Skutik Honda X-ADV “City Adventure”, Nah Ini Cocok !

 

Honda X-ADV City Adventure

 

Apa kelemahan Skutik Honda di Indonesia ? Cat gampang pudar ? Ground Clearance bikin meringis ? Suspensi depan bunyi “klok-klok” ? Ngeden di tanjakan ? Atau masih ada yang lainnya ? Nah, Skutik memang sangat praktis bila digunakan di perkotaan… Tapi sayangnya, Kelebihan tersebut mulai luntur dan bisa terbalik 180º saat digunakan oleh konsumen yang berada di daerah berkontur jalan “nggak jelas“… Alias nanjak-turun ekstrim, plus lubang dimana-mana. . . Seperti yang pernah EA’s Blog jelaskan di Artikel Bebek vs Skutik, Motor jenis cub lebih cocok digunakan dalam kondisi ekstrim tersebut, Juga tak kalah praktis. . .

Akan tetapi, Konsep skutik yang satu ini mungkin bakal merubah pandangan EA’s Blog dan kita semua… Yup, Ini dia Honda X-ADV a.k.a City Adventure ! Kenalan yuk…!

 

Honda X-ADV, The Origins

 

 

Honda X-ADV City Adventure

 

Konsep Honda X-ADV atau yang juga akrab disebut City Adventure, Sebenarnya bukan hal baru lagi… Karena sesungguhnya motor ini sudah diperkenalkan sejak ajang EICMA, Milan, Tahun 2015 silam. . . Sosoknya akhir-akhir ini kembali jadi bahan perbincangan setelah kepergok dites jalanan di Roma, Italia… Dalam sekejap, Pamornya pun naik daun !

 

Honda X-ADV City Adventure

 

Konsep Honda X-ADV a.k.a City Adventure memang menarik… Pasalnya, Skutik ini coba menggabungkan ke-praktisan ala motor automatic (baca : metik), dan Sosok tangguh ala Adventure Bike. . . Sayang, Sepertinya skutik berkonsep brilian ini sepertinya lebih menekankan ke kata “City / Perkotaan” dibanding kata “Adventure / Penjelajah” – Soalnya menurut EA’s Blog sih belum bisa sepenuhnya dibilang tangguh. . .

Alasannya ? Ya simple aja, Karena ground clearance (jarak terendah ke tanah) nya koq masih tetap kelihatan “ceper” ya (lihat gambar spyshot)? Kemungkinan sih lantaran pengembangannya cuma untuk jalanan kota-kota di eropa yang sebenarnya sudah mulus… Bukan via jalan berpasir, berbatu, apalagi buat nanjak gunung, Yang justru identik dengan kata “Adventure“. . . Wah, Masih tetap nggak cocok dong ke Indonesia…?

 

Honda X-ADV, Indonesian Perspective

 

 

Honda Remix 6
Honda Remix, Apa kabarnya ?

 

Lain ladang lain belalang, Lain tempat lain pula kondisinya… Di Indonesia, Sepertinya versi Original Honda X-ADV yang sedang dites di Italia belum bisa diandalkan sepenuhnya. . . Toh EA’s Blog yakin yang satu ini bakal berkubikasi 250 – 750 cc tuh Brosist, Yang tentunya nggak bersahabat dengan kantong orang Indonesia… Lagipula, Kelihatannya koq lebih cocok dipakai untuk bergaya dibanding fungsionalitasnya. . . Terus, Kudunya yang seperti apa tuh Kang Eno ??

Baca Juga : Jika Zoomer X Dirasa Berat, Maka Remix ADV Concept Bisa Jadi Jawaban !

 

 

Honda X-ADV City Adventure

 

Ya, Seperti yang dibilang di awal tadi ! Konsep Honda X-ADV “City Adventure” untuk Indonesia itu harus benar-benar berbasis dari kontur jalanan tanah air… Baik itu dari “City” atau perkotaan dengan segudang polisi tidur dan lubang menganga (sedihnya, ini true story), serta dari konsep “Adventure” berbasis jalan luar daerah yang kadang sulit ditebak kondisinya. . . Jelas nggak harus semantap Dual-Purpose koq ! Biarkan “motor jangkung” tersebut berada di habitat asli, sambil melaksanakan tugasnya…

Paling tidak, Harusnya bisa lebih tangguh dibanding line-up Skutik yang saat ini dijual lah – Termasuk skutik yang “ngakunya” buat Adventure tapi kaki-kakinya mungil itu tuh. . . Iya yang itu, Nggak usah disebut nama aslinya, Sebut saja X-Ride #eh. . . Mesinnya ? Ya nggak usah muluk-muluk, 150cc Liquid Cooled – Automatic yang common part dengan Vario 150 eSP pun sudah cukup… Meskipun spek 150cc Pendingin Udara, Dengan torsi tinggi tentu lebih cocok, bandel dan tangguh untuk ukuran motor Adventure. . .

 

 

 

Well. . . IMHO Honda X-ADV “City Adventure” ini konsep yang brilian serta logis untuk direalisasikan oleh produsen berlogo sayap mengepak… Harusnya, Jangan sampai hanya berhenti sebatas konsep semata ! Yup, Supaya nantinya nggak ada lagi yang “jedak-jeduk” mentok polisi tidur atau jalan bergelombang… Nggak ada lagi yang beli motor beraroma Adventure tapi harus rombak total kaki-kaki untuk bisa diajak “bermain-main“… Dan nggak ada lagi yang “ngeden” meskipun cuma bertemu tanjakan yang nggak ekstrim-ekstrim banget. . .

Nah, Honda X-ADV “City Adventure” seharusnya jadi jawaban atas keluhan user skutik tersebut ! Nggak cuma soal gaya, Tapi fungsionalitasnya juga diunggulkan… Setuju ?

 

Honda X-ADV City Adventure

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist. . .

 

 

Balap Honda PCX150 Racing

Disini Santai, Disana Kencang : Honda PCX150…

 

All New Honda CBR150R Facelift 2016 vs CBR Lokal K45A

User CBR K45A : Worthed kah Upgrade ke All New CBR150R Facelift ?

 

All New Honda CBR150R Facelift 2016

Revolusi Desain Sport Honda ? Ikuti Trend Konsumen !

 

New Honda CBR500R 2016 Indonesia

Ternyata, Desain All New Honda CBR150R Facelift Mirip Motor Ini…

 

All New CBR150R Facelift 2016 16

Honda CBR900RR Fireblade & Filosofi Revolusioner All New Honda CBR150R…

 

CBR Hurricane

Honda CBR Series dari Masa ke Masa…

 

Takanobu Ito & Takahiro Hachigo Honda CEO Main

Antara CEO Anyar Honda & New CBR250R 2 Silinder…

 

11 comments

  1. Pake lexam ato revo-AT aja gan,,, tinggal ditinggiin beres dahh… Dari bentuknya sih keren,,, tp penggeraknya kok kyk dobel, pake cvt + rantai…. 2 model betik aja ga laku sampe disuntik mati.. Ato mungkin model betik diubah bodynya jd matik kebanyakan, biar bisa dual purpose… Hehehehe

  2. kalo gak cepetan, bisa keduluan x-ride generasi 2 brojol ntar.. meskipun gak yakin juga xride bakal jadi beneran adventure!

  3. Remix conceptnya kalau disini : Shock depan USD, shock belakang pake peninggi biar ground clearance tinggi, mesin vario 150/125cc esp, ban kembang tahu, velg jari-jari.

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s