Vostok S-364, Misil Roda 2 dari Rusia !

 

Vostok S-364

 

Apa yang paling terkenal dari Rusia, atau yang dulunya lebih dikenal sebagai Uni Soviet. . . ? Ideologi Komunis ? Keberanian “memainkan” Nuklir ? Chernobyl ? Radioaktif ? Yap, Itu semua benar… Tapi, Mungkin ada satu hal penting tentang penguasa “Blok Timur” yang dilupakan, Bahkan oleh wikipedia sekalipun… Yakni kisah tentang sejarah roda 2 mereka, Yang bahkan pernah menembus kancah WorldGP ! Bersama dengan Vostok S-364 : Misil dari Rusia !! Cekidots…

 

Vostok, The USSR Racing Project

 

 

Vostok S-364 9
Salah satu contoh Motor Rusia / Soviet “Copypaste”

 

Silahkan googling, Jika mencari info tentang Dunia Roda 2 Rusia / Uni Soviet, Maka 90% yang akan Brosist temukan adalah Motor Copy-paste dari Blok Barat, Seperti Inggris, Italia, dan Jerman… EA’s Blog sih nggak paham mengapa. . . Meskipun katanya sih… Ehemm… “Perang Dingin” antar Blok Barat vs Blok Timur itu sudah nggak ada. . . Dan itulah alasan mengapa kita harus mencintai Indonesia, Negara Tercinta kita ini, Yang jadi salah satu pencetus Negara GNB (Gerakan Non Blok)… So Do I. . .

Vostok sendiri awalnya adalah sebuah “Technical Research” yang difasilitasi pemerintah Soviet, Pada tahun 1942… Sebelumnya dikenal dengan nama “VNII-Motoprom“, yang berlokasi di kawasan Serpuchov, 10 km selatan kota Moscow. . . Awalnya sih institusi ini tugasnya meracik motor untuk kejuaraan balap domestik… Dengan motor-motor balap Supercharged kloningan dari DKW, Jerman, Yang jadi sekutu mereka kala itu. . . Namun, Saat mereka memutuskan ikut serta ke kejuaraan Balap Motor Sejagat, WorldGP, Semua pun berubah… Karena jelas, DKW melarang Vostok menggunakan motor “copy-an” mereka, serta FIM melarang penggunaan Supercharged / Compressor… Ya iyalah, Muosok WorldGP pake motor copy-paste ? Ngawur wae, wkwkwk. . .

 

VNII-Motoprom
Type S-354, 350 cc Twin Cylinder

 

VNII-Motopromm kemudian coba membuat motor balap racikan mereka sendiri… Mulai dari yang 125cc, 250cc, sampai yang 500cc pun ada, Yang kemudian diberi label “Vostok“. . . Uniknya, Mereka justru memilih mesin 4-Tak, yang secara teknologi saat itu, Jelas lebih rumit ! Sempat ikut beberapa race GrandPrix periode 1954-1962, Vostok mengejutkan pabrikan Blok Barat lainnya, kala mendapat podium di GP Finlandia, 1951, Dibawah bayang-bayang Pebalap Legendaris John Surtees… Padahal anak bawang dari negeri antah berantah lho !

 

 

Tahukah Brosist ?

Vostok S-364

Vostok / VNII-Motoprom hanya ikut race yang diselenggarakan oleh sekutu Blok Timur (Jerman Timur, Cekoslovakia, Austria & Finlandia)… Demi alasan Keamanan & Tindakan preventif terhadap mata-mata Blok Barat. . .

 

 

Vostok S-364, Russian Racer

 

 

Vostok S-364

 

Nama Vostok seketika mencuat di tahun 1964, Saat mereka memperkenalkan jagoan terbarunya S-364… Motor ini adalah pure race bike yang benar-benar baru, Dan dibekali teknologi yang setara dengan MV Agusta & Honda – Penguasa kelas 350cc kala itu. . . Meskipun hasilnya jelas tak sementereng kedua nama tenar asal Italia & Jepang tersebut. . .

Visualnya, Vostok S-364 terlihat layaknya motor balap kala itu… Sama & Identik satu sama lain, di kelas 350 cc. . . Fairing membulat, Buntut ala Cafe Racer, Knalpot Megaphone, Suspensi Teleskopik – Dual Shock absorber, Adalah buktinya… Kalau EA’s Blog jadi komentatornya kala itu, Mungkin sudah garuk-garuk euy salah sebut nama motor terus, wkwkwk…

 

Vostok S-364

Vostok S-364 Vostok S-364

 

Yang berbeda adalah mesinnya ! Yup, Dibanding motor-motor Uni Soviet sebelumnya, Vostok S-364 ini jelas 1 step lebih eksotis… Berkat kerjasama dengan Jawa Moto & CZ, Vostok berhasil mendevelop mesin 4-Tak 350 cc baru, Dengan konfigurasi Inline 4, DOHC 3-Valve, 6-Speed, Gear-Driven Camshaft, serta Pendingin Udara. . . Nggak cuma speknya yang cukup fenomenal, Tapi demikian juga dengan part & material yang diusungnya… Motor ini sudah menggunakan Blok Kruk As Alumunium Cast, Suspensi dari Ceriani – Italia, Karburator Dell’Orto, serta Menggunakan Baja berkualitas tinggi yang juga dipakai di Pesawat Tempur Soviet ! Wuih, Cakep euy….

 

Hasilnya, Vostok S-364 ini diklaim punya muntahan tenaga sebesar 59 Horsepower (HP) lho ! Yang artinya lebih besar dibanding MV Agusta 350-3, dan Honda RC172 (Pendahulu RC174) yang masing-masing punya power 51 & 58 HP… Sementara Top Speednya, Diklaim mampu tembus hingga 230 Km/h. . . Lantas, Bagaimana hasilnya saat balapan Kang Eno ? Yup, Lantaran hanya ikut beberapa seri saja (yang digelar sekutu Soviet), Vostok S-364 jelas sulit untuk bisa bersaing gelar dengan kontender lainnya… Meskipun demikian, Jelas nggak boleh dianggap remeh lho. . . Karena berbagai catatan manis pernah ditorehkan mereka, Seperti Podium 3 di GP Finlandia 1964 & GP Cekoslovakia 1965, Serta 1 kali Memimpin lomba selama balapan GP Austria 1965, Sebelum akhirnya Crash di Lap terakhir… Hanya kalah oleh nama-nama legendaris seperti Giacomo AgostiniMike Hailwood (MV Agusta) & Jim Redman (Honda). . .

 

Vostok S-364

 

Catatan prestasi Vostok langsung mengundang perhatian Blok Barat, Khususnya Inggris, Jerman Barat & Amerika Serikat… Pasalnya, Trio negara besar tersebut memang kesulitan menandingi dominasi MV – Agostini & Honda – Redman. . . Sementara Vostok, “Si Anak Bawang dari Soviet“, justru mampu setidaknya mengacaukan posisi 4 besar saat itu… Keren kan ??

 

Sebagai tambahan, Nih dia Spesifikasi Vostok S-364 Spesial untuk Brosist sekalian. . .

 

Manufaktur : VNII-Motoprom USSR

Model : Vostok S-364 (Rusianya : CKEB – C-364)

Class : World Grand Prix 1964 – 1965

 

Engine : 4-Tak, Inline-4, DOHC 3-Valve (1 In – 2 Ex Valve), Air-Cooled, Gear-Driven Camshaft

Bore x Stroke : 49 x 46 mm

Kapasitas Silinder : 347 cc

Rasio Kompresi :   –

Sistem Penyuplai BBM : 4 x Dell’Orto Karburator

Transmisi : 6-Speed

Max Power : 59 HP @ 13.000 RPM

Top Speed : Lebih Dari 230 Km/h

 

Frame : Tubular – Cradle “Featherbed” Frame

Berat Kosong : 130 Kg

Suspensi Depan : Teleskopik “Ceriani” Fork

Suspensi Belakang : Dual “Ceriani” Shockabsorber

Rem Depan : Drum Brake

Rem Belakang : Drum Brake

Ban Depan & Belakang : ——-

 

 

 

Well. . . Mungkin namanya tak sementereng MV Agusta & Honda, yang hingga kini dikenal Dunia… Speknya juga tak segahar RC174 ataupun Jawa 350 V4 yang bikin EA’s Blog gregetan nulis artikelnya, wkwkwk. . . Tapi secara nggak langsung, Vostok S364 ini kasih kita hal lainnya untuk dipelajari… Bahwa Inovasi Rusia (atau Soviet) itu nggak cuma di bidang nuklir atau peralatan bersenjatanya saja, Tapi Sektor Road-Racing Development nya juga nggak kalah keren lho ! Nah, Mungkin aja masih banyak inovasi di bidang lain kan ?? Cuma mungkin nggak ter-ekspos atau “sengaja dirahasiakan” saja dari Media & Ensiklopedia. . . 🙂

 

” Vostok S-364, The Russian Rocket “

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Jawa 350-V4 Type 673

Jawa 350-V4 Type 673, The Czechoslovakian Pitbull !

 

Devil Motorcycle

Devil Motorcycles, Pabrikan Roda 2 Berlogo Iblis Merah !

 

Satan 540 Motorcycle

Satan Moto 540, Nasibnya tak Seseram Namanya…

 

Lucifer Motorcycle

Lucifer Motorcycles, Pabrikan Legendaris yang Tanpa Sihir !

 

Tohatsu PA55 1955

Tohatsu Motor, Pabrikan Legendaris Jepang yang Terlupakan !!

 

Jawa 350 GP

Pabrikan JAWA Motors, Tahukah Anda ??

 

Ariel Logo

Ariel Motors, Tahukah Anda ?

 

Meguro Motorcycle

Meguro Motorcycle, Pabrikan Legendaris Jepang Yang Terlupakan !!

 

Bridgestone GTO 350 5

Bridgestone GTO 350, Motor Legendaris dari Produsen Ban Ternama !

17 comments

  1. Ya ampun klo banding2in motor jaman jebot bgini sama motor sekarang jijay bgt liat motor sekarang, new vixion & cb150 2016 cuma 150cc power cuma 16an Hp aja, berat kosong bisa sampe 136-138 kg. Pake besi ultra murah kyanya.

    Lha ini motor jadul thn 1965, 350cc, 65 hp, brat kosong bisa cuma 130 kg

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s