8 Motor Terbaik Bermesin V8 : An Impossible Story !

Giancarlo Morbidelli – Morbidelli V8

 

 

Morbidelli V8 4

 

Seorang Pengusaha asal Italia, Giancarlo Morbidelli adalah “dalang” dibalik terciptanya motor ini. Awalnya, Morbidelli selaku sang Empunya Pabrikan Morbidelli menginginkan untuk mendevelop sebuah motor berjenis Sport-Tourer yang fantastis dan terbaik di eranya. Dan yang difikirkan olehnya bukanlah Mesin Inline-Four atau V4 layaknya yang lazim digunakan saat itu, Tapi justru langsung melompat ke V8 alias 8 Silinder lho !

Namun, bukannya menyerahkan urusan desain kepada para master di bidangnya (Sebut saja Massimo Tamburini, Kunihiko Miwa, dll), Giancarlo justru mengerjakan sektor eksteriornya sendiri. Dan bisa ditebak, Hasilnya berbanding terbalik 180Β° dari berbagai motor Italia yang kita kenal akan eksotisme desainnya (contoh : Ducati, MV Agusta, Aprilia, dll). Dan ini juga yang jadi salah satu alasan kegagalan motor ini, plus sempat masuk ke list Motor dengan Desain Terburuk di Dunia versi EA’s Blog.

 

Morbidelli V8 2

 

Meskipun demikian, Jangan pernah anggap remeh spesifikasi mesinnya loh ya Bro & Sist… Pasalnya, Seperti namanya, Morbidelli V8 mengusung mesin V8 8 Silinder – Dengan spesifikasi teknis 4-Tak, V8 848cc, DOHC 4-Valve, plus Pendingin Cairan yang eksotik ! Dan nggak cuma sampai disitu, Motor ini juga sudah dibekali teknologi berbasis Mobil Cosworth V8, plus sistem injeksi & kelistrikan dari brand paling terkenal saat itu, Weber-Marelli.

Sayangnya, Harga Morbidelli V8 yang menembus angka psikologis Rp. 1.6 Milyar, tentu membuat banyak orang hingga kolektor bakal berpikir 2 kali jika ingin memboyong motor ini. Dan akhirnya, Mesin V8 yang brillian tersebut tak mampu menyelamatkan Morbidelli V8 dari kegagalan, yang disebabkan desain & harga yang tak masuk akal… Sedih ya ?

 

Baca Selanjutnya >> Al Melling – Norton Nemesis

Β 

Iklan

18 comments

  1. isi dari blog-nya om Eno bagus, beda dari blog-blog yang lain; pembahasan-nya ringan dan tidak berat alias mudah di mengerti walaupun masih agak mudeng dengan istilah-isitlah mesin karena memang saya bukan orang yang ngerti mesin…
    but, blog ini sangat informatif sekali dan penuh dengan pengetahuan tentang motor, semangat serorang rider sejati sangat terasa di dalam blog ini…
    well, salam kenal bro Eno… ^_^

  2. paling tertegun pas baca si PGM V8 itu. Mesin R1 kayanya istimewa bgt ya dgn genesis valve nya. Motor iblis, gila, gendeng, the f*ck on earth that man think about when build her. Tapi dr kesemuanya, ga ada yg di swap ke bentuk mobil ya kang? Kaya Busa yg pernah di swap ke mobil apa gt dulu.

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s