All New Honda CBR150R Facelift (K45G), Ekspektasi dan Realita !

 

CBR Test by Eno

 

Kata “All New” baru saja digunakan di produk legendaris pabrikan sayap mengepak, Honda CBR150R… Dan sekitar 1,5 tahun kemudian, Honda kembali lagi menggunakan kata “All New” di tipe yang sama pula, CBR150R Facelift. . . Berbekal rumor basic mesin berbeda dari yang digunakan saat ini… Mampukah tipe terbaru dari “CBR Pekgo” tersebut menjawab segala ekspektasi para fans-nya ? Dan mampukah motor berkode K45G ini melampaui pendahulunya yang dapat nilai plus dari EA’s Blog ?? Yuk, Langsung aja kita bahas bareng-bareng Brosist… Cekidots !

 

Desain Menawan

 

Honda CBR150R K45G

 

Ekspektasi : New CBR500R adalah langkah pertama dalam Revolusi Desain Sportbike Honda… Desainnya Sporty nan agresif, Tapi tanpa meninggalkan aura “friendly” yang khas ala Honda. . . Dan kabar baiknya, Menurut para rekan blogger papan atas, Desain All New Honda CBR150R K45G, 80% bakal mirip CBR 1/2 Liter tersebut… Which is : Bakal maknyus !

Baca Juga : New Honda CBR500R 2016, Desain Berubah Total !

 

 

Realita : Well,  Lupakan Desain yang Rapi, Sporty, Padat dan Berisi layaknya Honda CBR500R diatas… Kenapa ? Karena secara basic, Keduanya jelas beda banget ! Yang satu Inline-Twin (2 Silinder) 500cc, Sementara yang satunya Silinder jomblo 150 cc Overstroke. . . Tentu saja nggak bisa mirip banget kayak kasus CBR150R K45 – New CBR250R, Sulit pastinya… Ya setidaknya masih “dimirip-miripin” lah. . .

Dan yang selanjutnya, Perhatikan sektor detail… Honda CBR500R dibekali kaki-kaki yang mantap (Velg Cast 6 Palang Y-Spoke, Ban gambot, Disc Cakram Wave, dll), serta area mesin yang padat dan seakan rapi. . . Tentu saja bakal berbeda dengan All New Honda CBR150R nantinya, Yang bakal bermodal kaki-kaki milik CB150R Facelift, serta Mesin yang bakal nampak sedikit “kopong” karena beda dimensi… Nggak begitu jelek sih, Tapi jelas nggak bakal sebagus milik CBR500 diatas. . .

 

 

Performa Tinggi

 

 

2016 New Honda CBR500R

 

Ekspektasi : Dirumorkan mengusung mesin baru, All New Honda CBR150R tentu saja membuat penasaran para pecinta & kompetitornya di luaran sana… Khususnya, Para owner CBR150 edisi sebelumnya. . . Bermodal mesin generasi K56, Bocoran terbarunya adalah mesin tersebut punya performa yang lebih maknyus dibanding CB150R Facelift Sonic 150R yang punya basis mesin serupa… Plus tambahan ekstra Torsi, yang juga jadi salah satu kelemahan di gen mesin DOHC Overbore legendaris milik CBR150 – Series. . .

Baca Juga : Test Ride All New Honda CB150R Streetfire, So Fun – So Good !

 

 

Realita : Oke, Mungkin untuk urusan torsi, Mesin Overstroke All New Honda CBR150R 2016 ini punya potensi yang besar untuk lebih asik diajak libas kemacetan – kepadatan lalu-lintas… Tapi hey ! Sebenernya genre motor ini apaan sih ?? Sportbike atau Skutik ?? Feeling atau Selling ?? Alhamdulillah, Sebelumnya saya juga sudah menjajal kehandalan performa CB150R Facelift beberapa bulan silam. . . Motor tersebut cukup baik, Nggak buruk, Malah jauh lebih bagus koq… Kalo dibanding dengan versi lawasnya (Old CB150R Streetfire). . . Performanya juga bagus, Andai Brosist hanya mencari motor sehari-hari yang asik diajak selap-selip. . .

 

Dalam pandangan EA’s Blog (Ini IMHO loh ya), Mesin Honda CBR150R K45 (Edisi Sebelumnya) sudah lebih dari cukup untuk mengakomodasi kebutuhan para speed-freakers yang doyan gantung RPM, dan geber power sampai limit tertinggi… Performanya mumpuni, Powerband setiap RPM demi RPM pun linear – Terasa smooth hingga memuncak di angka 11.000 RPM lebih, It’s So Damn Exciting Bike !! Sekalipun digantikan dengan yang lebih berkarakter Torqy, dan “katanya” lebih bersahabat di jalan raya… Somehow, Itu tetap tak akan mampu mengganti feeling saya terhadap Engine DOHC Overbore yang uniknya, Justru disempurnakan dan disuntik mati oleh AHM sendiri. . . Because Selling can’t change all about the Feeling. . .

 

 

Peningkatan Kualitas ??

 

 

Honda CBR150R Facelift K45G

 

Ekspektasi : Dengan segala peningkatan kualitas (sedikit) di CB150R Facelift, So boleh dong berharap juga ada di All New CBR150R ?? Kan katanya, Pengerjaan las-lasannya AHM sudah dibantu dengan robot tuh. . . Dan harapannya, Kualitas finishing & cat di CBR150R terbaru ini juga ikutan improve, Plus nggak ada lagi suara rantai yang berisik nan annoying… Mengingat harganya juga bisa dipastikan bakal improve dari generasi sebelumnya. . . Iya nggak ??

Baca Juga : Apa Aja sih Kelebihan dan Kekurangan Fisik Honda CB150R Facelift ?

 

 

Realita : Hmm, Pengerjaan las-lasan sih mungkin sudah sedikit lebih baik… Tapi soal kualitas cat dan finishing All New CBR150R Facelift 2016 ?? Yaaa, Mudah-mudahan aja sesuai harapan deh. . . Karena sampai edisi terakhir, Sonic 150R & CB150R Facelift pun kualitas finishingnya masih nggak lebih baik dibanding skutik yang dibanderol jauh lebih murah… Dan suara berisik dari rantai itu entah mengapa belum bisa teratasi oleh Honda. . . Padahal coba hitung, Sudah berapa motor baru yang dirilis sejak jaman Tiger yang rantainya super-berisik ?? Yaahh, Mudah-mudahan sih nggak ada lagi bagian plastik “kulit jeruk” yang amburegul sekalipun cuma digores pakai kuku, ataupun suara annoying dari rantainya. . . Loh, koq Kang Eno malah doa sih yak ?? Ya wajar lah, CBR150R adalah motor pertama yang saya impikan, So meskipun belum sempat punya di garasi, Saya selalu concern soal motor satu ini…

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Honda Supra X 150R

Honda Supra X 150R, Ekspektasi & Realita ! (Feat. Yamaha MX King 150)

 

Z Black3

Kenapa Pilih & Nggak Pilih Motor 250cc ?

 

CB150R Facelift vs CBR150R K45

CBR150R Lokal (K45) atau New CB150R Facelift ?

 

Honda CBR250RR 2 Silinder

New Honda CBR250RR 2 Silinder, Ekspektasi & Realita !

 

2016 New Honda CBR500R

Ini Dia New Honda CBR500R 2016, Desain Berubah Total !

 

Honda Lightweight Supersport Concept

Revolusi Desain Sport Honda Semakin Dekat ?

 

Sport Honda vs Yamaha

Berkat Kehadiran Sonic, Segmen Sport Honda Saingi Yamaha !

 

Honda Concept Tokyo Motor Show 2015

Ini Dia 4 Motor Konsep Unggulan Honda di Tokyo Motor Show 2015 !

 

VTR 2014

Ini Dia Generasi Honda V-Twin 250cc !!

Iklan

50 comments

  1. Tapi sayangnya gak ada kompetitor yg sepadan di kelasnya, 4tak dohc fairing 150cc, jadi (mungkin ya) konsumen mau gak mau pilih cbr150r. Andai r15 pake dohc…

  2. Kadang honda membuat produk yg terbaik di mata mereka. Bukan terbaik di mata konsumen.

    Inkonsisten terhadap produk nya itu yg bikin gregetan.

  3. ini ceeitanya kang eno gagal mup on dari sensasi cbr k45.. wkwkwkwk emg asik sih kang tuh cbr.. beda dengan cbu yang bener2 bolot putaran bawah tp galak putaran atasnya, cbr k45 bisa memberikan torsi yang cukup diputaran bawah namun nggk kehabisan nafas diputaran atasnya (walau putaran atasnya “katanya” masih lbh ngisi cbu walau beda2 tipis jugak sih, kira2 mnurut kang eno yang punya cbu dan udh pernah ngerasain cbr k45 kira2 bener nggk tuh atasnya ngisi yang cbu ??)

  4. Minimal power n torsinya diatas satria fi mang eno, biar yg mo beli g perlu berfikir keras buat beli tu motor, tapi masalahnya apa bisa n mau? Mending ongkos produksinya buat memperkuat marketingnya coz produk AHM yg “build quality” nya plg bagus diantara kompetitor y MARKETING nya itu sendiri, dan itu udah terbukti… y setidaknya di kelas bebek n matic

  5. Somehow, Itu tetap tak akan mampu mengganti feeling saya terhadap Engine DOHC Overbore yang uniknya, Justru disempurnakan dan disuntik mati oleh AHM sendiri

    ini untuk cbr yang seri berapa ya om 😀 hehe gagal paham saya -_-

  6. Klo bisa desain kaya gitu di Bikin semungil & se’slim Old CBR.
    maknyuss tuh, 150cc ga usah lah gambot di segala sektor.
    lagian Body CBR150 K45 kegede’an buat kapasitas 150cc.

    Klo body’y se’slim old CBR bisa Friendly buat semua orang.
    saya coba duduk di K45 kebanting soal’y 😀 hihihi..
    klo naik old vixi or old cbr baru sesuai ama badan 😀

      • Ya gede jg bro 😀
        RR Mono kan 250 bro jd cocok tuh, nah ini kan 150 😀
        jd mending kaya old cbr..hahaha ngarep.
        Jamin ngiler dah langsung jual old vixi buat tambah2 bli.

        tp klo body’y segede K45 musnah dah harapan, kegedean uy 😀

    • gak mungkin dibikin kecil om, soalnya orang indonesia tuh, dikit2 bilang “moge look”,

      ane juga heran si sebenernya, motor 150cc doang aj kok ya gambot amir, apalagi yg 250cc (ninin dkk), dah kek 600cc aja bodinya, pdahal mesinya mungil, seperempat liter dooang

      • Bnyk jg ternyata yg sependapat 😀
        bner 150cc itu kecil, jd ga usah lah so.so an moge look 😀
        Ringan ga nyusahin saat parkir/masuk gang 😀
        Yg yg 250cc jg sama, R25 ama R6 ajj hampir sama tuh gede body’y beda dikit2 doang 😦

  7. Wah..ternyata kita sama Kang Eno.. CBR150R adalah motor impian pertama saya. Alhamdulillah kesampean mboyong K45 satu setengah tahun yang lalu.

    Sungguh, yang bikin penasaran adalah perbedaan mesin (over square vs under square) antara K45 dan K45G. Semoga Kang Eno ikut diundang di acara launchingnya nanti, biar bisa jajal. Titip tolong bandingin performa mesin ini ya Kang, biar bisa dishare di blog ini..

    • Dulu saya ngidam bener CBR pekgo Repsol taun 2004-an kang, gegara mirip motor rossi, wkwk. . . Amin ya rabb, semoga diajak sesi testride… Biar disini bisa diungkap karakter masing2 🙂

  8. smpe skrg masih bingung head DOHC dikasih mesin overstroke..
    bukannya kelebihan dohc nya malah gak bisa dioptimalkan yah..?

    #blom pernah nyoba k45 sih.. 😐

  9. Punya k15 ..tpi blom nyobain si k45 .. Sensasi tarikan atasnya gmana bedanya mang ?
    Tpi emg overbore murni lbih bikin deg2an (apalagi make si skips sma rc valve 😀 )
    Tmen yg make vixion ama klx150 juga ngakuin pas jajal betot ..

    • Beda jauh Kang… Ibarat tarikan ala K15 (CBSF), Tapi kitiran atas serasa CBR CBU yang juoss… Nah, Power antara RPM bawah-tengah-atas itu ngisi terus, Makanya saya suka karakternya 😀

  10. Entah kenapa saya gak terlalu suka yang baru ini kalau mesinnya pakai basic mesin NCB/Sonic 150. Dimata saya motor sport ya harusnya oversquare karena karakter ini yang bikin dia jadi motor sport, itulah kenapa CBR150R K45 sempurna di mata saya walaupun minus deltabox. Masalah DOHC/SOHC bukan masalah besar menurut saya karena itu gak terlalu berpengaruh di karakter selama sama-sama 4 klep, stroke pendek itu yang ibarat cewek itu naikin cewek sporty yang hobi ngegym! Hahaha. Ya semoga saja dengan munculnya yang baru menurunkan harga jual K45 jadi bisa boyong dengaj harga lebih masuk akal hahaha

  11. Knapa honda cb150r bisa brisik karna gier blakang beda sma mtor yg lain coba kalo gier nya itu di smain sma yg lain contoh gier yg brisik itu yg dari dlu apsolout revo dan yg lain gier yg sma pasti brisik kolo taiger yg bkin brisik adalah rantai nya ter lalu besar itu aj menurut sy

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s