas dari dealer & pedagang terpercaya koq… Tinggal dipilih aja !

 

 

 

Well. . . Meskipun kadang kita sebagai bikers sering ada “gesekan” dengan pengguna mobil (sudah bukan rahasia umum lagi lah), Tapi ya mau gimana lagi… Suatu saat pasti bakal butuh mobil juga kan ? Apalagi waktu udah jadi “family man“. . . Hobi motor kita bakal jadi nomor sekian – Keluarga adalah prioritas !

Sebagai mobil keluarga pertama, Entah itu mobil baru ataupun bekas, Kita memang dituntut untuk selektif dan menyesuaikan dengan kebutuhan. . . Dan yang paling penting lagi, #JanganSalahPilih ! So, Be smart saat memilih mobil pertama,Β  Tinggal buka aplikasi mobil123.com yang tersedia untuk Android & IOS. . . Eits, Jangan bilang-bilang ya, Motor second juga ada lho ! Yuk ah hunting…

 

Talkshow Mobil 123 3
PC Gan, Country Manager mobil123.com (tengah), beserta Pembicara di acara Talkshow Mobil Idaman Keluarga.

 

Talkshow Mobil 123
Talkshow Mobil 123 Bareng Teman-Teman Blogger… Ketemu teman-teman baru, Alhamdulillah

37 comments

  1. hiks, jadi inget benzie A140 ane laku seharga rr mono abs baru, padahal dulu beli seharga er6n, kenyataan di lapangan memang menyakitkan

    • Dan saya juga dapet pelajaran baru lagi dari ex bos suzuki, Mobil eropa itu standardnya tinggi… Jepang fleksibel… India ? Lebih fleksibel lagi. . .

      Fleksibel : Kualitas menyesuaikan harga :v

  2. Ada pesan terselubung itu soal resale value. Cukup oke, tp bukan faktor utama.

    Pilih mobil, apalagi mobil keluarga itu yg pilih yg buat kita nyaman dulu. Inget buat keluarga. Nyaman, aman itu jauh lebih penting. Kalau mau resale value tinggi itu seperti kayak mau investasi. Salah besar beli mobil umum buat investasi, beli lah mobil koleksi langka atau tanah sekalian kalo mau investasi.

    Satu lagi, sebelum punya mobil kalo bisa punya garasi dulu, minimal punya tempat parkir umum yg bukan parkir di jalan umum. Jangan mau enak, tp nyusahin orang lain.

    Selebihnya cukup setuju. Enjoy.

    • Kalo beli mobil baru iya kgk ada investnya sama sekali, baru 1 bulan aja dah turun gede.
      Tapi kalo beli mobil bekas bisa jadi investasi (atau usaha kali yak).
      Gak salah sih resale value, orang kadang tiba tiba kena musibah jual harta yg paling logis mobil.

      • Resale value emang ga salah, tp bukan faktor utama.
        Ga sedikit orang Indo yg kemakan omongan resale value + merk jadinya milih kendaraan yg bisa dibilang teknologi jaman batu, sistem keamanannya seadanya, kenyamanan buat keluarga dilupakan. Intinya jangan gampang kemakan marketing atpm. Ini soal mobil buat pribadi sama keluarga ya.

        Beli mobil buat di rentalkan itu lain hal, itu emang buat usaha. Biasanya dicarinya emang yg gampang diurus sampe pedalaman dan pas dijual ga susah cari peminatnya.

        Menurut gua pribadi kalo mau investasi salah besar kalo beli mobil jenis umum. Mobil koleksi atau tanah itu baru cocok buat investasi.

        Enjoy πŸ˜€

  3. Wah udah kejadian ama saya tuh Kang.. RR Mono pending..n masih setia dgn CS1 jadul.. demi LCGC yg sekarang udah nongkrong di garasi rumah..
    Itu semua demi keluarga..Hidup family man..!? Hehe

  4. Biasanya resale value dijadiin senjata buat jualan mobil teknologi jaman batu dengan build quality ala kadarnya πŸ˜…

      • Coba aja bandingin dari segi harga, vitur / build quality. Rata” brand yg resale valuenya bagus masih kalah dibanding kompetitornya

        Liat aja kelas compact hatchback, compact suv/cuv atau low mpv, resale value paling tinggi kwalitasnya masih kalah dibanding kompetitor & fiturnya banyak sunatan / jadul

      • Sorry balesnya oot,
        Iya mang, emang udah dokttin dari perusahaan ke konsumen kyk gitu
        Kalo gak kyk gt mreka gak bisa jualan

  5. hehe untuk sementara masih belum ngelirik mobil bro eno, lagi ngelirik beli truk buat angkut mobil #eh buat usaha.
    Mobil kebeli tapi kalo ga punya usaha mapan? mau jadi kuli abadi? hehe

  6. Ciee familiy Man cieeeee πŸ˜€
    Wkkwkwk

    Oh iya kang sekali2 bikin artikel tentang cara kerja kaki kaki motor yang unik unik dong kang kaya bmw k series gitu atau kaya britten v1000
    Gak ngerti bener cara kerjanya apalagi kaya shock blkngnya si briteen :v

  7. kalo beli baru, baru umur setahun turunnya udah nyesek. untung beli bekas sih, tapi rasanya gimana ya kalo ga mrawanin dari baru. yah kalo aku pilih beli baru tapi dipakai selama mungkin dengan perawatan yang apik, toh mobil dulu menurutku nggak kalah dg mobil keripik keluaran sekarang. malah merasa lebih aman dijalanan, motor lihat bumperku aja udah pada minggir. contohnya roxy yg kubeli baru dulu dg harga 260jutaan kalo ga salah ingat, masih kupakai sampai sekarang,

  8. TEST DRIVE

    itu kata sakti yang bener2 bisa ngerubah segalanya

    sebelum akhirnya saya minang GRANDIS ketimbang innova saat itu

  9. Berbagi pengalaman aja.
    Bokap ane sering gonta ganti boil (bukannya sombong ya) tapi mobil bekas. Kenapa?
    Kalo misal kita bosen atau mungkin ada keperluan laen mobil bekas kalo dijual kurangnya dikit bahkan hargany bisa naek tinggi. (Contoh pas mau lebaran).
    Klo pada rajin hunting di situs online atau show room bisa aja dapet durian runtuh. Biasany ada orang BU
    Bokap ane dapet kijang innova type V 2004 (paling tinggi pas dulu) harganya cuman 94 jt. Yaaa ada rusaknya dikit sih di power steering tapi klo di jual lagi pasti lebih mahal

  10. Pilih mobil atau kendaraan harus yg melihat unsur safety. Jangn memaksakan diri mobil “bisa nampung banyak orang”.
    Lihat mobil yg terisi penuh 7 orng bahkan 8. Itu suspensi belakng harus bekerja keras dan akan mempengaruhi handling dan safety jga.
    Tapi kn bisa buat keluarga besar ?
    Hey, trus tanggung jawb gw harus ngangkut lu pade semua ?

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s